HOME » SELEBRITI » E » EXO
ASIAN-STAR

Meski Tak Tahu Artinya, Kenapa Banyak Yang Suka Lagu Korea?

Rahmi Safitri  |  Senin, 06 Maret 2017 07:45

Meski Tak Tahu Artinya, Kenapa Banyak Yang Suka Lagu Korea?

Kapanlagi.com - Lagu-lagu K-Pop saat ini sudah mendunia. Di tiap negara, lagu-lagu dari negeri Korea ini sudah punya pangsanya sendiri. Boyband, girlband, penyayi solo, bahkan band indie dari Korea pun punya banyak penggemar fanatik di mana-mana, termasuk di Indonesia.

Tapi tak semua orang bisa dengan mudah menerima lagu-lagu Korea ini. Alasannya beragam. Ada yang nggak suka lihat cowok-cowok ngedance, malas lihat para penyanyinya yang sering dianggap punya kecantikan palsu (alias kebanyakan operasi plastik), sampai mereka malas mendengarkan karena nggak mengerti arti dari liriknya.

Buat alasan yang terakhir di atas sepertinya belum mengaplikasikan ungkapan music is universal. Kalau mau mengesampingkan urusan lirik yang nggak dipahami, musik-musik dari negeri Korea ini juga banyak kok yang bisa menyentuh hati meskipun entah apa maksud dari lagunya. Dan inilah beberapa alasan kenapa lagu Korea disukai meski bagi kita orang Indonesia nggak mengerti artinya

1. Bisa bikin bawa perasaan

Biasanya sih yang bikin baper itu lagu ballad atau dari band-band indie. Seperti ada fakta yang nggak tertulis kalau orang Korea itu suka dengar lagu-lagu ballad yang mendayu-dayu dengan penyanyinya punya suara indah. Kadang dengar musiknya saja sudah bikin ikutan sedih atau tersentuh. Jadi nggak heran kalau penyanyi ballad terkenal udah mengeluarkan album, lagunya bisa langsung jadi pemuncak tangga lagu.

Kalau mau dibikin baper dengan lagu Korea bisa dengar single-nya Park Hyo Shin, Lim Chang Jung, Lee Sun Hee, Baek Ji Young, IU, Taeyeon Girls Generation, sampai Cho Kyuhyun. Kalau untuk band indie disarankan banget mendengarkan lagu-lagu dari Urban Zakapa, 10cm, Busker Busker, sampai yang lagi populer di Korea saat ini Bolbbalgan4.

Kalau mau lebih menghayati sih bisa nyanyi sambil lihat maknanya. Sudah banyak kok channel YouTube yang menyediakan lirik lagu Korea beserta artinya (tapi kebanyakan in English sih).

Taeyeon I lagu yang bakal bikin kita merasa free © SM EntTaeyeon I lagu yang bakal bikin kita merasa free © SM Ent

2. Racun dan bikin terngiang-ngiang

Kadang kita sering kan merasa 'Ah ini lagu apaan sih?'. Tapi berhubung terdengar di mana-mana, akhirnya lagu itu malah stuck in our head meskipun kita nggak niat untuk menghafal liriknya. Ujung-ujungnya kadang malah nggak sadar ikutan nyanyi.

Lagu K-Pop juga kebanyakan kayak begini, terutama yang punya lirik catchy. Lagu yang gampang jadi racun itu contohnya Gee milik Girls Generation, Sorry Sorry-nya Super Junior, Nobody-nya Wonder Girls, Fantastic Baby-nya Big Bang, Growl punya EXO, Ring Ding Dong-nya SHINee, Ice Cream Cake dan Dumb Dumb-nya Red Velvet, dan lagu-lagu milik girlband yang lagi tren saat ini TWICE seperti Cheer Up, TT, dan Knock Knock.

Misalnya ya buat lagu Gee. Meskipun kita nggak hafal keseluruhan liriknya pasti lah paling nggak kita bisa nyanyi 'gee gee gee gee baby baby baby'.

Cheer Up TWICE lagu paling populer di Korea di tahun 2016 © JYPCheer Up TWICE lagu paling populer di Korea di tahun 2016 © JYP

3. Bikin ingin ngedance dan happy

Lagu K-Pop memang kadang dirilis dengan tujuan bukan untuk menjadi juara di tangga lagu, tapi karena performance-nya. Kalau seperti ini sih biasanya lagu-lagu milik boyband. Infinite, BTS, GOT7, dan lain-lain punya banyak lagu yang dijamin bakal bikin kita pengen mempelajari koreografi mereka. 

Lagu ceria ini juga bisa bikin happy dan bersemangat lho. Kalau nggak percaya dengar saja lagu milik GFriend, Red Velvet, dan TWICE. Atau bisa lagunya PSY.

Me Gustas Tu milik GFriend bikin kita bahagia dan pengen ngedance © IstimewaMe Gustas Tu milik GFriend bikin kita bahagia dan pengen ngedance © Istimewa

4. Efek K-Drama

Tiap K-Drama itu punya soundtrack masing-masing. Kadang tiap karakter punya lagu tema sendiri. Atau tiap adegan bakal diputar dengan lagu yang pas. Jadinya setelah nonton, kita malah terngiang dan pengen dengar terus lagu soundtrack-nya. KLovers juga begitu kan?

Yang suka nonton Goblin pasti nih di playlist-nya ada lagunya Chanyeol & Punch yang Stay With Me dan Crush yang Beautiful? Atau yang fans DOTS yakin pasti hapal dengan Always-nya Yoon Mi Rae kan?

Ada yang bisa nyanyi OST-nya DOTS? © IstimewaAda yang bisa nyanyi OST-nya DOTS? © Istimewa

5. Karena idola

Alasan klasik. Kadang banyak orang nggak suka lagunya, tapi karena kita sudah terlanjur cinta dan ngefans dengan boygroup/girlgroup tertentu, lagunya jadi terdengar menarik di telinga kita. Bukan hanya single utama saja, bahkan semua lagu di album juga bakal didengar setiap waktu, nggak peduli orang lain bilang apa. Istilahnya sih 'whatever oppa gives, we listen'.

Biasanya yang kayak gini nih lagu-lagu dari artis SM Entertainment. Banyak netizen kadang merasa lagunya 'sampah' tapi tetap menang di acara musik karena ya albumnya laku dan disukai oleh penggemar para artis tersebut. Tapi anehnya nih, meski kadang awalnya terdengar aneh di telinga, lama-lama lagu-lagu ini jadi enak didengar dan jadi candu juga.

Contohnya nih Firetruck-nya NCT127 © SMContohnya nih Firetruck-nya NCT127 © SM

Lima alasan di atas adalah kenapa lagu Korea tetap banyak didengar meskipun buat kita orang Indonesia nggak tahu artinya apa? Ada alasan lain nggak dari KLovers kenapa kok suka dengar lagu Korea atau K-Pop?

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri

Rekomendasi Pilihan



Di posisi pertama ada dua bintang K-Pop dari SM Entertainment yaitu Krystal fx dan Sehun EXO, yang kebetulan berusia sama dan jadi yang termuda di grup masing-masing. Krystal dan Sehun juga sudah main film di China.
10 Foto


Lihat Arsip Asian-star

- - -