Kenapa Oppa-Oppa Korea Harus Wamil dan Apa Saja Yang Mereka Lakukan?

Rabu, 20 September 2017 13:45 Penulis: Rahmi Safitri
Kenapa Oppa-Oppa Korea Harus Wamil dan Apa Saja Yang Mereka Lakukan? Gong Yoo dan Rain © Istimewa

Kapanlagi.com - Bagi fans boyband K-Pop dan aktor K-Drama, hal yang kadang paling menakutkan selain idolanya punya pacar, adalah wajib militer. Setiap pria Korea yang dinyatakan sehat secara fisik dan mental, wajib hukumnya untuk menjalankan tugas negara serta harus meninggalkan gemerlap dunia hiburan selama hampir dua tahun.

Kadang fans yang nggak rela oppa-oppa mereka harus wajib militer, pasti pernah bertanya: 'Kenapa harus ada wamil di Korea?'. Jawabannya begini.

Wajib militer Korea sejak 1948 © dramafever.comWajib militer Korea sejak 1948 © dramafever.com

Sejarah Wajib Militer di Korea

Sampai sekarang, Korea Selatan secara teknis masih dalam kondisi berperang dengan negara tetangga mereka yang terkenal tertutup, Korea Utara. Dua negara ini pernah menjalani perang pada tahun 1950 - 1953 dan sampai sekarang belum pernah ada kesepakatan untuk berdamai.

Setelah bebas dari masa penjajahan Jepang pada tahun 1945, Korea terbagi menjadi dua yaitu Selatan dan Utara di 1948. Sejak saat itulah, pihak pemerintah Korsel mewajibkan para pria di negara tersebut untuk menjalankan wajib militer agar siap dalam peperangan melawan Korea Utara, yang bisa terjadi sewaktu-waktu tanpa diduga. Wanita boleh juga ikut, tapi sama sekali tidak diwajibkan.

Siapa Yang Harus Wajib Militer?

Setelah belajar sedikit sejarah soal wajib militer Korea, mari bahas sedikit tentang siapa saja yang harus menjalankan tugas ini. Secara umum, pria berusia 19 (setelah lulus SMA) - 35 tahun di Korea Selatan akan mendapatkan surat panggilan untuk masuk militer. Kalau tidak mau menjalani wajib militer, seseorang akan dipenjara.

Penundaan boleh dilakukan dengan alasan belajar, ada anggota keluarga yang meninggal, sakit, saudara juga masih wamil, membesarkan anak dan lain sebagainya. Tapi peraturan ini terus diperbarui oleh Asosiasi Tenaga Kerja Militer Korea. Kini kalau seorang pria sudah berusia 29 tahun, sudah dilarang menunda lagi. Makanya banyak selebritis seperti Lee Min Ho dan Ji Chang Wook, baru mulai wajib militernya di usia ini.

Ji Chang Wook saat berangkat wajib militer © OSENJi Chang Wook saat berangkat wajib militer © OSEN

Pembagian di Wajib Militer

Wajib militer di Korea dibagi dua yaitu active duty dan public service. Active duty ini antara lain yaitu tentara dan marine corps selama 21 bulan, angkatan laut selama 23 bulan, dan angkatan udara selama 24 bulan. Sedangkan public service (yang banyak dipilih oleh selebritis) meliputi kerja di kantor pemerintahan, petugas parkir, sampai bekerja di subway dan masih banyak lain bentuknya. Ada juga KATUSA, yaitu program antara militer Korsel dan Amerika Serikat. Untuk bisa masuk KATUSA, harus punya kemampuan bahasa Inggris yang baik. Cho Kyuhyun, member Super Junior, ditempatkan di Perpustakaan Seongbuk, ia akan menggunakan suara indahnya untuk buku audio bagi orang-orang yang mengalami gangguan visual.

Pemeriksaan Kesehatan Sebelum Masuk Wajib Militer

Lalu bagaimana seorang pria bisa masuk active duty atau public service? Semuanya didapat setelah menjalani pemeriksaan fisik. Setelah diperiksa, kesehatan calon yang akan menjalani wajib militer dibagi menjadi tujuh level. Yang dapat level 1 sampai tiga, maka dia harus wamil sebagai active duty. Level 4 boleh menjalani wajib militernya sebagai public worker. Level 5 - 7 akan bebas dari wajib militer.

Pembebasan wajib militer ini jarang banget terjadi. Biasanya sih seseorang punya cedera parah, seperti kehilangan tangan dan kaki, atau punya gangguan mental berat. Selain kondisi fisik, seseorang yang punya orientasi seksual sejenis juga masuk kategori gangguan mental di Korea.

Pelatihan Dasar Militer

Basic training yang berat © IstimewaBasic training yang berat © Istimewa

Sama seperti tentara di Indonesia, rambut pria yang sedang menjalani wajib militer harus pendek banget alias cepak. Setelah itu akan dipotret. Potret ini yang akan digunakan jika mereka meninggal di saat sedang menjalani wajib militer (Kematian saat wajib militer jarang terjadi, karena mereka pelatihannya tidak benar-benar di medan perang, seperti wamil di Amerika Serikat).

Semua, baik active duty maupun public worker, wajib menjalani pelatihan dasar militer selama lima minggu. Semua perlengkapan mulai dari baju sampai pakaian dalam disediakan pihak militer. Baju yang dipakai saat masuk pelatihan dasar akan dimasukkan ke dalam box dan dikirimkan ke rumah. Katanya inilah momen mengharukan bagi seorang ibu, saat menerima baju yang dipakai oleh sang putra terakhir kali sebelum wajib militer.

Banyak yang bilang kalau pelatihan dasar ini adalah masa paling berat. Seorang pria di wajib militer dilarang menggunakan ponsel dan terisolasi dari dunia luar. Mereka harus menuruti semua perintah atasan, kalau berani membantah akan dapat hukuman. Ada cara sendiri bagaimana berjalan, makan, bicara, dan lain-lain saat di wajib militer. Semua ini dilakukan untuk membentuk mental seorang tentara.

Ada juga di mana tentara dimasukkan ke dalam ruang kecil berisi gas. Di dalam ruangan tersebut rasanya sulit bernafas dan badan terasa sakit semua. Selain itu semua pelatihan militer juga meliputi baris-berbaris, lari, lompat, push-up, mendaki gunung dengan membawa senjata, sampai belajar menggunakan senjata.

Setelah lima minggu menjalani pelatihan dasar, tentara akan dipindah menuju batalion tempatnya ditugaskan selama berbulan-bulan.

Sebagai Tentara Aktif

Di tempat bertugas, para tentara dimasukkan dalam satu unit. Mereka tidur dalam satu ruangan yang sama. Di ruangan tersebut ada televisi, tapi acara yang ditonton ditentukan oleh tentara yang punya pangkat lebih tinggi dari mereka. Dalam satu unit, jika satu orang melakukan kesalahan, maka anggota lainnya juga harus ikut dihukum.

Aktivitas setiap individual dilakukan mulai pukul 5 pagi sampai 5 sore. Yang mereka lakukan bisa berpatroli ada juga yang bertugas hanya mengambil sampah. Setelah aktivitas selesai, mereka boleh membunuh waktu dengan sepak bola (olahraga ini populer banget di militer), belajar, membaca dan lain-lain.  Selain itu, selama di base, para tentara akan sering mendengar banyak hal tentang Korea Utara dan serangan-serangan mereka yang berbahaya.

Selebritis yang sedang ikut wajib militer biasanya juga ikut dalam band yang sering menghibur warga sipil. Mereka juga diikutkan dalam acara hiburan yang diadakan secara resmi oleh militer, baik sebagai performer atau MC. Member Super Junior, Yunho TVXQ dan Lee Seung Gi pernah tampil dalam acara hiburan pihak militer.

Saat baru masuk di base, seorang tentara dapat pangkat terendah yaitu prajurit selanjutnya naik jadi prajurit kelas pertama, kopral, sampai dapat pangkat sersan. Setiap pangkat dapat gaji per bulan walau tak banyak. Prajurit biasa mendapat Rp 1,79 juta, prajurit kelas pertama Rp 1,92 juta, kopral mendapat Rp 2,12 juta, dan sersan dapat gaji Rp 2,38 juta. Tapi uang ini tak banyak digunakan karena sandang, pangan, papan selama wajib militer ditanggung pemerintah.

Setiap tentara akan dapat libur empat hari setelah 100 hari menjadi tentara. Kemudian mereka dapat 10 hari libur sepanjang mereka menjalani wajib militer, tapi kalau izin harus kepada atasan dulu. Bukan hanya itu, mereka juga akan dapat 10 hari libur saat naik pangkat dan libur nasional seperti Chuseok (tahun baru).

Selama menjalani wajib militer, mereka boleh dapat kunjungan tapi harus izin terlebih dahulu. Selain itu mereka juga boleh menerima kiriman paket makanan, dengan syarat makanan itu harus dibagi dengan tentara lainnya. Seorang artis biasanya dapat surat dari fans. Hal ini diperbolehkan tapi dengan syarat akan dibaca terlebih dahulu oleh pihak militer. Mereka juga boleh membalas surat tersebut dengan diunggah di situs kemiliteran.

Setelah Wajib Militer

Setelah menjalani wajib militer selama lebih kurang dua tahun, seorang pria tak bebas begitu saja. Mereka harus wajib lapor dan menjalani inactive duty selama delapan tahun. Tiap tahun mereka harus ikut pelatihan wajib selama 100 jam. Jika ada perang terjadi selama masa itu, mereka wajib harus ikut. Bukan hanya itu semua pria Korea yang berusia 18 - 45 tahun (baik mereka sudah atau belum wamil) wajib ikut jika ada perang terjadi.

Gong Yoo saat jalani inactive duty © dramafever.comGong Yoo saat jalani inactive duty © dramafever.com

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING