4 Fakta Menarik Film 'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' Yang Wakili Indonesia Berkompetisi di Oscar 2021

Rabu, 11 November 2020 15:13 Penulis: Editor KapanLagi.com
4 Fakta Menarik Film 'PEREMPUAN TANAH JAHANAM' Yang Wakili Indonesia Berkompetisi di Oscar 2021 Ivanhoe Picture via Imdb

Kapanlagi.com - Kabar membanggakan datang dari dunia perfilman Indonesia yang akan bersaing di ajang penghargaan film dunia Oscar 2021. Film garapan Joko Anwar dengan judul PEREMPUAN TANAH JAHANAM akan bersaing merebutkan piala Oscar 2021 dalam kategori Best International Feature Film yang dulunya bernama Best Foreign Film. Terpilihnya film PEREMPUAN TANAH JAHANAM dianggap sudah memenuhi beberapa kriteria, mulai dari penyutradaraan hingga skenarionya.

Tidak hanya kriteria yang dipenuhi, film ini juga menunjukkan bagaimana  nilai-nilai lokal yang ada di Indonesia bisa diperlihatkan ke seluruh dunia. Film bergenre horor-thriller ini dibintangi oleh beberapa artis kenamaan asal Indonesia, seperti Tara Basro, Marissa Anita, Asmara Abigail, dan Christine Hakim. Pastinya keberhasilan dari film ini membuat publik terkesan dengan prestasi yang di torehkan. Berikut beberapa fakta film PEREMPUAN TANAH JAHANAM yang tembus Piala Oscar.

1. Ide Cerita Yang Didapatkan Dari Mimpi

https://twitter.com/jokoanwar/status/1187943001898680320


Joko Anwar melalui akun twitternya menyatakan bahwa ia mendapatkan ide cerita dari mimpi. Mimpi yang ia dapatkan pun sedari tahun 2009, di mimpinya ia sedang berada di sebuah desa dan melihat seorang perempuan tua di depan sebuah rumah. Dari mimpi tersebur Joko Anwar baru di tahun 2018 menunjukkan sebuah skenario berjudul PEREMPUAN TANAH JAHANAM kepada Ivanhoe Pictures, dan mereka menyukainya.

2. Lokasi Syuting Yang Asli

photo by Joko Anwar via Twitterphoto by Joko Anwar via Twitter


Rumah besar yang terdapat di cerita film PEREMPUAN TANAH JAHANAM ternyata rumah tua yang memang sudah tidak dihuni selama 30 tahun. Dengan kondisi rumah yang diisi pepohonan yang menjalar dirasa sangat cocok untuk cerita tersebut. Lalu dengan lokasi desa, tim mencari selama 3 bulan dan mereka mendapatkan sebuah desa yang terletak di tengah hutan dan satu desa lagi di kaki gunung Ijen. Memang membutuhkan tenaga yang ekstra untuk menemukan lokasi syuting yang sesuai dengan visi dan kebutuhan skenario. Selain itu agar bisa mendapatkan atmosfer yang otentik.

3. Para Pemain Persiapkan Peran Dengan Terjun Langsung ke Lapangan.

Ivanhoe Picture via ImdbIvanhoe Picture via Imdb

Demi mempersiapkan peran masing-masing, Tara Basro dan Marissa Anita turun langsung ke pasar dan pemukiman warga untuk bisa menemukan gaya bicara, jalan yang sesuai dengan mereka.

4. Pecahkan Rekor Nominasi Terbanyak

Kerja keras setiap tim film terbayar dengan hasil yang sangat memuaskan. PEREMPUAN TANAH JAHANAM masuk ke dalam nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020, mulai dari Film Cerita Panjang Terbaik, Sutradara Terbaik, Pemeran Utama Perempuan Terbaik, Pemeran Utama Pria Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Pemeran Pendukung Wanita Terbaik. Ditambah dengan Pengarah Sinematrografi Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penata Efek Visual Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Penata Suara Terbaik, Penata Musik Terbaik, Pencipta Lagu Tema Terbaik, Penata Busana Terbaik, Penata Rias Terbaik. Maka dari itu tidak heran jika film ini memecahkan rekor nominasi terbanyak sepanjang sejarah Festival Film Indonesia.

Penulis  : Felecia Syadina

 

 

(kpl/mag)


REKOMENDASI
TRENDING