SM Entertainment Kini Jadi Pemilik Agensi Kim Soo Hyun, KeyEast

Rabu, 14 Maret 2018 11:45 Penulis: Rahmi Safitri
SM Entertainment Kini Jadi Pemilik Agensi Kim Soo Hyun, KeyEast SM dan Kim Soo Hyun © Istimewa

Kapanlagi.com - Kalau menyebut nama perusahaan entertainment terbesar di Korea Selatan, pasti SM Entertainment adalah salah satu yang lewat di kepala. Agensi ini bukan cuma punya grup K-Pop top seperti TVXQ, Super Junior, Girls Generation dan EXO saja; mereka juga punya sub-sub agensi yang menangani aktor-aktris top Korea, atlet, model, hingga perusahaan traveling dan lain-lain.

Perusahaan yang dibangun oleh Lee Soo Man itu kini juga semakin mengepakkan sayap mereka di industri hiburan Korea. Dilansir dari Soompi, Rabu (14/3), SM disebut telah menjadi pemilik saham terbesar untuk agensi KeyEast Entertainment dan FNC Add Culture, bagian dari FNC Entertainment (agensi CN Blue, AOA, Yoo Jae Suk, dll).

Menurut KOSDAQ (Korean Securities Dealers Automated Quotations), SM telah resmi mendapatkan KeyEast dan FNC Add Culture. FNC Add Culture ini bergerak di bidang produksi drama dan acara televisi lainnya. Ini bukan pertama kalinya dilakukan SM. Sebelumnya mereka juga pernah membeli saham perusahaan hiburan seperti Woollim dan Mystic.

SM kini memiliki 19.545.071 saham di KeyEast atau 25,45% dari keseluruhan saham di perusahaan tersebut dengan harga 50 miliar won (sekitar Rp 645,38 miliar). Buat yang belum tahu, KeyEast ini adalah perusahaan yang didirikan oleh Bae Yong Joon, aktor yang populer berkat drama Winter Sonata. Di agensi ini ada sederet aktor-aktris populer Korea seperti Kim Soo Hyun, Woo Doo Hwan, Kim Hyun Joong, Han Ye Seul, Uhm Jung Hwa, dan lain-lain.

Penasaran dengan kerjasama para artis dari 3 agensi ini nih © IstimewaPenasaran dengan kerjasama para artis dari 3 agensi ini nih © Istimewa

Selain membeli saham KeyEast, ternyata ada kesepatakan lain antara SM dan Bae Yong Joon. Bae Yong Joon juga punya saham di SM yang membuatnya jadi salah satu pemilik saham terbesar di perusahaan tersebut. Suami dari aktris Park Soo Jin itu juga bakal menjadi penasihat marketing untuk SM dan penasihat strategi global buat KeyEast.

Sementara untuk FNC Add Culture, SM kini memiliki 13.483.865 saham di perusahaan tersebut (30,51% dari keseluruhan) yang dibeli mereka dengan harga 30 miliar won atau Rp 387,2 miliar lebih. Sedangkan FNC Entertainment jadi pemilik saham terbesar kedua di FNC Add Culture dengan total 18% dari keseluruhan.

SM Entertainment berencana memperbaiki apa yang sudah dimiliki oleh FNC Add Culture termasuk produksi drama dan siaran. Mereka juga berencana mengembangkan sayap FNC Add Culture ke bidang bisnis lifestyle seperti fashion, retail, dan lain-lain.

Dengan akuisisi ini, para penggemar selebritis dari ketiga perusahaan tersebut pun jadi penasaran, apakah bakal ada kerjasama antara mereka di masa depan? Kita tunggu saja!

(soo/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING