FILM INDONESIA

11 Rekomendasi Film Drama Keluarga Indonesia Seru dan Menyentuh, Cocok Isi Waktu Liburan

Selasa, 14 Juni 2022 16:55

Rekomendasi Film Drama (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Cukup banyak orang yang mencari rekomendasi film drama untuk dijadikan pilihan tontonan. Ya, drama memang menjadi salah satu genre film yang cukup diminati sejak dulu hingga kini. Pasalnya, cerita film drama menghadirkan konflik seputar kehidupan sehari-hari sehingga terasa sangat realistis. Bahkan tak jarang, ada penonton yang mungkin merasa punya pengalaman yang serupa di film drama.

Meski diangkat dari konflik sehari-hari, cerita di film drama tetap menarik untuk diikuti. Malahan, film drama menjadi salah satu genre yang cukup menguras emosi. Dengan mudahnya, penonton akan ikut bersimpati, terbawa perasaan, merasakan susah senang yang dialami tokoh di film tersebut. Jadi siap-siap saja, bakal teraduk emosinya saat nonton film drama.

Bagaimana, tertarik menonton rekomendasi film drama? Jika iya, langsung saja simak daftarnya berikut ini.

1. NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (NKCTHI)

NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI (NKCTHI) jadi salah satu film yang sempat jadi sorotan di tahun 2020 lalu. Menariknya, film ini merupakan adaptasi dari sebuah buku berisi quotes dengan judul yang sama, NKCTHI. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga dengan tiga orang anak yang semula terlihat baik-baik saja.

Sampai suatu ketika, si bungsu Awan mendapatkan sebuah tekanan dari orangtuanya. Awan mengalami kegagalan pertama yang cukup besar baginya. Kegagalan itu sempat membuatnya terpuruk dan mempengaruhi kondisi keluarganya. Sebab, bermula dari peristiwa itu, sebuah rahasia keluarga terungkap.

Banyak penonton yang merasa relate dengan film ini. Hal ini menjadi alasan yang cukup kuat mengapa kalian tak boleh melewatkan rekomendasi film drama yang satu ini

2. KELUARGA CEMARA

Siapa yang tak tahu film KELUARGA CEMARA? Rekomendasi film drama yang satu ini merupakan bentuk adaptasi dari sinetron yang sempat hits di tahun 90-an. Film ini berkisah tentang sebuah keluarga harmonis yang diterpa cobaan berat. Kehidupannya berubah drastis setelah sang ayah mengalami penipuan. Alhasil, kini keluarga tersebut kini harus beradaptasi dengan hidup yang serba kekurangan.

Film keluarga ini banyak memberikan pelajaran hidup berharga. Mulai hidup bersyukur, hingga cara menjaga hubungan dalam sebuah keluarga. Maka dari itu, KELUARGA CEMARA bisa jadi film keluarga yang tidak bakal ada bosannya meski sudah ditonton puluhan kali.

3. LOSMEN BU BROTO

Rekomendasi film drama berikutnya ini masih terbilang baru, yaitu LOSMEN BU BROTO. Sama seperti KELUARGA CEMARA, juga merupakan adaptasi. Film ini diadaptasi dari karya sandiwara lama yang dulu tayang di TVRI pada tahun 1980-an. 

Film ini berkisah tentang keseharian keluarga Bu Broto yang mengelola sebuah losmen. Di keseharian, Bu Broto dibantu oleh ketiga anaknya yaitu Mbak Pur, Jeng Sri, dan Tarjo. Hubungan keluarga ini begitu hangat sampai suatu konflik menerpa mereka. Penasaran, apa konflik yang sebenarnya mendera mereka?

Langsung saja tonton rekomendasi film keluarga yang dibintangi sejumlah nama besar seperti Maudy Koesnaedi, Mathias Muchus, Putri Marino, Maudy Ayunda, dan Baskara Mahendra ini.

4. SI DOEL THE MOVIE

Bagi kalian penggemar sinetron SI DOEL ANAK SEKOLAHAN, tentu wajib hukumnya untuk nonton rekomendasi film drama berikut ini. Pasalnya, rekomendasi keempat yang berjudul SI DOEL THE MOVIE ini merupakan kelanjutan dari kisah cinta segitiga Doel, Zaenab, dan Sarah. 

Cerita film ini berputar pada perasaan dilematis yang dialami si Doel. Perasan rindu mengantarkan si Doel ke Belanda untuk menemui Sarah yang sudah 14 tahun menghilang dari kehidupannya. Dalam perjalanannya itu, si Doel baru mendapati fakta bahwa dirinya mempunyai seorang anak laki-laki dari Sarah. Di lain sisi, si Doel telah mengikat janji pernikahan dengan Zaenab.

Kira-kira, siapa yang akan dipilih si Doel? Temukan Jawabannya dengan menonton langsung kisahnya.

5. ALI & RATU-RATU QUEENS

ALI & RATU-RATU QUEENS bisa jadi opsi tontonan film keluarga yang menghibur sekaligus menyentuh. Film ini berkisah tentang seorang tokoh bernama Ali yang diperankan Iqbaal Ramadhan yang mencari ibunya hingga ke New York. Ali pergi sendiri ke New York untuk menemui ibunya. Di sana, Ali kemudian bertemu dengan empat perempuan paruh baya yang menyebut diri mereka sebagai para Queens.

Dengan bermodalkan petunjuk yang terbatas, Ali akhirnya juga berhasil menemukan keberadaan sang ibu. Sayangnya, pertemuan itu tak berjalan sesuai keinginan Ali. ALI & RATU-RATU QUEENS menjadi film bergenre drama yang lengkap. Ada sedih juga lucu, membuat film ini sangat cocok untuk mengisi waktu senggang kalian.

6. JUST MOM

Jika kalian ingin mencari rekomendasi film drama yang mengharukan, JUST MOM bisa jadi pilihan yang tepat. Film drama keluarga ini digarap oleh sutradara Jeihan Angga dan diproduseri Hanung Bramantyo. JUST MOM bercerita tentang kehidupan seorang ibu, bidan, bernama Bu Siti.

Bu Siti yang diam-diam mengidap kanker tinggal sendiri di rumahnya, sejak ketiga anaknya dewasa dan mulai menjalani hidupnya masing-masing. Suatu ketika Bu Siti bertemu dengan seorang wanita hamil yang mengalami gangguan jiwa. Kemudian, Bu Siti memutuskan untuk merawatnya di rumah. Wanita itu lantas mengobati kesepian Bu Siti. 

JUST MOM jadi film keluarga yang menyentuh dan penuh haru. Menonton film ini bakal membuat kalian seketika kangen rumah dan rindu pelukan ibu. Jadi jangan lupa, untuk siap sediakan tisu sebelum menontonnya!

7. TAMPAN TAILOR

Rekomendasi film keluarga berikutnya adalah TAMPAN TAILOR. Film ini merupakan film dengan genre keluarga yang bakalan bikin kalian tersentuh. Dirilis tahun 2013 silam, film TAMPAN TAILOR menghadirkan peran menawan Vino G. Bastian, Marsha Timothy, Ringgo Agus Rahman, Jefan Nathanio dan lainnya.

Sinopsis TAMPAN TAILOR berkisah mengenai perjuangan seorang ayah rupawan bernama Topan yang berprofesi sebagai penjahit. Ia merupakan ayah tunggal bagi buah hatinya bernama Bintang. Topan menghadapi situasi sulit saat toko jahitnya yang menjadi tumpuan hidup keduanya hilang.

Demi menghidupi buah hati tercinta, Topan rela melakukan apapun untuk kebahagiaan anak. Ia mencoba berbagai cara agar bisa menghidupi sang buah hati. Dari menjadi kuli bangunan, calo tiket, hingga stuntman rela Topan lakukan. Perjuangan Topan mulai membuahkan hasil saat dirinya perlahan mulai bangkit lagi dengan bantuan Prita, seorang wanita penjaga kios. Berbagai kisah dalam film TAMPAN TAILOR sukses bikin kalian baper dan tersentuh melihat perjuangan seorang ayah.

8. SABTU BERSAMA BAPAK

SABTU BERSAMA BAPAK juga menjadi rekomendasi film keluarga yang sayang buat dilewatkan. Film ini dirilis pada tahun 2016 silam. Di sutradarai oleh Monty Tiwa, SABTU BERSAMA BAPAK diperankan oleh beberapa bintang ternama seperti Abimana Aryasatya, Ira Wibowo, Deva Mahenra, Arifin Putra, Acha Septriasa dan lainnya.

Sedangkan untuk sinopsis SABTU BERSAMA BAPAK berkisah mengenai seorang ayah bernama Gunawan yang memiliki penyakit kronis hingga membuat usianya tak lama lagi. Gunawan membuat rekaman berisi pesan-pesan untuk buah hatinya sebelum tutup usia. Dari rekaman ini pula istri dan anak-anaknya selalu menonton setiap hari Sabtu. Namun, sang ibu ternyata juga menyimpan rahasia yang tidak diketahui kedua anaknya.

Di mana Itje, istri Gunawan memiliki penyakit kronis. Tak ingin merepotkan sang anak, Itje memilih merahasiakannya. Akankah rahasia Itje tersebut terbongkar? Film SABTU BERSAMA BAPAK bakalan bikin kalian baper melihat hubungan antara orang tua dan anak-anaknya.

9. RUMAH TANPA JENDELA

RUMAH TANPA JENDELA juga menjadi rekomendasi film keluarga yang sayang banget kalian lewatkan. Film ini dirilis pada tahun 2011 silam dengan menghadirkan peran menawan Emir Mahira, Dwi Tasya, Raffi Ahmad, Inggrid Widjanarko, Yuni Shara dan lainnya.

Sinopsis RUMAH TANPA JENDELA berkisah mengenai gadis kecil bernama Rara yang tinggal di rumah yang sangat sederhana. Rumah tersebut berada di lingkungan kumuh dan padat. Tidak hanya sendiri, Rara tinggal bersama nenek dan ayahnya Raga. Pekerjaan ayah Rara dengan penghasilan rendah membuat keluarga ini harus menelan pahitnya kehidupan.

Karenanya, rumah tinggal mereka terbilang sangat sederhana berbahan tripleks bekas bahkan tanpa jendela. Rara memiliki keinginan agar rumahnya dapat memiliki jendela seperti rumah teman-temannya. Namun, keadaan membuat Rara bersabar diri menerima kondisi keluarganya. Situasi semakin sulit ketika perkampungan tempat tinggal Rara terjadi kebakaran. Mau tahu kelanjutan kisahnya? Film ini sangat cocok kalian tonton bersama keluarga tercinta.

10. SUPER DIDI

SUPER DIDI juga termasuk film Indonesia dengan genre keluarga. Film ini rilis pada tahun 2016 silam diperankan oleh Vino G. Bastian, Karina Nadila, Mathias Muchus dan lainnya. Bergenre keluarga, SUPER DIDI mengisahkan mengenai seorang ayah bernama Arka.

Arka berprofesi sebagai arsitek muda yang memiliki dua anak kembar. Di tengah kesibukannya, Arka harus menjaga kedua buah hatinya selama 2 minggu saat sang istri bekerja di luar negeri. Dikejar oleh deadline, Arka menghadapi situasi sulit saat harus mengurus buah hati bersamaan dengan pekerjaannya.

Kekacauan terjadi saat Arka menjadi harus menjadi ibu dan ayah sekaligus. Ia pun menggunakan jadwal harian yang dibuat sang istri untuk mengurus anak-anak kembarnya. Film berjudul SUPER DIDI ini juga mengandung bumbu komedi yang bakalan menghibur kalian saat nonton bersama keluarga.

11. EYANG TI

EYANG TI menjadi rekomendasi film keluarga yang begitu menyentuh. Film ini rilis pada tahun 2021 lalu diperankan oleh Cut Beby Tsabina dan Widyawati. Berdurasi 80 menit, EYANG TI mengisahkan mengenai seorang ibu sekaligus mertua dan nenek bernama Eyang Murti.

Eyang Murti memiliki hubungan kurang baik dengan menantunya. Hingga suatu ketika, sang anak memutuskan memasukkan ibunya ke Panti Jompo. Namun bukannya membuat keadaan semakin membaik, kehidupan anak-anak Murti justru semakin diliputi banyak masalah. Hingga sebuah rahasia masa lalu keluarga ini perlahan mulai terungkap. Nares yang dikenal dekat Eyang Murti menghadapi situasi rumit keluarganya dan fakta masa lalu mereka.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film drama keluarga Indonesia yang seru dan menyentuh. Selamat menonton!


REKOMENDASI
TRENDING