FILM INDONESIA

5 Rekomendasi Film Pendek Indonesia Untuk Temani Hari-Harimu Seminggu Ini

Senin, 13 September 2021 21:08 Penulis: Editor KapanLagi.com

Anak Lanang (credit: ravacanafilms.com/films/anak-lanang), Menanti Keajaiban (credit: imdb.com), Lemantun (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film-film pendek selalu jadi pilihan yang tepat saat kamu butuh tontonan yang terhitung singkat namun punya makna mendalam. Banyak banget kisah-kisah yang bahkan tidak akan pernah kamu bayangkan, ditampilkan di dalam film pendek. Baik film pendek luar negeri maupun dalam negeri, semuanya selalu menarik dan bikin penasaran.

Kali ini ada 5 rekomendasi film pendek karya anak bangsa yang bisa kamu tonton di sela-sela kesibukanmu hari ini. Bukan film sembarang film, masuk ajang penghargaan festival-festival film nasional maupun internasional sepertinya sudah hal yang pasti bagi mereka. Cukup luangkan waktu sekitar 10-20 menit saja, pilih salah satu atau bahkan langsung tonton semuanya, bebas!

Film-film pendek ini bahkan bisa dengan mudah kamu akses melalui YouTube, KLovers. Mau menghangatkan hati dengan kisah menyentuh? Atau lagi pingin yang bisa mengundang gelak tawa tapi tetap punya nilai yang bisa dipetik? Atau mau yang ada sentuhan romantisnya? Paket lengkap deh pokoknya!

Ini dia 5 rekomendasi film pendek karya dalam negeri spesial buat kamu, ditengok dulu deh!

1. 'MENANTI KEAJAIBAN'

Bagaimana rasanya ketika kamu menjadi tokoh atau karakter dalam cerita seorang penulis? Film ini mengisahkan Kinan dan Karin yang perkenalannya di mulai di dalam sebuah tokoh kacamata milik Kinan dengan akhir yang masih dipikirkan oleh si penulisnya. Kira-kira ceritanya bakal jalan sesuai keinginan karakter apa penulisnya ya? Apa sebenarnya cerita itu cerminan dari penulisnya sendiri? Nonton aja dulu deh.

Film pendek garapan Angga Dwimas Sasongko ini jadi film yang ringan dengan kisah yang menarik banget buat ditonton, KLovers. Film yang rilis pada tahun 2020 ini telah ditonton ratusan ribu orang lho, bisa kamu akses di YouTube! Beberapa nama aktor-aktris ternama seperti Wafda Saifan, Aghniny Haque, Ganindra Bimo, dan Niken Anjani pun menjadi pemeran dalam film pendek ini. Gimana, penasaran mau nonton nggak nih?

2. 'ELEGI MELODI'

Di umur berapa kamu bisa wujudkan impianmu? Jikalau sudah beranjak dewasa nanti hingga punya keluarga dan usia terus bertambah tapi belum juga kesampaian bakal terus kamu kejar nggak tuh impianmu? Kisah mengharukan seorang Ibu bernama Melodi yang meskipun cukup buat nangis bawang tapi tetap dibumbui dengan aksen-aksen komedi, bikin film pendek ini cocok buat temani harimu.

ELEGI MELODI merupakan garapan dari Jason Iskandar. Film pendek buatan tahun 2018 lalu ini bahkan mampu masuk nominasi Film Pendek Terbaik dalam Piala Citra Festival Film Indonesia 2018, keren sih! Film ini bakal bikin kamu tertawa-nangis-tertawa-nangis, berkesan banget! Ditonton dulu deh! 

 

3. 'LEMANTUN'

Ini nih film pendek yang kisahnya terinspirasi dari kisah asli milik keluarga penulisnya. Film pendek LEMANTUN ini berkisah tentang seorang ibu yang mengumpulkan kelima anaknya untuk dibaginya warisan darinya berupa lemari! Siapa sangka, lemari-lemari tersebut dulunya dibeli satu-persatu ketika setiap anak lahir. Terus gimana ya reaksi para bersaudara ini? 

Film tulisan dan hasil sutradara dari Wregas Bhanuteja ini bahkan mampu menyabet beberapa penghargaan seperti Film Pendek Terbaik XXI Short Film Festival 2015, Film Pendek Terbaik Apresiasi Film Indonesia 2015, dan Film Pendek Terbaik Piala Maya 2015. Bakal masuk wishlist tontonanmu minggu ini tidak? Recommended banget! 

 

4. 'WEI'

Saat seorang anak berpindah kepercayaan yang berbeda dari orang tuanya, akankah ia masih diterima oleh keluarganya? Film pendek berjudul WEI besutan Samuel Rustandi ini bawakan kisah yang tidak biasa namun tetap penuh makna. Film ini memerankan mendiang Henky Solaiman dan juga Dayu Wijanto sebagai ayah dan anak.

Yang unik dari film pendek ini adalah, tidak banyak dialog yang dimainkan bahkan dari Henky Solaiman sendiri seperti tidak berdialog sama sekali namun pesannya tetap bisa tersampaikan. Mengangkat isu tentang agama dan kepercayaan serta ada unsur budaya yang diselipkan dalam film pendek ini buatnya makin spesial. Nonton dulu yuk KLovers supaya tidak penasaran!

 

5. 'ANAK LANANG'

Rekomendasi film pendek yang terakhir ini berjudul ANAK LANANG besutan Wahyu Agung Prasetyo. Film pendek yang full berisi dialog berbahasa jawa sehari-hari ini berhasil membuat para penontonnya terhibur dengan aksi empat anak SD dalam kisahnya di perjalanan pulang sekolah dengan menaiki becak langganan mereka. 

Percakapan yang mereka lakukan benar-benar sesuai dengan anak seumuran mereka kini, tetapi coba deh kamu tonton dan cari apa yang istimewa dari film pendek ini. Fun Fact! Film pendek ini menjalani satu kali pengambilan gambar atau dengan teknik one shot, bayangkan bisa sebagus ini dalam one shot? Salut banget! Film ini juga berhasil masuk hingga memenangkan penghargaan-penghargaan festival film, layak banget sih!

Nah itu dia KLovers rekomendasi beberapa film pendek untuk isi hari-harimu sepanjang minggu ini. Kalau kamu suka bosan nonton film yang terlalu panjang, film pendek ini cocok banget buat kamu! Meski hanya berdurasi singkat, ceritanya dalem banget dan begitu bermakna. 

Hari ini mau nonton yang mana, KLovers?

Artikel ini ditulis oleh: Elisabeth Marie N. D. 

 


REKOMENDASI
TRENDING