FILM INDONESIA

6 Rekomendasi Film Sejarah Islam Inspiratif, Menghibur Sekaligus Menambah Wawasan

Minggu, 04 September 2022 10:11

Rekomendasi Film Sejarah Islam (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Islam menjadi agama mayoritas di Indonesia. Bahkan tak hanya di Indonesia, di dunia sekalipun Islam menjadi salah satu agama dengan pemeluk terbanyak. Sebagai salah satu agama terbesar, tentu agama Islam mempunyai sejarah panjangnya sendiri. Nah, tak hanya lewat buku, kini kita juga bisa menilik sejarah agama Islam lewat film. Pasalnya, ada beberapa rekomendasi film sejarah Islam yang pernah diproduksi.

Film tentang sejarah Islam tentu termasuk salah satu tontonan yang wajib ditonton oleh setiap muslim. Sebab lewat beberapa rekomendasi film sejarah Islam tersebut, umat muslim bisa lebih mengenali agamanya sendiri. Apalagi dalam film sejarah agama Islam juga kerap ditampilkan tokoh atau karakter yang sangat inspiratif. Dari kisah para tokoh muslim tersebut, penonton bisa terinspirasi untuk menjaga dan meningkatkan keimanan.

Penasaran, apa saja rekomendasi film sejarah Islam yang menarik untuk ditonton? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak daftar dan ulasannya berikut ini.

1. SANG KIAI

Rekomendasi film sejarah Islam yang pertama adalah SANG KIAI. Film islami dari dalam negeri ini mengisahkan tentang kisah tokoh terkenal, KH Hasyim Asyari. Bagi yang masih asing, beliau merupakan seorang Kiai pemimpin pondok pesantren Tebu Ireng. Tak saja soal agama Islam, film ini juga menyinggung kisah perjuangan bangsa Indonesia.

Pasalnya, KH Hasyim Asyari merupakan salah tokoh yang semasa hidupnya sangat menentang Jepang. Karena sikapnya, KH Hasyim Asyari sempat ditahan. Namun akhirnya, penahanan KH Hasyim Asyari menyulut semangat para santri untuk melakukan perlawanan terhadap Jepang. Ya, tak saja religius, film ini juga cukup nasionalis.

2. SANG PENCERAH

Ada beberapa tokoh Islam di Indonesia yang kisah hidupnya diangkat ke dalam film. Selain KH Hasyim Asyari, ada pula Ahamad Dahlan yang kisah hidupnya diabadikan dalam sebuah film berjudul SANG PENCERAH. Rekomendasi film sejarah Islam di Indonesia ini mengisahkan bagaimana awal mula Ahmad Dahlan membentuk Muhammadiyah. 

Dikisahkan, Ahmad Dahlan yang cerdas memanfaatkan celah sistem pendidikan di sekolah yang telah diterapkan oleh Belanda. Ahmad Dahlan, kemudian memulai membentuk sekolah modern dengan kurikulum khusus agama Islam, bernama Kweekschool atau sekolah para bangsawan di Jetis, Yogyakarta. Beda dengan SANG KIAI yang diwarnai adegan perlawanan melawan penjajah, film ini akan terasa lebih inspiratif.

3. SULTAN AGUNG: HARTA, PERJUANGAN, DAN CINTA

Satu lagi sosok sejarah Islam di Indonesia yang diabadikan dalam film. Dia adalah Sultan Agung. Sebuah rekomendasi film sejarah Islam berjudul SULTAN AGUNG: HARTA, PERJUANGAN, DAN CINTA diproduksi di bawah sutradara Hanung Bramantyo. Film ini mengisahkan tentang sosok Panembahan Hanyokrowati, Raden Mas Rangsang yang diangkat jadi Sultan Agung di usia sangat muda.

Dikisahkan, Panembahan Hanyokrowati, Raden Mas Rangsang yang masih sangat belia harus diangkat jadi Sultan Agung selepas ayahnya wafat. Padahal, di usianya itu, sosok belia itu masih sangat hijau dan menikmati hidup kanak-kanaknya dengan bermain. Dalam sekejap, tokoh sejarah Islam itu lantas bertransformasi jadi pemimpin bijak dengan tanggung jawab berat, yaitu menyatukan kembali kadipaten-kadipaten di tanah Jawa yang dipecah belah VOC.

4. FETIH 1453

Tak saja dari Indonesia, ada pula beberapa judul rekomendasi film sejarah Islam yang berasal dari luar. FETIH 1453 adalah salah satunya. Film ini menceritakan aksi heroik dari tokoh islami asal Turki yang bernama Mehmed II atau dikenal dengan nama Muhammad Al Fatih. 

Dalam sejarah, Muhammad Al Fatih dikenal sebagai sosok yang sangat heroik. Muhammad Al Fatih atau Mehmed II merupakan pemimpin Kekaisaran Ottoman. Dengan kuasa dan kekuatannya, beliau bertekad untuk bisa mewujudkan ramalan tentang penaklukan Konstantinopel yang dikuasai oleh umat Kristen. FETIH 1453 jadi salah satu film sejarah Islam terseru yang tak boleh dilewatkan.

5. BILAL: A NEW BEER OF HERO

Rekomendasi film sejarah Islam berikutnya hadir dalam format animasi. Sehingga akan sangat cocok jika ditonton bareng anak-anak. Film berjudul BILAL: A NEW BEER OF HERO mengisahkan tentang kisah hidup salah satu sahabat Rasul, yaitu Bilal yang dikenal sebagai sahabat Nabi pengumandang adzan. 

Dikisahkan dalam film ini, Bilal merupakan seorang kulit hitam yang keluarganya dibantai oleh pasukan kegelapan. Bilal yang malang kemudian menjadi seorang budak. Hidup Bilal sebagai budak begitu berat, belum lagi kejadian kelam di masa lalu yang terus membayangi dirinya. Sampai akhirnya, Bilal dibebaskan oleh Nabi Muhammad dan turut serta dalam andil menyebarkan ajaran agama Islam.

6. MALCOLM X

Rekomendasi film sejarah Islam yang keenam sekaligus terakhir adalah MALCOLM X. Film ini merupakan film biopik yang menceritakan tetang tokoh sejarah Islam yang berlatar belakang Afrika-Amerika. Latar belakangnya itu membuat, Malcolm menerima banyak perlakukan rasisme. Namun, Malcolm tak tinggal diam, dia banyak menyampaikan pesan positif tentang Islam dan rasisme.

Malcolm sendiri mempunyai perjalanan panjang hingga akhirnya bisa memeluk Islam sebagai agama yang dianutnya. Malcolm bahkan sempat terjerumus ke dalam organisasi yang islam radikal. Namun akhirnya, Malcolm percaya agama Islam yang dianut bisa membawa kebaikan. Banyak inspirasi yang bisa dipetik dari kisah hidup Malcolm.

Itulah beberapa rekomendasi film sejarah Islam yang seru dan menarik untuk ditonton. Selamat menonton!

REKOMENDASI
TRENDING