BOLLYWOOD

8 Pernikahan India Terheboh 2018, Pesta Mewah di Italia Hingga Biaya 100 Juta Dollar

Sabtu, 15 Desember 2018 07:38 Penulis: Wulan Noviarina Anggraini

©AFP

Kapanlagi.com - Tahun 2018 ini bisa dibilang sebagai waktu janjian para aktris papan atas India untuk melepas masa lajang mereka. Gimana nggak, tiga selebritis papan atas sekaligus yang menikah pada tahun ini. Mulai dari Sonam Kapoor, Deepika Padukone hingga Priyanka Chopra.

Selain ketiga aktris yang namanya berada di puncak daftar seleb ternama India itu, juga ada aktris televisi yang menikah tahun ini. Juga ada pernikahan putri orang terkaya di India, Isha Ambani yang menjadi penutup di penghujung tahun dengan pesta 100 juta Dollarnya.

Well, banyak hal menarik dari pernikahan para seleb papan atas India tahun ini. Tidak sekedar angka yang bikin mata terbelalak, tapi juga alasan di balik pernikahan yang membuat publik India sempat heboh bergosip selama beberapa waktu.

1. Sonam Kapoor

Pernikahan Sonam Kapoor dan Anand Ahuja yang berlangsung pada 8 Mei 2018 sempat disebut sebagai pesta terbesar India tahun ini. Acara yang digelar oleh Sonam selama beberapa hari lamanya, diperkirakan menelan biaya yang sangat besar.

Selama momen pernikahannya, Sonam mengenakan gaun dari beberapa desainer ternama India. Total perkiraan biaya yang ia keluarkan untuk gaun yang dipakai mulai acara sangeet, mehendi, upacara pernikahan dan resepsi sekitar Rp 1,4 miliar.

Kemewahan pernikahan Sonam juga tampak dari cincin kawin yang diberikan Anand kepadanya. Sebuah batu berlian besar dengan nilai sekitar Rp 1,8 miliar jadi tanda cinta Anand kepada Sonam.

Secara total, Sonam tak mau mengungkap berapa biaya yang ia keluarkan untuk pesta yang berlangsung selama empat hari tersebut. Namun pesta yang dihadiri oleh ribuan undangan itu jelas menghabiskan dana yang tidak sedikit.

2. Neha Dhupia

Pernikahan Neha Dhupia dan Angad Bedi berlangsung hampir bersamaan dengan acara Sonam Kapoor. Presenter dan aktris ternama ini mengakhiri masa lajangnya pada 10 Mei 2018.

Bisa dibilang, rencana pernikahan Neha nyaris tak tercium media, sampai ia mengunggah foto hari bahagianya di Instagram. Publik pun terkejut dengan pengumuman pernikahan Neha dan pria yang dikenal sebagai teman lamanya tersebut.

Yang membuat publik India makin heboh adalah alasan di balik pernikahan mendadak Neha dan Angad. Ternyata, Neha menikah karena ia sudah hamil duluan.

Tetapi yang kemudian jadi perbincangan hangat bukanlah kehamilan Neha. Melainkan harga lehenga yang ia kenakan ketika menikah. Lehenga karya Anita Dongre itu dinilai sangat sederhana, tetapi harganya terlalu mahal. Nilainya sekitar Rp 40 juta.

3. Rubina Dilaik

Pernikahan Rubina Dilaik dengan Abhinav Sukhla yang berlangsung pada 21 Juni 2018 lalu disebut-sebut sebagai pesta dari negeri dongeng ala bintang televisi India. Rubina adalah aktris yang sangat disayangi oleh publik India karena penampilannya di berbagai serial televisi.

Upacara pernikahan Rubina digelar di Woodville Palace of Shimla. Bangunan ini adalah rumah keluarga Kerajaan Jubbal. Istana ini dulu pernah jadi lokasi syuting film 3 IDIOTS yang dibintangi oleh Aamir Khan.

Untuk resepsi, Rubina menggelarnya di Mumbai dan Ludhiana. Namun sayangnya, ia enggan membuka berapa biaya yang dikeluarkan untuk menggelar pesta yang berlangsung meriah ini.

4. Prince Narula

Di kalangan pecinta reality show India, Prince Narula adalah salah satu bintang kesayangan. Pernikahan Prince yang berlangsung pada 12 Oktober lalu pun jadi sorotan karena digelar dengan mewah.

Prince menggelar acara di Mumbai dengan acara adat Punjabi mewah. Meski tak membuka berapa uang yang dihabiskan untuk menggelar pesta meriah itu, tetapi Prince dan istrinya bersedia membagi info menarik tentang gaun sang istri yang dikenakan kala resepsi.

Gaun berwarna silver tersebut ternyata memiliki berat 40 kilogram! Proses pembuatannya pun memakan waktu cukup lama, yaitu sekitar 8 bulan dan dikerjakan oleh 40 orang.

Pesta pernikahan Prince di Mumbai berlangsung selama empat hari. Dan kemudian disusul dengan pesta meriah di Chandigarh yang dihadiri oleh ribuan tamu undangan.

5. Deepika Padukone

Memasuki momen akhir tahun, Deepika Padukone mengumumkan pernikahannya dengan Ranveer Singh. Pasangan ini menggelar upacara pernikahan di Italia pada 14 dan 15 November 2018 lalu. Acara pernikahan digelar dua kali, dengan dua adat yang berbeda.

Upacara pertama digelar dengan adat Konkani, kepercayaan yang dianut keluarga Deepika. Sementara upacara kedua digelar dengan adat Anand Karaj yang dianut oleh keluarga Ranveer Singh.

Deepika memboyong puluhan anggota keluarganya ke Danau Como, Italia untuk melangsungkan rangkaian upacara pernikahan. Ia menginap di sebuah resort dan menyewa seluruh kamarnya yang berjumlah 75 ruang. Total ia harus membayar Rp 3,5 miliar untuk penginapan selama satu pekan.

Biaya tersebut belum termasuk venue pernikahan yang diselenggarakan di Villa del Balbianello. Per sesi acara yang dihitung per-12 jam, Deepika harus membayar Rp 445 juta. Ia menyewa villa itu selama tiga sesi, jadi total pengeluarannya adalah Rp 1,3 miliar.

Untuk memastikan keamanan acaranya dari para paparazzi, Deepika menyewa keamanan dan ia harus mengeluarkan kocek sekitar Rp 2 miliar. Dengan uang sejumlah ini, ia mendapatkan pengamanan dari polisi darat dan juga polisi air yang bertugas di sekitar Danau Como.

Di hari pernikahannya, Deepika mendapatkan cincin kawin berlian besar dari Ranveer yang nilainya diperkirakan sekitar Rp 5,4 miliar. Ia juga mendapatkan mangalsutra senilai Rp 405 juta.

Pada hari pernikahannya, Deepika mengenakan beberapa lehenga indah. Dua di antaranya adalah kado dari ibunda. Dan lehenga yang dikenakan pada upacara Anand Karaj adalah karya Sabyasachi Mukherjee. Harganya bisa dibilang 'murah', hanya sekitar Rp 181 juta.

Pengeluaran di atas belum termasuk biaya transportasi dari dan ke Italia. Juga belum termasuk dekorasi, catering, gaun resepsi, sewa hall resepsi dan keperluan lain untuk resepsi yang berlangsung sebanyak 3 kali. Satu resepsi di Bengaluru, dua resepsi di Mumbai.

6. Priyanka Chopra

Tak lama setelah Deepika menikah, Priyanka Chopra menggelar acara bahagianya dengan Nick Jonas. Pasangan beda negara ini memilih merayakan pernikahan mereka di Istana Umaid Bhawan, Jodhpur, India pada 1 dan 2 Desember 2018.

Untuk menggelar acara di istana megah yang sekarang jadi resort tersebut, Priyanka harus mengeluarkan dana yang tak sedikit. Dimulai dari transportasi dari Amerika ke India dan Mumbai ke Jodhpur, yang nilainya diperkirakan mencapai Rp 306 juta.

Pada malam sangeet, Priyanka membangun panggung megah dengan biaya sound dan tata cahaya sebesar Rp 919 juta. Ia juga menyalakan kembang api yang total biayanya mencapai Rp 438 juta. Sementara untuk biaya lain-lain disebut sebesar Rp 891 juta.

Pada hari pernikahannya, Priyanka mengenakan cincin tunangan senilai Rp 4,2 miliar. Tak disebut berapa nilai gaun karya Ralph Lauren dan Sabyasachi Mukherjee yang ia pakai di dua upacara pernikahannya. Namun harga tuksedo yang dikenakan Nick Jonas disebut mencapai Rp 87,5 juta.

Tak perlu sebut harga untuk gaun pernikahan Priyanka Chopra. Dari detailnya saja sudah tampak mewah dan istimewanya.

Untuk gaun rancangan Ralph Laurent, terdapat 2 juta keping manik mutiara yang dikerjakan selama 1826 jam. Sementara untuk lehenga karya Sabyasachi, dibuat selama 3720 jam dan dihias manik khusus yang didatangkan dari Prancis.

Venue acara itu sendiri juga sangat mahal. Priyanka menyewa seluruh resort selama nyaris penuh dengan nilai sekitar Rp 1,3 miliar per malam. Total biaya pesta di Jodhpur diperkirakan sekitar Rp 8,1 miliar.

Jumlah tersebut belum termasuk biaya catering, dekorasi dan juga resepsi di Delhi. Priyanka juga akan menggelar resepsi di Mumbai yang rencananya akan dilaksanakan pada 20 Desember nanti.

7. Kapil Sharma

Siapa yang suka nonton TV India? Pasti kenal dengan Kapil Sharma. Ia adalah salah satu host acara talkshow ternama  lewat acaranya, The Kapil Sharma Show.

Sekian lama hanya jadi rumor, akhirnya Kapil Sharma mengumumkan pernikahannya dengan sang kekasih yang sudah cukup lama dipacari. Kapil menikahi Ginni Chatrath lewat dua upacara, Hindu dan Anand Karaj.

Acara pernikahan secara Hindu berlangsung pada 12 Desember. Sementara upacara Anand Karaj berlangsung kemarin, Kamis (13/12). Dan untuk dua upacara ini, Kapil menggelar pesta yang sama meriahnya.

Setelah menggelar upacara pernikahan, Kapil dan Ginni akan mengadakan pesta resepsi di Amritsar dan Mumbai. Sayangnya, Kapil belum mau berbagi tentang detail pestanya. Namun dari upacara pernikahan yang sudah berlangsung, jelas ia mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk merayakan hari bahagianya dengan cara yang mewah.

8. Isha Ambani

Inilah pesta terbesar dan termewah di India sepanjang tahun 2018 ini. Pernikahan Isha Ambani dan Anand Piramal, putri konglomerat terkaya di India dan Asia yang dipersunting oleh putra keluarga konglomerat India.

Pesta pernikahan Isha dan Anand dimulai sejak pertunangan yang digelar di Danau Como, Italia. Kala itu Isha mengundang John Legend untuk mengiringi momen manisnya bersama Anand.

Setelah beberapa bulan bertunangan, Isha menggelar acara sangeet pernikahannya yang dilangsungkan di Udaipur. Ia menyewa Udaivilas The Oberoi selama empat hari untuk menjamu ribuan tamu yang datang dari dalam dan luar negeri, termasuk Hillary Clinton dan John Kerry.

Untuk menerbangkan para tamu, Isha menyewa 200 jet pribadi dan 40 di antaranya khusus untuk keluarga. Isha juga menyewa ribuan mobil mewah untuk antar jemput tamu ke bandara di Mumbai dan Udaipur. Saking banyaknya tamu yang datang ke acara Isha, bandara Mumbai sampai memecahkan rekor penerbangan terbanyak sepanjang 2018 dengan 1004 flight. Demikian pula dengan bandara Udaipur yang juga mencetak rekor dengan 141 penerbangan, padahal di hari biasa rata-rata hanya 32 kali flight.

Sebelum pesta di Udaipur berlangsung, Isha dan keluarga menggelar acara Anna Seva dan memberi makan kepada 5100 orang miskin. Acara itu diselenggarakan selama empat hari sampai sangeet selesai.

Pada pesta sangeet, Isha mengundang puluhan seleb Bollywood. Dan sebagai bintang tamu utama, ia mengundang Beyonce dengan nilai kontrak sekitar Rp 56 miliar.

Undangan pernikahan Isha pun dibuat dengan istimewa. Per undangan dibanderol dengan harga Rp 60 juta dan total ia menghabiskan dana sekitar Rp 4,3 miliar untuk undangan upacara pernikahan saja, belum termasuk resepsi.

Total biaya pernikahan Isha diperkirakan mencapai 100 juta Dollar atau sekitar Rp 1,4 triliun. Tetapi sumber dari keluarga membantah, dan menyebut biaya pernikahan itu hanya Rp 220 miliar saja.

(kpl/phi)


REKOMENDASI
TRENDING