FILM INDONESIA

6 Rekomendasi Film Inspirasi dan Motivasi, Berasal dari Berbagai Negara

Senin, 22 Agustus 2022 12:55

Rekomendasi Film Inspirasi (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Film tak saja jadi tontonan hiburan di kala penat. Lebih dari itu, bagi sebagian orang, film bisa jadi satu media untuk menemukan inspirasi. Ya, bagi sebagian orang inspirasi jadi hal yang selalu dicari. Sebab, inspirasi dibutuhkan untuk berkarya dan menjalani hari-hari. Untungnya, ada beberapa rekomendasi film inspirasi yang sangat inspiratif.

Predikat film inspiratif biasa disematkan pada film-film yang berhasil menghibur penontonnya. Saat menonton rekomendasi film inspirasi, penonton tidak hanya akan terhibur tapi juga bisa terinspirasi. Selayaknya film-film lainnya, rekomendasi film inspirasi juga bisa jadi hiburan yang menyenangkan di kala bosan. Penasaran, apa saja rekomendasi film yang inspiratif sekaligus menghibur?

Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar dan ulasan singkat tentang rekomendasi film inspirasi berikut ini.

1. LASKAR PELANGI

LASKAR PELANGI menjadi salah satu film paling inspiratif asal Indonesia. Film ini penuh akan pesan inspiratif yang mampu memotivasi penonton untuk mengejar cita-citanya. Secara garis besar, LASKAR PELANGI mengisahkan tentang kesenjangan akses pendidikan di kawasan tertinggal, tepatnya di Belitung pada tahun 1970-an. 

Pada masa itu, di sebuah terdapat sekolah dasar yang nyaris ditutup. Di sekolah itu hanya ada seorang guru dengan 10 muridnya tetap semangat dan ceria untuk menimba ilmu, meski dalam keadaan serba kekurangan.

Tak saja menginspirasi penonton tanah air, LASKAR PELANGI juga jadi salah satu rekomendasi film inspirasi dari Indonesia yang telah diakui dunia. Terbukti, film yang diadaptasi dari novel ini telah memenangkan berbagai penghargaan di kancah internasional.

2. IMPERFECT

Selain LASKAR PELANGI, masih ada beberapa film Indonesia yang berhasil menginspirasi penonton. Salah satunya adalah IMPERFECT. Film IMPERFECT mampu memenangkan hati penonton film Indonesia di tahun 2019, lewat pesannya yang menginspirasi penonton untuk lebih menerima kekurangan dan menyayangi diri sendiri.

IMPERFECT mengisahkan tentang Rara seorang gadis yang digambarkan mempunyai  penampilan berisi. Sayangnya, lantaran penampilan fisiknya itu, Rara harus menerima banyak sekali perlakuan diskriminasi. Akhirnya, Rara memutuskan untuk berusaha mengubah penampilannya. Setelah berhasil menurunkan berat badannya, Rara mendapatkan apa yang dia inginkan, yaitu perlakuan baik dari banyak orang yang selama ini menganggapnya rendah. Namun di lain sisi, ternyata ada hal berharga yang juga hilang dari Rara setelah fisiknya berubah.

3. THE PURSUIT OF HAPPYNESS

Tak saja dari Indonesia, rekomendasi film inspirasi juga datang dari berbagai belahan dunia. Di film produksi Hollywood salah satu film yang dikenal inspiratif adalah THE PURSUIT OF HAPPYNESS. Sesuai dengan judulnya, film ini mengisahkan tentang perjuangan seseorang untuk mendapatkan kebahagiaan.

Dikisahkan, Chris Gardner seorang pengusaha yang tengah terpuruk. Saking terpuruknya, Chris dan sang anak semata wayang bahkan tak mempunyai tempat tinggal. Namun alih-alih mengeluh dan berputus asa, Chris justru pantang menyerah. Dia terus berupaya untuk melakukan berbagai hal yang bisa dia upayakan.

Sepanjang film, penonton akan diajak menyaksikan jalan hidup Chris yang penuh perjuangan. Penonton bakal terinspirasi untuk berusaha sekuat tenaga dalam memperjuangkan impian dan kebahagiaan dalam hidup.

4. EAT PRAY LOVE

Berikutnya di daftar rekomendasi film inpirasi, ada film berjudul EAT PRAY LOVE. Film yang dibintangi Julia Roberts ini memberikan inspirasi untuk penonton agar bisa lebih mengenali dirinya sendiri dengan menemukan apa yang dimau dan disukai. EAT PRAY LOVE mempunyai cerita yang ringan tapi sarat akan makna. Film ini akan sangat cocok dijadikan tontonan hiburan di kala senggang, sekaligus saat kalian tengah cari inspirasi.

EAT PRAY LOVE mengisahkan tentang seorang perempuan yang mulai penat dengan kehidupan kesehariannya. Akhirnya, dia memutuskan untuk melakukan sebuah perjalanan demi menemukan apa yang dia inginkan selama ini.  

5. TARE ZAMEEN PAR

Rekomendasi film inspirasi yang keempat berasal dari Bollywood, India. Film tersebut adalah TARE ZAMEEN PAR. Film ini pertama rilis pada 2007 silam dan langsung meledak di pasaran, termasuk di kalangan pecinta film Bollywood di Indonesia. Secara garis besar, film ini menginspirasi penonton bahwa setiap anak yang terlahir di dunia mempunyai keistimewaannya masing-masing.

Secara garis besar TARE ZAMEEN PAR, mengisahkan tentang seorang anak yang dipandang sebelah mata, lantaran dianggap kurang pintar dalam bidang akademis. Anak tersebut sering dimaki disebut anak pemalas, nakal, bahkan bodoh. Sampai suatu ketika, seorang guru bisa menemukan bakat terpendam yang dimiliki sang anak. Ya, anak yang kurang pandai dalam akademik tersebut ternyata berbakat dalam seni lukis. Bahkan, lewat seni lukis dia bisa membanggakan orang-orang yang dulu meremehkan dirinya.

6. THE BILLIONAIRE

Rekomendasi film inspirasi yang keenam sekaligus terakhir yaitu THE BILLIONAIRE. Rekomendasi film yang satu ini berasal dari negara Gajah Putih, Thailand. Film ini akan sangat cocok ditonton oleh kalian yang sedang cari inspirasi dalam berbisnis. Pasalnya, THE BILLIONAIRE mengisahkan tentang jatuh bangun seorang pemuda dalam merintis bisnis hingga akhirnya bisa besar.

THE BILLIONAIRE bercerita tentang Ittipat berusaha membangun bisnis di usia muda. Namun, tentu memulai bisnis bukan hal mudah. Dia harus mengalami berbagai kegagalan dan kerugian. Bahkan, pemuda yang juga biasa dipanggil Top ini juga harus merelakan mobil kesayangannya dijual. Tak sampai di situ, keadaan ekonomi keluarga yang sedang terpuruk juga menambah sulit situasinya dalam mengembangkan bisnis. Namun Top tak menyerah, dia terus berusaha hingga apa yang dia inginkan akhirnya bisa tercapai.

Itulah beberapa rekomendasi film inspirasi yang penuh motivasi. Selamat menonton!

REKOMENDASI
TRENDING