FILM INDONESIA

7 Rekomendasi Film Indonesia 2000-an Paling Populer dan Disukai Anak Muda

Rabu, 12 Oktober 2022 11:44

(Credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Kualitas film-film Indonesia yang diproduksi tahun 2000-an tak kalah menarik jika dibandingkan sekarang. Dari segi gambar, audio, dan special effects mungkin bisa dibilang kurang, tapi dari segi ide cerita, rekomendasi film Indonesia 2000-an ini layak untuk diadu.

Bahkan, beberapa rekomendasi film Indonesia 2000-an masih relevan jika ditonton sampai sekarang. Tak heran film-film yang diproduksi di bawah tahun 2010 ini disukai oleh anak muda pada masanya.

Nah, jika kalian penasaran dengan rekomendasi film Indonesia 2000-an paling populer, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

1. PETUALANGAN SHERINA (2000)

PETUALANGAN SHERINA menjadi salah satu rekomendasi film Indonesia 2000-an yang paling populer. Secara garis besar, film ini bercerita tentang gadis cerdas dan ceria bernama Sherina (Sherina Munaf). Dikisahkan bahwa dia harus ikut pindah ayahnya Darmawan (Mathias Mucus) yang bekerja di perkebunan milik Ardiwilaga (Didi Petet).

Tak butuh waktu lama, Sherina bisa cepat beradaptasi. Dia punya sahabat yang bernama Sadam (Derby Romero) yang selalu menganggap dirinya lebih hebat dari anak-anak lain. Suatu hari, Sadam diculik oleh pesaing bisnis ayahnya. Petualangan Sherina untuk menyelamatkan diri dan mengumpulkan barang bukti pun dimulai. Kisah ini menjadi sesuatu yang seru untuk dikenang pada hari ini.

2. ADA APA DENGAN CINTA (2002)

Bagi kalian yang mencari rekomendasi film Indonesia 2000-an dengan genre romantis, ADA APA DENGAN CINTA (AADC) jelas bisa menjadi jawabannya. Film yang bercerita tentang kisah cinta remaja ini memiliki tokoh utama bernama Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra).

Cinta merupakan seorang siswi yang pintar dan punya hidup sempurna. Dia pun bertemu dengan Rangga (Nicholas Saputra), seorang siswa yang cerdas dan berkarakter dingin. Awalnya, mereka bertemu setelah mengikuti lomba menulis puisi di sekolah. Tak disangka, keduanya pun makin dekat. Konflik yang muncul di antara mereka pun membuat alur makin seru, bahkan bisa bikin baper lho, KLovers!

3. VIRGIN (2004)

Selanjutnya, ada rekomendasi film Indonesia 2000-an yang berjudul VIRGIN: KETIKA KEPERAWANAN DIPERTANYAKAN. Film yang booming pada masanya ini berkisah tentang 3 sahabat, yakni Biyan (Laudya Chintya Bella), Stella (Ardina Rasti), dan Katy (Angie). Karena masalah di keluarganya, mereka lebih sering menghabiskan waktu di kehidupan malam.

Hal itu yang membuat Stella dan Katy kehilangan keperawanan. Tak seperti teman-temannya, Biyan bertekad mempertahankan keperawanannya. Seperti ketakutan khas remaja, Katy khawatir jika dirinya sampai hamil. Sementara itu, Stella yang terobsesi menjadi bintang film, malah terjebak menjadi bintang film porno. Masalah datang saat mobil yang mereka pinjam hilang. Saat itu, Biyan pun terpaksa menjual keperawanannya seharga 50 juta untuk mengganti mobil tersebut.

4. GIE (2005)

GIE cocok menjadi rekomendasi film Indonesia 2000-an bagi kalian yang menyukai kisah cinta dengan bumbu politik. Pasalnya, cerita dalam film ini terinspirasi dari kisah nyata seorang aktivis Indonesia bernama Soe Hok Gie. Dia hidup di era kebangkitan politik selama rezim Soeharto dan Soekarno.

Secara garis besar, film ini berkisah tentang Soe Hok Gie (Nicholas Saputra), seorang mahasiswa keturunan Tionghoa yang tinggal di Jakarta. Dia merupakan tokoh yang memiliki semangat perjuangan dan cinta Indonesia. Hal itu yang kemudian membuatnya begitu tegas melawan ketidakadilan hingga melawan rezim yang berkuasa kala itu. Tak hanya soal politik, film ini juga mengisahkan hubungan asmaranya.

5. CATATAN AKHIR SEKOLAH (2005)

Rekomendasi film Indonesia 2000-an yang tak kalah populer adalah CATATAN AKHIR SEKOLAH. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini bercerita tentang sekelompok siswa, yaitu Agni (Ramon Y. Tungka), Arian (Vino G. Bastian), dan Alde (Marcel Chandrawinata) yang dianggap aneh oleh teman-teman satu sekolahnya. Mereka bertiga punya rencana untuk membuat film dokumenter tentang sekolah.

Menjelang kelulusan, mereka banyak mendapatkan rintangan. Misalnya, mereka ketahuan membawa kamera dan disita oleh kepala sekolah. Namun, hal itu malah membuka sifat asli kepala sekolah tersebut. Saat menontonnya, kalian akan merasa bernostalgia mengenai suka duka masa SMA. Tak cuma kenakalan dan kejahilan, tapi juga pahit manisnya percintaan anak muda.

6. MY HEART (2006)

Kali ini, ada rekomendasi film Indonesia 2000-an yang bisa dibilang cukup sedih. Film yang kuat dengan nuansa romansa dan persahabatan ini berkisah tentang tokoh bernama Rachel dan Farel. Meski selama ini bersahabat, ternyata diam-diam Rachel menyimpan cinta untuk Farel.

Namun, Farel malah jatuh cinta kepada gadis lain yang bernama Luna. Tentu saja hal itu tak bisa membuat cinta Rachel berjalan mulus. Mungkin, kalian juga akan merasa pilu dan patah hati saat menonton ending film ini.

7. LASKAR PELANGI (2008)

Bicara soal rekomendasi film Indonesia 2000-an, tak lengkap rasanya tanpa menyebut LASKAR PELANGI. Film garapan sutradara Riri Riza ini bisa menggugah semangat dan membuka mata para penonton mengenai kondisi pendidikan di Indonesia. Latar tempat film berada di SD Muhammadiyah Gantong Pulau Belitung. Sekolah tersebut menjadi tempat belajar anak-anak miskin di desa tersebut.

Kisah perjuangan para guru dan murid di sana dalam menyiasati segala keterbatasan mungkin akan berhasil menyentuh hati kalian. Laskar Pelangi yang kemudian diambil menjadi judul film ini berasal dari julukan yang disematkan kepada anak-anak yang pantang menyerah di sekolah tersebut.

KLovers, itulah beberapa rekomendasi film Indonesia 2000-an paling populer dan disukai anak muda pada masanya.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING