Akhirnya Joko Anwar Dapat Nominasi Sutradara Terbaik di FFI 2015

Jum'at, 13 November 2015 10:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
Akhirnya Joko Anwar Dapat Nominasi Sutradara Terbaik di FFI 2015 Joko Anwar/©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Sutradara muda Joko Anwar makin menunjukkan tajinya di pasar perfilman Asia dan internasional. Sukses membawa A COPY OF MY MIND keliling festival film internasional, ia juga ada di balik serial TV Halfworlds yang ditayangkan di HBO.

Namanya masuk dalam nominasi sutradara terbaik versi FFI 2015 dan A COPY OF MY MIND mendapatkan 7 nominasi. "Alhamdulillah! Kebetulan gue kan belum pernah dapat nominasi sutradara ya, ini yang pertama. Seneng. Senengnya karena film ini kan kami nggak punya dana marketing sponsor. Jadi alhamdulillah, masuk nominasi paling nggak dibaca orang," tuturnya saat ditemui di Plaza Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis malam (12/11).

Sayang, film keren ini baru bisa kita nikmati per tanggal 11 Februari 2016 mendatang. Ternyata meski membidani film yang sudah dirilis lebih dulu di luar negeri, Joko  tak terlalu pede dijajarkan dengan nominator lainnya seperti FILOSOFI KOPI, MENCARI HILAL, TOBA DREAMS, SITI dan TJOKRO

"Gue sudah nonton film mereka (yang masuk nominasi), hebat-hebat semua. Saya suka sama semua film itu. Sama sama hebat. Kalaupun beda, beda-beda tipis. Pastinya gue yang paling bawah hehehe.." seloroh pria tambun ini.

Joko bangga bisa masuk nominasi sutradara terbaik untuk pertama kalinya/©KapanLagi.com®/M. Akrom SukaryaJoko bangga bisa masuk nominasi sutradara terbaik untuk pertama kalinya/©KapanLagi.com®/M. Akrom Sukarya

Dengan masuknya A COPY OF MY MIND ke dalam nominasi FFI 2015, dirinya bahagia karena ini adalah ajang promosi gratis bagi filmnya. "Nominasi ini sekalian promo, paling nggak filmnya disebut di nominasi. Jadi orang tau ada film A COPY OF MY MIND. Masuk festival juga tujuannya itu. Ada beritanya. Karena memang kami nggak ada uang untuk promosi," jelasnya jujur.

Ia juga makin bangga ketika Rio Dewanto, yang jadi nominator aktor terbaik, memujinya sebagai sutradara favoritnya. "Paling seneng pas disebut sama Rio Dewanto sebagai salah satu sutradara favorit dia. Itu penghargaan paling tinggi malam ini hahahah," ungkapnya dengan bercanda.

Sutradara 39 tahun ini pun menilai FFI tahun ini sudah berangsur membaik. "Dari penyelenggaraan, penjurian, baik, bagus. Ini kan yang milih orang-orang film sendiri. Sama kayak di luar negeri, kayak Academy Award," tandasnya. 

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING