FILM INDONESIA

7 Rekomendasi Film Kisah SMA yang Bikin Kangen Masa Sekolah, Awas Baper!

Rabu, 12 Oktober 2022 10:33 Penulis: Nurul Wahida

Rekomendasi Film Kisah SMA (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - Film kisah SMA menyajikan cerita sangat menarik mulai dari romansa hingga persahabatan. Tidak sedikit film Indonesia berlatarkan cerita siswa SMA berhasil mencetak rating tinggi sampai trending di media sosial.

Ada sejumlah rekomendasi film kisah SMA yang bakalan membuat kalian kangen lagi masa-masa sekolah. Mulai dari film lawas ataupun baru, semua tersaji lengkap dalam rekomendasi film kisah SMA di bawah ini dengan cerita yang seru. Mau tahu apa saja rekomendasi film kisah SMA?

Yuk langsung saja cek ulasan dan sinopsis rekomendasi film kisah SMA yang telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber. Film-film tentang kisah remaja SMA ini juga mengandung pesan bijak yang bisa dijadikan pelajaran berharga.

1. DILAN 1990

Rekomendasi film kisah SMA yang bikin kangen masa sekolah salah satunya adalah DILAN 1990. Film berlatar kisah remaja SMA ini memang sangat populer bahkan sempat trending di media sosial. Bukan tanpa alasan, karena alur cerita DILAN 1990 cukup menarik buat ditonton. Diadaptasi dari novel best seller karya Pidi Baiq, DILAN 1990 mengisahkan romansa antara Dilan dan Milea.

Dilan dikenal sebagai siswa SMA yang punya julukan panglima tempur. Sejak kedatangan Milea ke sekolahnya, Dilan langsung jatuh hati dan berusaha menarik perhatiannya. Termasuk meramal dengan kalimat yang unik hingga bikin Milea mulai tertarik pada Dilan. Sikap Dilan yang dinilai beda dengan pacarnya juga membuat Milea semakin menaruh hati. Romansa remaja yang bikin baper dengan sejumlah persoalan mereka membuat film ini wajib banget kalian tonton.

2. ADA APA DENGAN CINTA?

ADA APA DENGAN CINTA? Masuk dalam jajaran rekomendasi film kisah SMA terbaik. Film ini rilis tahun 2002 silam yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra. Di mana, sinopsis ADA APA DENGAN CINTA? Mengisahkan romansa dua remaja dengan kepribadian yang berbeda jauh.

Cinta dan Rangga, begitulah nama tokoh utama dalam film ADA APA DENGAN CINTA?. Keduanya menjadi teman sekolah SMA yang dulunya tak saling kenal justru makin dekat sejak ikut dalam kompetisi puisi. Nggak hanya romansa saja, karena film ini juga menampilkan persahabatan yang bikin baper dan persoalan yang sering terjadi pada remaja.

3. DEAR NATHAN

Mengangkat genre romance dan drama, DEAR NATHAN juga termasuk rekomendasi film kisah SMA yang wajib kalian tonton. Film ini berhasil mencetak rating cukup tinggi hingga masuk dalam film remaja Indonesia terbaik. Diperankan oleh Amanda Rawles dan Jefri Nichol, DEAR NATHAN mengisahkan romansa antara Salma dan Nathan.

Pertemuan Salma dan Nathan bermula ketika secara tidak sengaja keduanya datang terlambat ke sekolah. Nathan dikenal sebagai siswa yang sering onar. Sehingga Salma memilih untuk menjauh dari Nathan. Nathan sendiri cukup terang-terangan mengakui jatuh hati pada Salma. Hubungan keduanya semakin dekat, Salma juga mengenal sosok Nathan yang ternyata tak seperti yang ia bayangkan. Film ini bakalan mengajak kalian bernostalgia lagi masa-masa SMA dengan berbagai kisah menarik didalamnya. Baik cinta, persahabatan, hingga cerita berkesan lainnya.

4. DUA GARIS BIRU

DUA GARIS BIRU dirilis tahun 2019 lalu yang juga menyajikan kisah remaja SMA. Film ini mengandung banyak pesan yang bisa dijadikan pelajaran bijak. Diperankan oleh Angga Yunanda dan Adhisty Zara, DUA GARIS BIRU mengisahkan tentang sepasang remaja yang berpacaran namun telah melewati batas.

Hal ini membuat Dara yang masih sekolah, hamil anak Bima. Mengetahui fakta kehamilan kekasihnya, awalnya Bima mulai menjauh. Ia bahkan meminta Dara untuk menggugurkan kandungannya lantaran tak mau merusak masa depan mereka yang masih panjang. Namun, Dara memilih mempertahankan kehamilannya hingga membuat orang tua mereka kecewa. Dara bahkan tetap masuk sekolah dengan perutnya yang semakin membesar. Tertarik nonton?

5. POSESIF

Rekomendasi film kisah SMA berikutnya adalah POSESIF. Film ini rilis tahun 2017 lalu yang mengangkat genre komedi, drama dan romance. Diperankan oleh Adipati Dolken dan Putri Marino, POSESIF mengisahkan romansa dua siswa SMA yang dengan berbagai persoalan di dalamnya.

Lala Anindhita dan Yudhis Ibrahim memutuskan berpacaran usai keduanya terlibat hukuman saat di sekolah. Kisah cinta keduanya awalnya memang begitu romantis. Namun perlahan, Yudhis justru menunjukkan sisi sangat posesifnya terhadap Lala sampai mengarah pada sesuatu yang membuat keduanya sama-sama menderita.

Yudhis bahkan tak segan untuk menyakiti Lala saat emosinya tengah memuncak serta tiba-tiba bersikap sangat lembut dan serba salah ketika ia melihat kekasihnya sakit. Sejumlah persoalan juga dihadapi keduanya saat harus memutuskan masa depan mereka usai lulus SMA.

6. CATATAN AKHIR SEKOLAH

Masih ingat dengan film CATATAN AKHIR SEKOLAH? Film ini sempat hits di tahun 2000-an silam menyajikan cerita seru para pelajar SMA yang akan segera lulus sekolah. Rilis tahun 2005 silam, CATATAN AKHIR SEKOLAH berfokus pada tiga siswa SMA bernama Agni, Arian, dan Alde yang akan membuat film dokumenter tentang sekolah.

Ada banyak kehidupan di sekolah yang berhasil ketiganya rekam mulai dari hal-hal lucu, aneh, konyol, sampai mengundang kontroversi. Rencananya, film dokumenter tersebut akan mereka putar saat acara pentas seni sekolah. Tertarik nonton? Film ini bakalan membuat kalian merindukan masa-masa SMA yang penuh dengan cerita.

7. GALIH DAN RATNA

Rekomendasi film kisah SMA berikutnya adalah GALIH DAN RATNA. Film ini rilis 2017 silam yang mengangkat genre romance dan drama. Di mana, GALIH DAN RATNA mengisahkan romansa manis antara dua remaja SMA bernama Galih dan Ratna.

Galih dan Ratna sama-sama tertarik pada musik. Ratna sendiri merupakan anak pindahan dari Jakarta. Sementara, Galih dikenal siswa pendiam dan mengelola toko kaset ayahnya. Ia pun sering mendengarkan musik dari mixtape yang membuat Ratna tertarik mengenal sosok Galih. Di sinilah hubungan keduanya semakin dekat namun juga dipenuhi sejumlah rintangan. Tertarik nonton?

Itulah rekomendasi film kisah SMA terbaik yang wajib kalian tonton. Sudah pernah nonton yang mana saja KLovers?

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING