SELEBRITIA

Lirik Indonesia Terpopuler 2009

Senin, 28 Desember 2009 20:48  | 

The Virgin







KapanLagi.com - Di tahun 2009, sejumlah band-band baru dengan beragam genre musik muncul ke belantika musik tanah air. Hal ini membuat pilihan bagi penikmat musik pun menjadi beragam, tidak hanya pada satu jenis musik. Seperti terlihat pada kategori Lirik Terpopuler 2009 berikut ini.

Meski trend musik di 2009 didominasi musik Melayu, namun pada Lirik Terpopuler 2009 ini terlihat malah didominasi musik pop. Berikut daftar lengkap

1. Cinta Terlarang - The Virgin

Berada di posisi pertama, ada lagu Cinta Terlarang dari duet Mitha dan Dara yang tergabung dalam The Virgin. Band yang berada di bawah Republik Cinta Management pimpinan Ahmad Dhani langsung mencuri perhatian. Lewat single pertamanya, yang juga diciptakan gitaris The Virgin, Mitha, Cinta Terlarang berhasil menduduki peringkat pertama dalam daftar Lirik Indonesia Terpopuler 2009 dengan meraih jumlah kunjungan 94,895.


2. Nuansa Bening - Vidi Aldiano

Pendatang baru, Vidi Aldiano, yang dikabarkan saingan berat Afgan Syah Reza ini, muncul dengan lagu recycle Nuansa Bening. Lagu lama yang diaransemen ulang yang kental dengan sentuhan RnB ini mampu tampil beda. Dan akhirnya menjadi salah satu lagu terpopuler sepanjang tahun ini, dengan tingkat kunjungan hingga 72,967.


3. Masih Ada - Ello

Vakum selama 3 tahun lamanya, dan kembali dengan album baru, Marcello Tahitoe atau lebih sering dipanggil Ello, langsung mendapat sambutan hangat. Single pertama dari album ketiganya, REALISTIS/IDEALIS, yang berjudul Masih Ada langsung menyodok tempat ketiga sebagai salah satu lagu populer 2009 dengan angka kunjungan mencapai 59,760.


4. Dilema Cinta - Ungu

Banyaknya grup band baru yang bermunculan, tak lantas membuat band-band senior semacam Ungu kehilangan 'taringnya'. Hal ini terbukti dengan diluncurkan single kedua, Dilema Cinta, yang ada di album PENGUASA HATIKU langsung digemari para cliquers (sebutan pagi para fans Ungu), dengan meraih tingkat kunjungan hingga 55,364.


5. Tak Gendong - Mbah Surip

Seniman yang telah meninggal pada 4 Agustus silam memang fenomenal. Lagu Tak Gendong yang diciptakan saat ia berada di negeri Paman Sam mampu menjadi top hits. Lirik yang sederhana menjadi kekuatan lagu ini. Hasilnya, selain laris sebagai NSP , lagu ini berhasil menduduki posisi kelima dengan perolehan kunjungan sebanyak 55,053.


6. Bersamamu - Vierra

Di posisi keenam, muncul nama Vierra, band yang tergolong masih baru. Pun demikian, Vierra tak bisa dianggap remeh. Dengan mengusung genre musik powerpop ala Disney dan para personil yang masih muda namun memiliki skill bermusik yang tak bisa dipandang sebelah mata, Vierra berani tampil beda. Hasilnya, lagu Bersamamu berhasil meraih angka kunjungan 53,101 selama 2009 ini.


7. Saat Terakhir - ST12

Sebagai salah satu band Melayu, ST12 terkenal sebagai pelopor musik dengan genre Melayu di tanah air. Sejak kemunculannya Charlie dkk keukeuh dengan musik Melayu meski belum saat itu begitu populer. Single Saat Terakhir sendiri mampu mendulang pengunjung sebanyak 51,559 selama tahun 2009.


8. Jangan Menyerah - d Masiv

Berada di peringkat kedelapan, dengan perolehan kunjungan sebesar 49,722, ada nama d Masiv. Jangan Menyerah, single yang diluncurkan pada Ramadhan 2009 lalu mengandalkan lirik yang syahdu tapi tak menggurui, membuat lirik menjadi salah satu lirik yang disukai oleh penikmat musik Indonesia.


9. Hampa Hatiku - Ungu

Nama Ungu kembali masuk jajaran Lagu Indonesia Terpopuler 2009. Hal ini semakin membuktikan Ungu masih dicintai oleh penggemar musik tanah air. Terlebih lagi, di album teranyarnya Pasha cs memberikan sentuhan warna lain. Dengan menggandeng Iis Dahlia, Ungu berani menggabungkan genre musik pop dengan dangdut, yang selama ini dianggap musik kalangan bawah. Hasilnya patut diacungi jempol, hit single utama dari album PENGUASA HATI, Hampa Hatiku, mampu meraih jumlah kunjungan sebanyak 46,717.


10. Masih Cinta - Kotak

Mengusung musik modern rock dan tampilan kostum yang identik dengan gothic, Kotak tidak latah dengan musik Melayu. Tantri dkk cukup beda dengan aliran musik yang mereka bawakan. Dengan konsisten di jalur musiknya, Kotak dengan lagu Masih Cinta mampu meraih jumlah kunjungan sebanyak 43,294.


(kpl/riz)