FILM INDONESIA

Akhirnya Rilis 'KUNTILANAK 3' Berubah Genre Jadi Horor Fantasi, Sutradara Akui Terinspirasi Kisah Tradisional

Minggu, 24 April 2022 10:04 Penulis: Dian Eka Ryanti

Instagram.com/kuntilanakfilm

Kapanlagi.com - Setelah tertunda selama dua tahun disebabkan oleh pandemi, film horor KUNTILANAK 3 siap rilis di bioskop seluruh Indonesia. Berbeda dengan dua film sebelumnya, pihak rumah produksi memasukkan elemen fantasi.

Amrit Punjabi selaku produser mengungkap tidak memaksakan supaya genre menjadi horor fantasi. Namun ternyata ada celah dari film sebelumnya yang bisa dikaitkan dengan unsur tersebut.

"Setelah nonton KUNTILANAK dan KUNTILANAK 2, tahu ada celah di film itu yang bikin kita merasa bisa masukkan elemen fantasi. Kita bikin Dinda mendapat power, karena dia harus bisa mengontrol dan nggak bisa belajar sendiri, makanya kita bikin dia mempelajari di sekolah. Oke, sekarang kita naikan level menjadi horor fantasi," kata Amrit dalam jumpa pers di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Kamis (21/4/2022).

1. Masukkan Cerita Fantasi Secara Alami

Saat merumuskan KUNTILANAK 3, Rizal Mantovani sebagai sutradara memaparkan kepada produser dan penulis skenario bahwa tidak perlu memaksakan elemen fantasi bila mengganggu ceritanya. Namun ternyata semua bisa menyatu dengan mulus.

"Saat pertama membuat KUNTILANAK 3, kita balik kepada cerita yang memang memungkinkan menjadi horor fantasi. Dalam arti kata, kita tidak mau maksain. Ceritanya yang harus secara alami masuk ke horor fantasi," tutur Rizal pada kesempatan yang sama.

2. Terinspirasi Kisah Tradisional

Rizal Mantovani tak menampik bila apa yang tersaji di KUNTILANAK 3 terinspirasi dari film-film luar negeri. Namun dia juga terinspirasi kisah-kisah manusia dengan kekuatan tertentu yang sudah lama ada di Indonesia.

"Ya kita mendapat inspirasi dari Harry Potter atau X-Men, tapi juga terinspirasi dari cerita tradisional. Saat riset, ternyata cerita orang dengan kekuatan itu sudah lama. Semisal saipi angin, orang yang memiliki kekuatan berpindah tempat. Atau lembu sikalan, orang yang memiliki ilmu kebal terhadap benda yang ingin menyerang. Atau juga kemamang, bola api kecil yang kalau tidak dikontrol bisa jahat. Dia cenderung untuk menjadi jahat. Dari situ kita terinspirasi," terang Rizal Mantovani.

3. Dinda Masuk Sekolah Khusus

KUNTILANAK 3 berkisah tentang Dinda yang disekolahkan ke tempat khusus bernama Mata Hati agar bisa mengendalikan kekuatannya. Namun di sekolah tersebut, sekali lagi dia harus berhadapan dengan kuntilanak.

Film ketiga ini dibintangi oleh aktor cilik Nicole Rossi menggantikan Sandrinna Michelle, disusul Ciara Brosnan, Ali Fikry, Adlu Fahrezy dan Andryan Bima. Selain tayang di Indonesia pada 30 April 2022 mendatang, KUNTILANAK 3 juga bakal rilis di Singapura.

(kpl/abs/dyn)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING