10 Bintang Korea Paling Bersinar di 2018 Versi KapanLagi.com

Rabu, 05 Desember 2018 12:30 Penulis: Rahmi Safitri
10 Bintang Korea Paling Bersinar di 2018 Versi KapanLagi.com Bintang Korea Paling Bersinar di 2018 © Istimewa

Kapanlagi.com - Di setiap tahun, selalu saja ada sosok-sosok baik bintang baru yang jadi pujaan ataupun artis lama yang kembali menanjak di dunia entertainment, termasuk di Korea. Ada yang menjadi idola gara-gara lagu barunya, bisa juga karena drama atau filmnya. Menjelang berakhirnya di 2018, KapanLagi.com membuat daftar 10 artis Korea paling bersinar tahun ini berdasarkan prestasi dan impact mereka di dunia hiburan. Inilah dia daftarnya (diurut berdasarkan abjad)!

1. BLACKPINK

BLACKPINK © YG EntertainmentBLACKPINK © YG Entertainment

BLACKPINK adalah girlgroup andalan YG Entertainment saat ini. Grup yang terdiri dari Jisoo, Jennie, Rose, dan Lisa pun bukan cuma populer di Korea saja, tapi juga di seluruh dunia, bahkan aktor Hollywood Ezra Miller pun terang-terangan mengaku ngefans dengan empat gadis cantik yang debut di 2016 ini.

Tahun ini, BLACKPINK akhirnya merilis mini album pertama mereka di Korea dengan single andalan Du Ddu Du Du. Hingga berita ini ditulis, MV untuk lagu tersebut masih menjadi video grup K-Pop paling cepat mendapat 500 juta views pada 25 November 2018. Pencapaian ini didapat selama dalam waktu lima bulan, sembilan hari dan 22 jam sejak dirilis pada tanggal 15 Juni 2018 pukul 16.00 WIB. Lagu Du Ddu Du Ddu begitu mendunia, sampai di Indonesia banyak anak kecil yang suka dengan lagu ini.

Para member BLACKPINK juga mencatatkan rekor di media sosial. Lisa menjadi idola K-Pop wanita yang paling cepat punya 10 juta followers dalam waktu 157 hari saja setelah membuat akun pada Juni 2018.

Jennie juga baru saja merilis single individual berjudul Solo yang sukses langsung mendapat nomor 1 di beberapa tangga lagu Korea dan MV-nya pun ditonton lebih dari 90 juta kali dalam waktu kurang dari sebulan.

Member BLACKPINK juga laris sebagai model iklan tahun ini. Sederet brand yang meminta Jisoo dkk sebagai duta mereka antara lain GUESS, Shiseido, Adidas Women, KISS ME, KitKat, Celine Bag, Moonshot, CASS Beer, NONAGON, OLENS, dan lain-lain. Sederet penghargaan juga didapat BLACKPINK tahun ini antara lain World Rookie Award di Gaon Chart Music Awards, Best Female Dance di Melon Music Awards, Best 3 New Artist (Asia) di Japan Gold Disc Awards, dan Best Dance Video di MTV Video Music Awards Japan.

2. BTS

BTS © Big Hit EntertainmentBTS © Big Hit Entertainment

Kalau membicarakan siapa artis Korea paling top saat ini, pasti banyak yang menjawab BTS. RM dkk bisa disebut sebagai global phemonenon saat ini karena mampu menginspirasi banyak orang lewat lagu-lagu berbahasa Korea. So, membicarakan prestasi BTS tahun ini seakan tak ada habisnya. Selain berhasil menjual album hingga jutaan keping di seluruh dunia dan sempat meraih prestasi MV paling banyak ditonton dalam waktu 24 jam untuk IDOL yang dapat 45 juta view sehari (sebelum rekor dipecahkan Ariana Grande), V dkk juga berkali-kali menang awards.

Mari kita list beberapa (ingat ya beberapa) penghargaan baik di Korea maupun internasional yang sementara diterima BTS tahun ini (sampai berita ini diturunkan):

  • Daesang di Golden Disk Awards, Asia Artist Awards, Seoul Music Awards, Soribada Best K-Music Awards
  • Musician of the Year di Korean Music Awards
  • Order of Cultural Merit di Korean Popular Culture and Arts Awards (di sini mereka jadi grup K-Pop pertama dan termuda yang dapat penghargaan tertinggi dari pemerinta Korea)
  • 7 award termasuk dua daesang di Melon Music Awards
  • 9 award termasuk Artist of the Year di MBC Plus X Genie Music Awards
  • Favorite Social Artist di American Music Awards
  • Top Social Artist di Billboard Music Awards
  • Best International Group dan Social Media Star di BBC Radio1 Teen Awards
  • Empat award di BreakTudo Awards, Brazil
  • Empat award di E! People's Choice Awards
  • Fan Fave Duo or Group di iHeartRadio MMVAs
  • Dua award di iHeartRadio Music Awards
  • Dua award di MTV Europe Music Awards
  • Dua award di MTV Millennial Awards
  • Best Group Video - International di MTV Video Music Awards Japan
  • Outstanding Achievement in Music di The Asian Awards
  • Penghargaan dari acara award yang digelar oleh Nickelodeon di beberapa negara seperti Brazil, Argentina, AS, dan Kolombia
  • Most Tweeted About K-Pop Groups in Asia Pacific
  • #2 Most Streamed Group in Spotify (setelah Imagine Dragons)
  • #1 Billboard's year End World Album
  • #1 Billboard's year End Top 50 Social Chart

Tahun ini, BTS juga menjadi artis Korea pertama yang dipercaya memberikan pidato di Sidang Umum PBB setelah berhasil menginspirasi banyak anak muda di seluruh dunia. Selain itu, BTS juga jadi cover majalah TIME tahun ini. TIME juga menyebut mereka sebagai the next generation leaders.

Film dokumenter mereka, BURN THE STAGE, juga meraih Rp 133,7 miliar di seluruh dunia dan ditonton total 1,4 juta di hari pertama penayangan. Total tersebut mengalahkan rekor film ONE DIRECTION: WHERE WE ARE yang mendapat 1,2 juta penonton di pembukaannya tahun 2014 lalu.

BTS juga jadi satu-satunya artis K-Pop yang meraih sertifikasi emas dari RIAA untuk album LOVE YOURSELF: ANSWER. Konser mereka di Amerika Utara juga laris manis. Jimin dkk juga artis K-Pop pertama yang tampil di sebuah stadion di Amerika Serikat tepatnya di Citi Field New York.

3. Cha Eun Woo

Cha Eun Woo © Naver x DispatchCha Eun Woo © Naver x Dispatch

Sejak awal debut, wajah ganteng Cha Eunwoo sudah jadi pembicaraan banyak orang. Setelah berakting sebagai pemeran utama dalam drama adaptasi webtoon My ID is Gangnam Beauty, kepopuleran Cha Eun Woo semakin menjadi-jadi. Ia dan lawan mainnya, Im Soo Hyang, berhasil membuat drama tersebut dapat rating 5,75% dan populer di luar Korea.

Tahun ini Cha Eun Woo juga mendapat sederet penghargaan yaitu Best New Actor dan Hallyu Star Award 11th Korea Drama Awards, Rising Star Award di 3rd Asia Artist Awards hingga penghargaan dari Indonesian Television Awards untuk Special Award – Person of the Year. Member boyband ASTRO ini juga laris sebagai bintang iklan.

Selain mendapat empat penghargaan untuk aktingnya di drama, Cha Eun Woo juga laris sebagai bintang iklan. Wajah gantengnya bisa dilihat di iklan Cleantopia, Kellog, 11st, hingga aplikasi Tik Tok.

4. Claudia Kim

Claudia Kim © VOGUEClaudia Kim © VOGUE

Selain BTS, bisa jadi nama Claudia Kim adalah salah satu bintang Korea yang menjadi perhatian dunia. Akting dan wajah cantik wanita yang bernama asli Kim Soo Hyun ini menjadi pembicaraan saat ia diketahui memerankan karakter Nagini dalam franchise film seri populer FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF GRINDELWALD.

Namanya semakin dibicarakan oleh banyak media dan netizens setelah pihak FANTASTIC BEASTS dianggap rasis dengan memilih artis Asia sebagai pemeran Nagini, yang diketahui selanjutnya akan menjadi ular peliharaan dari tokoh antagonis di seri HARRY POTTER, Lord Voldemort. Meski perannya sempat menjadi kontroversi, Claudia Kim tetap percaya kalau banyak orang Korea yang mendukungnya. 

Sampai saat ini, FANTASTIC BEASTS: THE CRIMES OF THE GRINDELWALD meraih pendapatan US$ 522 juta atau lebih dari Rp 7,5 triliun. Tentu saja, Claudia ikut andil untuk pendapatan tersebut. Sejak bermain di film tersebut nama Claudia Kim juga banyak dicari di mesin pencarian Google. Hingga berita ini dibuat namanya ditambah dengan karakter Nagini sudah dicari orang hampir sepuluh juta kali.

Setelah tampil di FANTASTIC BEASTS, wajah cantik Claudia Kim bisa dilihat di majalah VOGUE dan Glamour.

5. D.O. EXO

D.O. EXO © Marie Claire KoreaD.O. EXO © Marie Claire Korea

Selain sebagai vokalis utama EXO, D.O. juga dikenal sebagai aktor, baik drama maupun film. Tahun ini, ia pun sukses menarik perhatian banyak penonton berkat akting memikatnya. Pria bernama asli Doh Kyungsoo ini menjadi bagian dari dua film terlaris tahun ini ALONG WITH THE GODS: THE TWO WORLDS dan ALONG WITH THE GODS: THE LAST 49 DAYS.

D.O. semakin menarik perhatian pecinta drama setelah menjadi peran utama dalam 100 Days My Prince. Di luar dugaan, drama tersebut memecahkan rekor rating semua drama yang pernah tayang hari Senin - Selasa di tvN, bahkan episode terakhir mencapai 14,4%. Selama masa penayangan di bulan Oktober, nama D.O. juga menjadi aktor drama paling banyak dibicarakan selama 3 minggu berturut-turut menurut laporan Good Data Corporation. Setelah drama tamat, wajah ganteng D.O. ada di cover majalah ALLURE serta melakukan pemotretan untuk High Cut dan Marie Claire. Pria berusia 25 tahun ini juga mendapat popularity award di Buil Film Awards dan The Seoul Awards.

Bukan cuma itu, di artikel media Korea ada grafik tentang jenis kelamin dan golongan umur orang-orang yang meninggalkan komentar. Di setiap artikel 100 Days My Prince, rata-rata 90% adalah wanita. Dan kebanyakan yang berkomentar adalah wanita berusia 30 - 50 tahun atau biasa disebut dengan ahjumma. Sebagian besar komentar juga memuji D.O. atau chemistry-nya dengan Nam Ji Hyun

Desember ini, D.O. hadir lewat film SWING KIDS. Media Korea pun menyebutnya sebagai aktor yang layak ditonton di bioskop bulan ini selain Song Kang Ho dan Ha Jung Woo. D.O. juga dipilih editor E! News Asia sebagai member EXO paling seksi.

6. iKON

iKON © YG EntertainmentiKON © YG Entertainment

iKON adalah boyband asal YG Entertainment yang debut pada 2015. Tahun ini mereka mengawali 2018 dengan merilis lagu Love Scenario yang hingga kini dianggap layak untuk menjadi song of the year karena bukan hanya dicinitai iKONICs saja tapi juga publik dan fans K-Pop.

Love Scenario juga menjadi satu-satunya lagu yang tahun ini mendapat dua sertifikat platinum dari Gaon setelah mencapai 100 juta kali streaming dan 2,5 juta kali di-download. Lagu tersebut juga membuat iKON mendapat Song of the Year di 2018 Melon Music Awards. Menurut survey terhadap anak-anak SD di Korea yang dilakukan oleh i-scream Home Learn, lagu ini menempati posisi kedua setelah slime sebagai 'most memorable trend of the year' dengan mendapat suara 26,7%.

iKON juga menjadi pengisi acara closing ceremony Asian Games 2018 Jakarta - Palembang. Setelah menyanyikan Love Scenario, MV lagu tersebut dipenuhi komentar netizens Indonesia yang mengaku sebelumnya tak suka K-Pop tapi jadi jatuh cinta dengan single ini setelah mendengar di acara Asian Games.

7. IU

IU © Click PersonIU © Click Person

Tahun ini, IU bukan cuma semakin mantap sebagai penyanyi, ia juga mulai dikenal sebagai artis. Ia tampil di drama My Ahjussi yang mendapat rating rata-rata 5% selama penayangan Mei - Maret 2018. Drama tersebut juga memberi IU penghargaan  Top Excellence Award, Actress in a Miniseries di APAN Star Awards serta Popularity Award, Artist of the Year – Television, Asia Hot Artist – Television / Film Won, dan Best Actor Award di Asia Artist Awards.

Di bidang musik, IU tetap berprestasi. Ia membawa pulang Digital Daesang di Golden Disk Awards, Producer dan Lyricist of the Year di GAON Chart Awards, dan Record of the Year di Seoul Music Awards.

Di 2018 ini IU pun sudah mencapai 10 tahun berkarir sebagai penyanyi. Selain menggelar konser spesial, ia juga merilis single Bbi Bbi yang memecahkan rekor unique listeners terbanyak (lebih dari 1,4 juta) dalam 24 jam di platform Melon, mengalahkan rekornya sendiri. Unique listeners adalah banyaknya orang yang mendengarkan satu lagu dalam periode waktu tertentu. Lagu tersebut juga membuat IU dapat penghargaan Best R&B Song di Melon Music Awards.

Wajah cantik IU juga bisa dilihat di iklan Chamisul, CNP Cosmetics, sepatu New Balance, kopi Maxim, hingga headphone SONY.

8. Joo Ji Hoon

Joo Ji Hoon © CJ EntertainmentJoo Ji Hoon © CJ Entertainment

Joo Ji Hoon mungkin kini lebih dikenal sebagai seorang bintang film, walaupun sebentar lagi aktingnya bisa ditonton di drama Item dan Kingdom yang bakal tayang di Netflix. Di 2018 ini saja, aktor berusia 36 itu bisa dilihat di empat film.

Yang pertama tentu saja lewat dua film seri ALONG WITH THE GODS yang sama-sama ditonton lebih dari sepuluh juta orang. Selanjutnya akting primanya bisa disaksikan di DARK FIGURES OF CRIMES dan THE SPY GONE NORTH. Kedua film ini juga masuk daftar 10 besar film paling banyak ditonton di 2018. Total untuk tahun ini saja Joo Ji Hoon sudah ditonton 26 juta orang di bioskop lewat film-film tersebut.

Tahun ini Joo Ji Hoon merebut Best Supporting Actor lewat perannya dalam THE SPY GONE NORTH di Buil Film Awards, Korean Association of Film Critic Awards, dan The Seoul Awards. Ia juga mendapat Artist of The Year - Television / Film dan Best Actor di Asia Artist Awards serta Popularity Award di Blue Dragon Film Awards.

9. Jung Hae In

Jung Hae In © JTBCJung Hae In © JTBC

Setelah membintangi Pretty Noona Who Buys Me Food bersama dengan Son Ye Jin, nama dan wajah ganteng Jung Hae In seakan di mana-mana. Ia berhasil membawa drama tersebut sebagai rating tertinggi kedua (7,3%) untuk drama yang tayang di JTBC tahun ini. Ia juga muncul di drama Prison Playbook yang menjadi salah satu drama tvN rating tertinggi sepanjang masa.

Nama Jung Hae In juga sering masuk ke dalam Male Advertisement Brand Reputation Rankings setiap bulan bahkan menjadi pemuncak di bulan Mei. Wajahnya juga menghiasi berbagai macam iklan mulai dari Sprite, G9, French Cafe, mobil Volvo sampai Hyundai Shopping Mall.

Jung Hae In mendapat popularity award dari Baeksang Arts Awards tahun ini lewat Prison Playbook. Ia juga membawa pulang Excellence Awards-Actor in a Miniseries dan K-Star Awards di APAN Awards. Di The Seoul Awards, aktor berusia 30 tahun ini dapat Popularity Awards dan Hallyu Awards. Sedangkan di Asia Artist Awards, Jung Hae In mendapat tiga award sekaligus.

10. Park Seo Joon

Park Seo Joon © Shinsegae Duty FreePark Seo Joon © Shinsegae Duty Free

Tahun ini Park Seo Joon mencuri hati lewat drama What's Wrong With Secretary Kim yang tayang di tvN dan dapat rating tinggi (hingga 8,7%). Chemistry-nya dengan Park Min Young luar biasa hingga dianggap Best Couple di drama televisi kabel oleh media My Daily.

Wajah ganteng Park Seo Joon juga jadi favorit banyak produsen nih. Tahun ini saja dia tampil sebagai model untuk Domino's Pizza, Laneige HOMME, sampo Amore Pacific, Shinsegae Duty Free, Bank Kookmin, produk makanan Bibigo, fashion Montblanc, water purifiers Woongin, Olleh 5G of KT, hingga minuman HiteJinro.

Tak heran dia pun menempati selalu ada dalam daftar Brand Reputation Rankings For Male Advertisement Models setiap bulan. Tahun ini dia juga membawa pulang gelar Top Excellence Actor in a Miniseries dari APAN Awards, Outstanding Korean Actor di 13th International Seoul Drama Awards untuk perannya di Fight For My Way, serta Best Couple dengan Kim Ji Won (lawan mainnya di FFMW) di KBS WORLD Global Fan Award.

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING