14 Tahun Vakum, Sutradara Adisurya Abdy Berikan Film Sejarah Untuk Anak Muda

Selasa, 28 November 2017 21:15 Penulis: Tyssa Madelina
14 Tahun Vakum, Sutradara Adisurya Abdy Berikan Film Sejarah Untuk Anak Muda © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

Kapanlagi.com - Setelah vakum 14 tahun di dunia perfilman, sutradara senior Adisurya Abdy kembali menggarap film terbaru berjudul STADHUIS SCHANDAAL. Selama tak produksi film, Adisurya Abdy tak berdiam diri. Dia lebih sibuk menulis novel, maupun membuat sebuah skenario baru.

"Ya 14 tahun itu bukan vakum, orang film kan jadi pegawai dari dirinya sendiri. Jadi kalo meliburkan diri, liburnya sebentar atau paNjang. Kebetulan saya liburnya panjang. Nah, saya libur itu kan cuma libur produksi. Tapi saya banyak aktivitas, seperti menulis. Banyak aktivitas saya," kata Adisurya saat ditemui di sela-sela syuting film Stadhuis Schandaal di Kota Tua, Jakarta Utara, Senin (27/11/2017).

STADHUIS SCHANDAAL merupakan film pertama Adisurya Abdy setelah tak memproduksi film selama 14 tahun. Bagi Adisurya Abdy, banyak perubahan yang terjadi di industri perfilman Indonesia. Menurutnya, film Indonesia semakin hari makin berkembang. Apalagi, muncul sineas-sineas baru yang membuat dirinya semangat untuk membuat film terbaru.

STADHUIS SCHANDAAL merupakan film pertama Adisurya Abdy setelah tak memproduksi film selama 14 tahun. © KapanLagi.com/Fikri Alfi RosyadiSTADHUIS SCHANDAAL merupakan film pertama Adisurya Abdy setelah tak memproduksi film selama 14 tahun. © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

"Kenapa saya mau buat film ini (STADHUIS SCHANDAAL)? Ada yang menarik dari kondisi perfilman Indonesia. Perfilman kita semakin membaik, ada sineas-sineas baru. Makanya saya juga ikut dengan memproduksi film," katanya.

Di film terbarunya ini, Adisurya Abdy memberikan cerita edukasi bagi penontonton. Dengan latar belakang sejarah, namun film ini dikemas menjadi modern. Sehingga, anak-anak muda jaman sekarang bisa banyak tahu tentang sejarah jaman dulu.

"Menawarkan sesuatu berbeda. Tapi tetap kekinian. Kurang sekali film-film kecerdasan dengan memasukan unsur-unsur sejarah tapi dengan format kekinian. Ini mungkin juga memberikan generasi baru banyak mengetahui sejarah, memberikan ruang kecerdasan," ujarnya.

Yang menarik di film ini, Adisurya Abdy mengambil sejumlah aktor maupun aktris baru yang terjun di dunia film. Menurutnya, banyak pemain baru di filmnya ini.

Dalam film ini, Adisurya Abdy mengambil sejumlah aktor maupun aktris baru yang terjun di dunia film. © KapanLagi.com/Fikri Alfi RosyadiDalam film ini, Adisurya Abdy mengambil sejumlah aktor maupun aktris baru yang terjun di dunia film. © KapanLagi.com/Fikri Alfi Rosyadi

"Pemain inti di film ini justru pemain baru. Tidak ada ada pemain yang sudah masuk dalam kategori artis film papan atas atau tengah. Pertama pwmain lama harganya mahal artinya dia menyerap produkainya besar. Lalu, yang utama pemain-pemain yang udah punya nama itu jadwalnya susah, itu yang paling berat," tutupnya.

STADHUIS SCHANDAAL mengisahkan tentang mahasiswi Ilmu Budaya Universitas Indonesia bernama Fei. Dalam sebuah tugas kampus, Fei bertemu dengan Sarah, seorang gadis cantik berdarah Belanda-Jepang.

Fei merasa bahwa ada satu kekuatan dari Sarah yang memintanya untuk mendekat. Dengan senyum yang lembut tulus memikat, Sarah lalu menyentuh Fei, dan seketika masa kini beralih ke masa lalu. Persisnya Fei dibawa oleh Sarah menembus lorong waktu menuju Batavia pada tahun 1628. Lantas, apa yang kemudian terjadi berikutnya?

Film ini diproduksi oleh PT Xela Film, dengan produser Omar Jusma. Sejumlah bintang ternama terlibat dalam pembuatan film ini, di antaranya Amanda Rigbi, Rency Millano, Volland Humonggio, George M Taka, Roweina Umboh, Septian Dwicahyo, dan masih banyak lagi.

Jangan Lewatkan!

(kpl/far/tmd)

Reporter:

Fikri Alfi Rosyadi


REKOMENDASI
TRENDING