SELEBRITIA

NSP Indonesia Terpopuler 2009

Senin, 28 Desember 2009 20:46  | 

Wali Band







KapanLagi.com - Jika beberapa tahun lalu, para musisi kita lebih banyak mengeluarkan album, namun kini trend bergeser. Mengeluarkan single kini lebih dipilih oleh musisi kita. Hal ini dipilih lantaran dengan single, potensi kerugian akibat album kurang laku atau dibajak bisa ditekan. Ditambah lagi dengan dikeluarkan single, para musisi bisa melakukan promosi serta 'memancing' rupiah dari NSP (Nada Sambung Pribadi) atau disebut juga RBT (Ring Back Tone).

NSP pun tak sekedar pemanis saat menunggu telepon, tapi juga sebagai penunjuk kepribadian seseorang. Maka tak heran pertumbuhan NSP di Indonesia cukup pesat.

Dan berikut ini adalah daftar NSP populer selama 2009 versi KapanLagi.com. Apa NSP kamu ada di list ini?

1. Baik Baik Sayang - Wali

Dominasi lagu-lagu Melayu di tahun 2009, tampaknya membawa keberuntungan tersendiri bagi Wali. Lewat lagu Baik Baik Sayang, single kedua di album CARI JODOH, berhasil menduduki peringkat pertama dari jajaran NSP populer sepanjang tahun ini. Lirik yang sederhana serta musik khas Melayu menjadi kekuatan lagu ini. Lagu ini sendiri berhasil duduk di peringkat Top 10 NSP selama 13 minggu.


2. Cinta Terlarang - The Virgin

Berawal dari ide duet yang dilontarkan Ahmad Dhani, The Virgin merilis single hit Cinta Terlarang, berhasil mengambil hati pecinta musik Indonesia. Terbukti, lagu karya Mitha yang ada di album NEW BEGINNING 09 berhasil bertahan di chart Top 10 NSP selama 12 minggu.


3. Bersamamu - Vierra

Di posisi ketiga ada nama band Vierra, yang digawangi oleh Kevin, Widy, Raka dan Satryanda. Selama 10 minggu, Lewat single kedua dari album MY FIRST LOVE, Bersamamu, band yang mengusung genre musik powerpop ini berhasil bercokol di chart Top 10 NSP.


4. Saat Terakhir - ST12

Band yang bisa dibilang pelopor musik Melayu ini, ST12 di tahun 2009, bisa dikatakan sukses. Tengok saja soundtrack-soundtrack sinetron yang hampir sebagian besar menggunakan karya Charlie dkk. Meski dari sisi peringkat NSP versi KapanLagi.com ini ST12 kalah dengan 'juniornya', Wali Band, namun dua lagu milik ST12 berhasil masuk deretan NSP populer sepanjang tahun ini. Salah satu lagunya adalah Saat Terakhir yang berhasil bertahan selama 9 minggu lamanya.


5. Suara (Ku Berharap) - Hijau Daun

Peringkat kelima masih ada band yang mengusung warna musik Melayu, yakni Hijau Daun. Meski tergolong pendatang baru di belantika musik tanah air, namun nama Hijau Daun lewat lagu Suara (Ku Berharap) mampu mendongkrak popularitas band asal Lampung ini. Single hits yang diambil dari debut albumnya, IKUTI CAHAYA, mampu bertahan 9 minggu di jajaran Top 10 NSP mingguan milik KapanLagi.com.


6. Biarkan Jatuh Cinta - ST12

Selain lagu Saat Terakhir, ST12 lewat lagu Biarkan Jatuh Cinta juga berhasil masuk di jajaran NSP populer di 2009 ini. Dan ST12 jadi satu-satunya band di mana dua lagunya berhasil masuk NSP populer pada 2009. Lagu ini berhasil bertahan di chart Top 10 NSP selama 9 minggu lamanya.


7. Menunggu - Ridho Rhoma & Sonet 2

Sang Pangeran Dangdut, Ridho Rhoma bersama Sonet 2, lewat lagu Menunggu mampu membius belantika musik Indonesia. Jika selama ini musik dangdut dipandang sebelah mata, namun Ridho mampu mendobraknya. Lewat Menunggu yang menyajikan irama dangdut dan dipadukan musik India, membuat Menunggu mampu bertahan selama 8 minggu di chart Top 10 NSP.


8. Dilema Cinta - Ungu

Meski sempat diguncang masalah perceraian vokalis Ungu, Pasha dan bassis Ungu, Makki, yang terlibat tuduhan kasus pelanggaran hak cipta, tak membuat Ungu menjadi tenggelam. Malah masalah-masalah yang ada membuat Ungu semakin solid. Terbukti dengan keluarnya album PENGUASA HATI, dan hit single keduanya, Dilema Cinta mampu favorit penikmat musik. Lagu tersebut bercokol di jajaran Top 10 NSP mingguan selama 8 minggu.


9. Jika Cinta Dia - Geisha

Sukses tak melulu harus dari ibukota, itulah kiranya yang bisa menggambarkan grup band yang digawangi Momo (vokal), Roby (gitar), Nard (Bass), Dhan (keyboard), dan Aan (drum), Geisha. Grup yang dibentuk di Pekanbaru pada 2003 silam membuktikan kiprahnya lewat album debutnya, ANUGERAH TERINDAH di bawah label Musica. Suara Momo yang khas dalam membawakan hit single Jika Cinta Dia, mampu mencuri perhatian pendengar musik tanah air. Sepanjang tahun ini, lagu ini mampu bertahan selama 8 minggu.


10. Sang Mantan - Nidji

Meski lagunya cenderung mellow, Sang Mantan, hit single dari album teranyar Nidji, LET'S PLAY, namun tak membuat Nidji kehilangan pamor. Malah lagu ini menjadi sisi lain dari Giring dkk, yang kerap kali mengusung musik yang upbeat. Single ini sendiri mampu bertahan selama 7 minggu di chart mingguan Top 10 NSP.


(kpl/riz)