15 Siswa SMK Indonesia Garap Film Animasi Bertaraf Internasional

Rabu, 17 Agustus 2016 15:52 Penulis: Risang Sudrajad
15 Siswa SMK Indonesia Garap Film Animasi Bertaraf Internasional Talkshow Pop Con Asia 2016 © Kapanlagi.com®/Mathias Purwanto

Kapanlagi.com - Festival kreatif Asia yakni Pop Con Asia 2016 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat mendapat perhatian khusus dari ribuan anak muda Indonesia. Event yang digelar selama tiga hari (12-14 Agustus) ini menghadirkan beragam kegiatan kreatif yang mampu menginspirasi banyak anak muda Indonesia.

Dari sekian banyak agenda, penampilan animator kelas dunia, Kevin Jackson dalam sebuah talkshow menjadi yang paling di tunggu. Seperti diketahui, Kevin Jackson adalah animator kelas dunia yang menggarap film animasi terkenal, seperti HOTEL TRANSYLVANIA dan ALVIN AND THE CHIPMUNKS.

Hadir pula beberapa nama besar di dunia animasi seperti Chris Lie (animator Indonesia yang terlibat dalam comic GI Joe, Return to Labyrinth, serta action figures seperti Iron Man 3, dan Amazing Spiderman). Ada juga Daniel Harjanto (pelopor industri animasi modern Indonesia, yang merupakan pendiri Kinema di Batam, studio animasi terbesar di Indonesia).

Daniel Harjanto akan libatkan para siswa SMK untuk film animasi berjudul PASOA DAN SANG PEMBERANI © Kapanlagi.com®/Mathias PurwantoDaniel Harjanto akan libatkan para siswa SMK untuk film animasi berjudul PASOA DAN SANG PEMBERANI © Kapanlagi.com®/Mathias Purwanto


Dalam talkshow tersebut, dibicarakan tentang sebuah rencana besar penayangan film animasi berjudul PASOA DAN SANG PEMBERANI yang bakal ditayangkan bulan November mendatang di bioskop. Film ini merupakan karya anak bangsa. Mereka adalah 15 siswa SMK Raden Umar Said, Kudus, Jawa Tengah.

"Para siswa SMK terlibat dari awal proses, mulai dari pengembangan konsep, dan desain karakter. Tentunya mereka juga dibantu guru dan mentor," jelas Daniel Harjanto selaku technical advisors di RUS Animation Studio.

RUS Animaton Studio jelas memberikan dukungan penuh untuk film karya anak bangsa ini. Dalam penggarapannya, siswa SMK ini diberikan fasilitas mentereng seperti studio animasi bertaraf internasional dan pengajar profesional sebagai pendamping. Film animasi PASOA DAN SANG PEMBERANI bercerita tentang hewan mitologi yang bernama Pasoa yang merupakan perwujudan dari beberapa hewan di Indonesia. Pasoa hadir untuk melindungi kekayaan hayati di negeri ini.

"Proses pembuatan Pasoa Sang Pemberani oleh SMK RUS tentu membutuhkan waktu yang tidak singkat. Djarum Foundation ingin mendorong semangat kreatif anak-anak sekolah kejuruan di daerah, salah satunya melalui dukungannya terhadap SMK RUS di Kudus, Jawa Tengah," terangnya.

(kpl/pur/abl)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING