Ketegangan Fanwar Rebutan Warna Kebanggaan, TVXQ Vs iKON

Rabu, 30 Desember 2015 15:45 Penulis: Kiky Kurnia Dewi
Ketegangan Fanwar Rebutan Warna Kebanggaan, TVXQ Vs iKON TVXQ - iKON © istimewa
Kapanlagi.com - Dalam dunia K-Pop, seorang idol yang baru debut perlu identitas, tak hanya untuk sang idola, tapi juga bagi para panggemar. Selain nama fandom, mereka pun biasanya menetapkan warna kebanggaan.

Baru-baru ini permasalahan perihal warna fandom sempat bikin geger fans K-Pop internasional antara Cassiopeia (sebutan fans TVXQ) dan iKONIC (penggemar iKON). Ada apa sih memang?

Debut pada September lalu, idol YG Entertainment itu dikabarkan akan menggunakan warna merah sebagai identitas mereka. Padahal sejak tahun 2003 silam, Pearl Red telah identik akan TVXQ dan Cassiopeia

Inilah identitas Cassiopeia yang sering disebut Pearl Red Ocean di salah satu konser TVXQ. © koreaboo.comInilah identitas Cassiopeia yang sering disebut Pearl Red Ocean di salah satu konser TVXQ. © koreaboo.com

Merasa tidak terima dan ingin mempertahankan Pearl Red, Cassiopeia pun melakukan Trending Topic dengan hastag #RedIsTVXQ sejak beberapa hari lalu. Namun, iKONIC tidak mau kalah dan bersaing di jejaring sosial untuk #RedIsiKON.

Usaha Cassiopeia pun tak berhenti sampai di sini saja. Mereka pun telah menggelar petisi kepada YG Entertainment untuk memohon agar iKON menggunakan warna fandom yang tidak sama dengan TVXQ.

Betapa pentingnya identitas warna fans, apalagi saat konser K-Pop berlangsung. © koreaboo.comBetapa pentingnya identitas warna fans, apalagi saat konser K-Pop berlangsung. © koreaboo.com

Hingga saat ini, petisi tersebut telah mengumpulkan lebih dari 14.000 partisipan Cassiopeia di penjuru dunia, tak hanya Indonesia. Well, permasalahan warna fandom memang bukan lagi isu yang kali pertama terjadi.

Sebelumnya, iKON sempat akan menggunakan warna jingga sebagai identitas mereka. Tapi, SHINHWA Changjo (nama fans SHINHWA) geram dan melarang iKONIC, bahkan Eric dan Donghwan SHINHWA pun ikut serta bersuara agar iKON tidak memakai jingga milik mereka. Kalau menurutmu?

(kpl/kkd)


REKOMENDASI
TRENDING