FILM INDONESIA

7 Rekomendasi Film Seperti LASKAR PELANGI yang Sangat Menginspirasi dan Memotivasi

Selasa, 20 September 2022 20:22 Penulis: Dhia Amira

Rekomendasi Film Seperti LASKAR PELANGI (credit: imdb.com)

Kapanlagi.com - LASKAR PELANGI memang menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa yang ada di Indonesia. Nah, bagi kalian yang suka dengan film LASKAR PELANGI, maka ada loh beberapa rekomendasi film lain seperti LASKAR PELANGI.

Ya, beberapa rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI ini juga mengisahkan tentang pendidikan serta impian. Nah, apa saja ya rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI tersebut? Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. SANG PEMIMPI (2009)

Rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI yang pertama yaitu, ada film berjudul SANG PEMIMPI yang tayang pada tahun 2009 silam. Film ini merupakan kelanjutan dari film LASKAR PELANGI loh KLovers.

Film ini menceritakan mengenai Ikal dan saudara sepupunya, Arai, serta sahabatnya, Jimbron, pada usia remaja yang mencari identitas diri dan seksualitas pada usia 17 tahun. Bersama-sama, ketiganya berusaha untuk mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi.

2. ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI (2010)

ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI menjadi salah satu rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI lainnya. Ya, film yang tayang pada tahun 2010 ini menceritakan tentang, Muluk lulusan S1 yang tidak mendapatkan pekerjaan hingga 2 tahun lamanya.

Meski selalu gagal, namun ia tak pernah putus asa. Tak disangka, pertemuannya dengan pencopet bernama Komet membuka peluang pekerjaan untuknya. Komet membawa Muluk ke markasnya, lalu memperkenalkan kepada bosnya bernama Jarot.

Muluk kaget karena di markas itu berkumpul anak-anak seusia Komet yang pekerjaannya adalah mencopet. Dibantu dua rekannya yang juga sarjana, Muluk membagi tugas mereka untuk mengajar agama, budi pekerti dan kewarganegaraan pada anak-anak pencopet tersebut.

3. NEGERI 5 MENARA (2012)

Rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI yang lainnya ada film berjudul NEGERI 5 MENARA. Dikisahkan, Alif adalah seorang anak sederhana yang baru saja lulus SMP di Maninjau. Bersama sahabatnya Randai, Alif ingin melanjutkan SMA di Bukittinggi dan kemudian masuk ke kampus idamannya, ITB.

Namun mimpi tinggalah mimpi ketika Amaknya, sang ibu menginginkan Alif untuk masuk ke Pondok Madani, sebuah pesantren di sudut Ponorogo, Jawa Timur. Walau pada awalnya Alif tidak mau, akhirnya Alif memenuhi pinta orang tuanya, walau dengan setengah hati.

Awalnya, Alif lebih sering menyendiri. Namun, seiring berjalannya waktu, Alif mulai bersahabat dengan teman-teman satu kamarnya. Mereka masing-masing memiliki ambisi untuk menakhlukkan dunia. Dari tanah Indonesia, Amerika, Eropa, Asia hingga Afrika. Di bawah menara Madani, mereka berjanji dan bertekad untuk bisa menaklukkan dunia dan mencapai cita-cita menjadi orang besar yang bermanfaat bagi banyak orang.

4. DI TIMUR MATAHARI (2012)

Dikisahkan sekelompok anak memutuskan untuk menyanyi dan mencari pelajaran di alam dan lingkungan sekitar. Lewat pendeta Samuel, dokter Fatimah, om Ucok dan om Jolex mereka mendapatkan banyak pengetahuan.

Namun sebuah kejadian mengubah semua itu, pertikaian antar kampung tak bisa dihindari. Hukum adat untuk membayar denda atau balas dendam akan dilaksanakan. Kabar kematian Blasius, ayah Mazmur sampai kepada Michael.

Namun, Mazmur, Thomas dan ketiga sahabatnya, berusaha untuk bersama. Walaupun kampung mereka bermusuhan, ayah Mazmur terbunuh oleh ayah Agnes, tapi mereka tetap berusaha berkawan dan mendamaikan kedua kampung mereka.

5. SOKOLA RIMBA (2013)

SOKOLA RIMBA juga masuk ke dalam salah satu rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI lainnya. Film ini mengisahkan tentang Butet Manurung yang mengajarkan baca tulis dan menghitung kepada anak-anak masyarakat suku anak dalam, yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan Bukit Duabelas.

Hingga suatu hari Butet terserang demam malaria di tengah hutan, seorang anak tak dikenal datang menyelamatkannya. Anak itu, berasal dari Hilir sungai Makekal, yang jaraknya sekitar 7 jam perjalanan untuk tempat Butet mengajar. Ia membawa segulung kertas perjanjian persetujuan orang desa mengeksploitasi tanah adat mereka.

Bungo ingin belajar membaca dengan Butet agar dapat membaca surat perjanjian itu. Dan melihat keteguhan hati Bungo serta kecerdasannya membuat Butet mencari segala cara agar ia bisa tetap mengajar Bungo walaupun sulit untuk dilakukan.

6. SEPATU DAHLAN (2014)

Seorang anak bernama Dahlan tidak pernah berhenti bermimpi untuk memiliki sepatu dan sepeda. Kemiskinan yang dirasakannya, tidak menyurutkan semangat Dahlan untuk tetap bersekolah meski harus bertelanjang kaki puluhan kilometer.

Semenjak kelas II, Dahlan mulai aktif dalam organisasi dan kegiatan sekolah. Dahlan terpilih sebagai kapten tim bola voli Pesantren Takeran. Hingga pada suatu hari Dahlan dan tim bola volinya dapat mengikuti perlombaan bola voli tingkat Kabupaten Magetan.

Semua perjalanan Dahlan bak dalam sekolah hingga untuk perlombaan voli akan sangat menginspirasi. Dahlan tidak menyerah dan mencari jalan untuk pendidikannya. Hingga film ini masuk dalam daftar rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI.

7. JEMBATAN PENSIL (2017)

Dan rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI yang terakhir ada film berjudul JEMBATAN PENSIL. Dikisahkan empat anak Sekolah Dasar bernama Inal, Aska, Nia dan Ondeng berjuang mencari pendidikan dari guru mereka di sebuah sekolah gratis.

Keterbatasan yang mereka miliki tak pernah sedikit pun melunturkan niat mereka mencari pendidikan. Ondeng, dengan cacat mentalnya, punya bakat menggambar sketsa. Kemampuan ini rutin ia lakukan untuk mengisi hari-harinya.

Seluruh peristiwa hidup ia abadikan lewat sketsa. Termasuk kehidupan ayahnya yang bekerja sebagai nelayan, dan juga jembatan rapuh yang biasa mereka lewati saat bersekolah.

Suatu hari, jembatan rapuh itu akhirnya rubuh saat keempatnya melintas. Musibah ini tak lantas mematahkan semangat mereka bersekolah. Mereka bercita-cita membangun kembali jembatan yang setiap hari mereka lalui itu.

Itulah beberapa rekomendasi film seperti LASKAR PELANGI yang bisa KLovers tonton. Bukan hanya memiliki kisah yang keren saja, namun juga begitu menginspirasi.

REKOMENDASI
TRENDING