FILM INDONESIA

6 Rekomendasi Film Horor Indonesia 2020 yang Seram dan Seru, Tetap Menyeramkan untuk Ditonton Sekarang

Senin, 25 Juli 2022 12:33

Rekomendasi Film Horor Indonesia 2020 (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Film horor selalu punya peminatnya sendiri. Khusus bagi kalian pecinta genre horor, pasti setuju bahwa film horor Indonesia punya feel tersendiri. Pasalnya, film horor Indonesia sering kali punya cerita yang dekat dengan latar, adat, mitos, dan kepercayaan yang ada masyarakat. Maka tak heran jika rekomendasi film horor 2020 jadi salah satu yang banyak orang cari.

Setiap tahunnya, di Indonesia bermunculan banyak judul film horor yang tayang di bioskop maupun layanan streaming. Begitu pula di tahun 2020 lalu, yang juga dipenuhi beberapa film horor unggulan. Meski sudah terlewat, rekomendasi film horor Indonesia 2020 tetap akan seru jika ditonton saat ini.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi film horor indonesia 2020 yang seram dan seru.

1. SEBELUM IBLIS MENJEMPUT AYAT 2

Rekomendasi film horor Indonesia 2020 yang pertama adalah SEBELUM IBLIS MENJEMPUT AYAT 2. Sesuai dengan judulnya, film ini merupakan kelanjutan dari SEBELUM IBLIS MENJEMPUT 1 yang tayang pada 2018. Pasalnya, di kelanjutan yang kedua ini, cerita kehidupan Alvie dan adiknya berlanjut. Namun teror demi teror iblis masih mereka alami bahkan jadi lebih mengerikan.

SEBELUM IBLIS MENJEMPUT AYAT 2 berfokus pada Alvie dan adiknya, Nara yang berusaha melanjutkan hidup. Namun kehidupan normal yang didambakan mereka tak pernah didapatkan. Alvie dan Nara juga dihantui oleh rasa bersalah dan bayang-bayang iblis. Bahkan, ketika mereka akhirnya mendapatkan teman, kehidupan Alvie dan Nara tidak juga membaik. Malahan, iblis turut mengincar teman-teman di sekitarnya. 

2. ASIH 2

ASIH 2 menjadi rekomendasi film horor 2020 yang kedua. Film ASIH 2 yang merupakan spin off dari DANUR bercerita tentang teror hantu wanita bernama Asih. Cerita ASIH 2 bermula saat sebuah mobil menabrak seorang anak. Saat di bawa ke rumah sakit, seorang dokter yang sempat kehilangan anak akhirnya ingin mengadopsi bocah tersebut. Setelah mendapatkan izin suami, anak tersebut dibawa pulang.

Sayangnya, alih-alih membawa kebahagiaan sebagai pelipur lara pengganti anak yang meninggal, si anak adopsi justru membawa banyak keanehan. Anak yang diberi nama Ana itu berubah jadi misterius dan bertingkah menyeramkan. Belakangan terungkap, bahwa anak yang dibawa pulang ke rumah itu merupakan jelmaan Asih yang selama ini telah lama mengasuh Ana.

3. RASUK 2

Selanjutnya di daftar rekomendasi film horor Indonesia 2020, ada film berjudul RASUK 2. Film RASUK 2 punya cerita yang tak kalah seru dibandingkan dua film yang disebutkan sebelumnya. Film ini juga merupakan adaptasi novel laris Risa Saraswati. RASUK 2 berkisah tentang kehidupan seorang calon dokter yang sedang koas di bangsal forensik.

Tokoh utama tersebut kebetulan merupakan seorang anak indigo. Alhasil, banyak kejadian aneh terjadi selama dia melakukan praktik membedah mayat. Walaupun merasa tak nyaman, tokoh tersebut tetap harus melakukan tanggung jawab. Berbagai kejadian aneh di ruang otopsi mengantarkannya untuk mengungkap sebuah misteri besar yang selama ini tak terungkap.  

4. JANIN

Rekomendasi film horor Indonesia yang keempat berjudul JANIN. Film JANIN mempunyai cerita yang seram dan mengerikan, khususnya bagi ibu-ibu yang tengah mengandung. Pasalnya, sesuai dengan judulnya cerita di film JANIN berkaitan erat dengan kehamilan dan janin dalam kandungan seorang ibu. Di film ini, dikisahkan terdapat makhluk tak kasat mata yang menebar teror dengan mengambil janin dalam perut wanita hamil.

Salah satu wanita yang mengalami teror itu adalah, seorang wanita bernama Dinar. Perempuan yang tengah hamil itu, mengalami teror mengerikan yang dimulai dari sebuah mimpi aneh. Setelah mimpi itu, banyak keanehan-keanehan terjadi. Belakangan, dia tersadar bahwa teror bermula setelah dia berjumpa dengan tetangganya yang bernama Ibu Sukma.

5. MANGKUJIWO

Kuntilanak jadi salah satu hantu urban legend di Indonesia. Sosok hantu yang digambarkan sebagai perempuan dengan rambut panjang dan baju putih ini sering muncul dalam film. Namun ternyata, ada satu film khusus yang menceritakan tentang asal mula hantu kuntilanak. Film itu adalah MANGKUJIWO yang juga termasuk dalam rekomendasi film horor Indonesia 2020.

MANGKUJIWO bercerita tentang pertengkaran perebutan kekuasaan oleh dua orang yang menguasai ilmu hitam, Cokrokusumo dan Brotoseno. Pertengkaran itu dimenangkan oleh Cokrokusumo. Namun, Brotoseno tak mau mengalah begitu saja.

Dia melayangkan aksi balas dendam lewat sosok Kanti, seorang wanita simpanan Cokrokusumo yang sedang hamil anak Cokrokusumo. Kanti dipaksa menggugurkan anaknya dan jadi korban fitnah. Tak sampai di situ, Brotoseno juga menggunakan Kanti sebagai objek untuk ritual sesat yang berakhir dengan menjadikannya kuntilanak.  

6. SURAT DARI KEMATIAN

Selanjutnya di daftar rekomendasi film horor 2020, ada film berjudul SURAT DARI KEMATIAN. Film ini tak saja menyeramkan, tapi juga punya cerita yang unik. Cerita bermula dari urban legend sosok bernama Mbak Rohana yang terkenal tinggal di sebuah jembatan di Yogyakarta.

Kemudian, ada sosok Zein yang terobsesi membuat konten tentang sosok Mbak Rohana. Dia berusaha untuk membuktikan keberadaan Mbak Rohana. Belum mendapatkan hasil yang sesuai harapan, Zein justru mendapat surat misterius. Di surat itu tertulis, bahwa siapapun orang yang di dekat Zein akan dibunuh satu per satu. Apa yang tertulis di surat itu terbukti. Kini, Zein harus memburu pengirim itu untuk menghentikan semuanya.

Itulah di antaranya beberapa rekomendasi film horor Indonesia 2020. Selamat menonton!

REKOMENDASI
TRENDING