SELEBRITIA

Wulan Guritno, Wanita Cerdas dan Matang

Minggu, 13 Juni 2010 09:00  | 

Wulan Guritno







KapanLagi.com -

Oleh: Puput Puji Lestari

Matang dan cerdas, dua kata itulah yang mungkin bisa mewakili Wulan Guritno. Bertemu dengan Ibu dari Shalom di rumahnya di kawasan Pondok Indah dalam suasana santai sangat menyenangkan. Begitu keluar menemui KapanLagi.com, Wulan langsung mengajak berbincang tentang gosip yang sedang panas.

Pendapatnya tentang gosip itu "off the record" alias tidak boleh dikutip. Jadi maaf tidak bisa dibocorkan. Tapi yang pasti dari pembicaraan itu, sosok cerdas itu muncul. Dan keinginannya menjadikan pembicaraan itu off the record adalah pikiran matang. Menyadari sebagai public figure, wanita yang tengah menunggu persalinan anak keduanya ini menjaga perkataan untuk tayang di media.

Karena public figure, menurutnya harus bertanggungjawab bukan hanya pada diri sendiri. Tapi juga pada masyarakat. "Apa yang kita bicarakan katanya lebih cepat sampai ke masyarakat. Makanya mesti dijaga," jelas istri Adilla Dimitri itu di ruang tamu rumahnya, Kamis (10/6).

Di sofa panjang warna krem kami lanjutkan perbincangan. Sesekali menonton TV untuk update berita terbaru jadi selingan. Berikut percakapan kami:


Adilla Dimitri dan Wulan Guritno

PERSONAL

Paling membahagiakan?
Saat melahirkan Shalom dan menikah dengan Adilla. Hidup saya sempurna.

Paling menjengkelkan?
Apa ya? Nggak ada deh kayaknya. Misalnya mau menyesal karena pernikahan pertama, tanpa itu aku nggak ada Shalom. Pokoknya semua itu ada senengnya. Aku orang yang kalau ada sesuatu nggak enak, itu aku anggap anak tangga yang harus kulalui dalam hidup.

Yang buat gemes?
Dibohongin. Gue orangnya paling nggak mau dibohongin. Mau white lies-pun aku nggak suka. Bintangku itu aries, coba aja cek. Orang aries pembawaannya tegas, kalau A ya A. Kalau aku nggak suka sama orang, bisa saja aku bilang "gue nggak suka sama elu," gitu aja aku bilang langsung ke orangnya.

Kalau dikaruniai hidup abadi mau nggak?
Enggak ah, buktinya kalau lihat film-film vampire yang hidup abadi gitu mereka justru pingin mati.

Berapa lama orang harusnya hidup?
70-80 tahun aja kali ya. Aku nggak mau umur sampai ratusan. Aku ingin sampai akhir hayat masih bisa mandiri. Melakukan sesuatu hal sendiri. Nggak ngrepotin orang lain.

David Beckham atau Brad Pitt?

Brad Pitt, David Beckham terlalu metroseksual jadi kayak bencong. Dia suka tampil. Kalau Brad Pitt itu cowok banget.

Poligami?
Nggak sama sekali.

Poliandri?
Apalagi, nggak juga. Tapi kalau poligami diizinin biar adil poliandri juga harus diizinin. Saya bukan penganut dua-duanya. Semua harus fair, karena manusia itu adil.

Donation with Wulan Guritno:
*600#, pilih menu 1
(hanya untuk pelanggan Telkomsel)

OUR WORLD

Pemanasan global?
Kalau waktu kemarin-kemarin tidak banyak informasi tentang pemanasan global. Masyarakat tahu, tapi nggak ngerti mesti ngapain. Kan artis banyak jadi juru bicara untuk memasyarakatkan global warming itu apa. Apa yang bisa kita lakukan untuk tidak menambah lagi beban bumi.

Saya senang sekali bisa ikut kampanye seperti mematikan lampu satu jam. Mengurangi hal-hal yang tidak kita inginkan.

The power of Twitter?
Dunia maya, mau bentuknya kayak apapun konsep yang dibentuk yang pasti ada nilai positif dan negatifnya. Kalau buat aku di Twitter itu sangat menguntungkan jika digunakan secara bijak. Karena aku bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Tapi itu dia kita mesti tahu menggunakannya dengan baik.

Bukan hanya public figure aja ya, karena tidak terlihat bukan berarti bisa asal tulis siapa kamu, memalsukan orang lain. Asal tidak merugikan buat aku orang tersebut tidak harus ditindak. Tapi kalau sampai merugikan pemilik namanya ya harus ditindak.

Kadang-kadang ada yang punya akun itu untuk memaki-maki orang, ngomong joroklah. Pokoknya nggak baguslah, ini yang tidak bisa menggunakan internet secara bijak. Internet itu bukan kayak TV yang harus melalui sensor untuk tayangannya. Yang disensor aja kadang kelewat, apalagi ini internet tanpa sensor. Ini lebih pribadi, lu bisa akses di manapun, kapanpun, bahkan bisa jadi siapapun, tapi ya balik lagi ke bagaimana menggunakan internet secara bijak.

Wartawan dan seleb?
Kalau aku bilang sebenarnya saling menguntungkan. Manusiawi aja ya, kalau pas artis lagi mau promo sesuatu artis itu sangat terbantu wartawan. Tapi kebetulan pas lagi ada masalah, juga kadang ada yang terlalu mengusik kehidupan pribadi. Menurutku asal semuanya dalam batas wajar ya nggak papa.

KapanLagi.com?
Situs entertainmentlah. Tapi jujur bukan karena gue punya hubungan baik dengan KapanLagi.com trus gue kasih pendapat yang baik-baik. Karena gue orangnya baik ke semua media. Cuma memang kebetulan lebih mengenal jauh KapanLagi.com. Ini salah satu yang masih memikirkan win-win solution antara artis dan kebutuhan berita.

Ya namanya entertainment, gossip is gossip. Nggak bisa dihindari, tapi ya itulah di beberapa kasus KapanLagi.com itu masih memikirkan porsi artis dan media. Kadang-kadang masih fleksibel.

Pramoedya Ananta Toer?
Saya suka karangan-karangan dia semua. Kayak BUMI MANUSIA yang mau difilmkan. Tapi gue nggak pernah baca sampai habis karya-karyanya dia. Kalau Dilla ngefans banget sama karya-karyanya Pram. Di atas ada semua buku-bukunya.
(kpl/uji/nat)

Lihat Galeri Photo Wulan Guritno:

Wulan GuritnoWulan Guritno
Wulan GuritnoWulan Guritno
Wulan GuritnoWulan Guritno