FILM INDONESIA

10 Fakta Menarik Sri Asih, Jagoan Wanita Pertama Asli Indonesia

Selasa, 20 Agustus 2019 15:01 Penulis: Dhimas Nugraha

Sri Asih ©Bumillangit

Kapanlagi.com - Bioskop Indonesia siap diramaikan dengan adanya para jagoan asli Indonesia yang akan segera tayang. Setidaknya ada 8 film yang akan dikenalkan oleh Joko Anwar. Dibuka oleh GUNDALA, Jagat Sinema Bumilangit Jilid pertama, akan dilanjutkan oleh SRI ASIH di film kedua.

Sosok Sri Asih ini akan diperankan oleh Pevita Pearce. Dari beberapa informasi yang beredar, film ini sudah masuk dalam tahap pengembangan. Nah, sambil menunggu kabar lebih lanjut soal film ini, yuk cek fakta-fakta menarik seputar Sri Asih. 

 

 

1. Komik Pertama Yang Diciptakan

Sri Asih adalah karakter dan komik pertama yang mengawali munculnya para jagoan-jagoan asli Indonesia. Komik ini diluncurkan pertama kali pada tahun 1954 di Madjalah Komik. Sri Asih sendiri adalah karya pertama R.A. Kosasih (Bapak Komik Indonesia) yang menjadi tonggak sejarah komik di Tanah Air. 

2. Kehidupan Nani Wijaya

Sri Asih adalah jagoan wanita pertama di Indonsia. Ia memiliki nama asli Nani Wijaya. Nani terlahir dari keluarga kaya, yang merupakan reinkarnasi dari Dewi Sri. Ia bekerja di Biro Investigasi Kriminal, dan membangun reputasi yang baik di kalangan rekan-rekannya. 

3. Berubah Jadi Sri Asih

Ketika menjadi seorang Nani Wijaya, ia adalah wanita biasa, lugu dan kadang diremehkan oleh rekan-rekannya. Namun, semenjak masuk ke Biro Investigasi Kriminal, ia semakin dikenal sebagai wanita pemberani. Dan ketika dalam kondisi terdesak, ia akan mengucapkan 'Dewi Asih' ia akan berubah menjadi Sri Asih. 

4. Kekuatan Sri Asih

Kekuatan Sri Asih setara dengan 250 pria dewasa. Tubuhnya pun kebal dengan senjata seperti pedang dan peluru. Selain itu ia juga memiliki kemampuan terbang layaknya Godam. Memiliki kemampuan Triwikrama, yaitu bisa menggandakan diri dan memperbesar diri. 

5. Penampilan Sri Asih

Penampilan Sri Asih pun berbeda ketika ia menjadi seorang Nani Wijaya, dan Sri Asih. Nani Wijaya berpenampilan seperti wanita kebanyakan. Sedangkan ketika berubah, Sri Asih muncul dengan penampilan anggunnya, yaitu berbalut kemben, lengkap dengan mahkota dan kain selendangnya, layaknya ratu dari sebuah kerajaan. 

6. Musuh Bebuyutan

Semua pahlawan pasti memliki musuh bebuyutan yang membuatnya kesusahan. Nah, Sri Asih juga memiliki musuh yang mempu membuatnya kewalahan. Ia adalah Serigala Hitam dan geng gerombolan  Kawa-Kawa. Dalam sebuah cerita, Sri Asih mampu dilumpuhkan oleh Serigala Hitam. 

7. Gabung Bersama Patriot

Sri Asih yang hidup di era patriot akhirnya bergabung bersama dengan jagoan yang lain dalam aliansi jagoan bernama Patriot. Bersama dengan Gundala, Godam, Tira, Nusantara, Virgo, dan beberap jagoan lain untuk menumpas kejahatan. 

8. Cerita Tak Hanya di Indonesia Saja

Cerita pertarungan Sri Asih tak hanya berlokasi di sekitar Indonesia saja. Ada beberapa komik yang menceritakan ia berada di luar negeri, seperti cerita Sri Asih di Macao dan Sri Asih di Singapura. 

9. Diadaptasi Jadi Film

Tak berselang lama setelah kesuksesan komik Sri Asih di pasaran, akhirnya ia diangkat ke layar lebar pada tahun 1954. Dan film ini menjadi film superhero pertama yang ada di Indonesia pada kala itu. Film hitam putih tersebut disutradarai oleh Turino Djunaedy dan sosok Sri Asih diperankan oleh Mimi Mariani.

10. Terinspirasi dari Pahlawan Luar Negeri dan Sukses di Pasaran

Sebenarnya Sri Asih sendiri terinspirasi dari superhero luar negeri. Namun, R.A. Kosasih memperkaya dengan cerita lokal. Tak hanya itu, Sri Asih mampu menuai kesuksesan karena cerita yang ditawarkan kala itu sangat relevan pada kondisi era tersebut.

(kpl/dim)

Editor: Dhimas Nugraha


REKOMENDASI
TRENDING