FILM INDONESIA

Aktor Laga Indonesia, Masih Ingat Atau Tidak Tahu?

Rabu, 23 Juli 2014 13:01 Penulis: Editor KapanLagi.com

Tutur Tinular © Jejakandromeda.com

Kapanlagi.com - Pada era tahun 1980-an dan 1990-an, banyak film Indonesia yang diproduksi kala itu. Salah satu genre favorit yang disukai oleh penonton waktu itu adalah film dan sinetron laga. Banyak film laga yang sukses tayang pada masa-masa tersebut seperti contohnya SAUR SEPUH.

Beberapa aktor dan aktris pun langsung mendapat tempat sendiri di hati penggemar film. Sebut saja tokoh laga seperti Teddy Purba dan George Rudy. Waktu itu mereka sangat digandrungi para fans wanita karena dikenal cool dan keren saat memerankan film aksi tersebut.

Mungkin tak banyak generasi masa kini yang mengingat beberapa tokoh ini, atau malah banyak yang tidak mengenal mereka. Beberapa aktor ini pernah berjaya di masanya, mau tahu siapa saja mereka ini, simak tulisan di bawah ini.

1. Anto Wijaya

Sesungguhnya aktor ini mempunyai nama asli Saptapara Ichtijanto dan menggunakan nama Anto Wijaya sejak menjadi bintang film laga. Badannya yang tinggi tegap dianggap pantas untuk memerankan Brama Kumbara di sinetron laga kolosal SINGGASANA BRAHMA KUMBARA. Ia juga dikenal dalam perannya di TUTUR TINULAR sebagai Arya Kamandanu dan Sembara di MISTERI GUNUNG MERAPI.

Anto Wijaya sendiri sebenarnya tak punya basic bela diri. Pria asli Surabaya yang lahir 10 November 1969 ini malah mengawali karirnya sebagai model. Bermula dengan mengikuti sebuah kelompok model di kota pahlawan hingga akhirnya ia mampu menjamah Jakarta.

The Best Model Pageant yang pernah dimenangkannya tahun 1991 menjadi modal untuknya bermain dalam film dan sinetron. Roman mukanya tersebut cocok dengan image seorang raja atau pendekar yang penuh dengan wibawa tersebut dianggap cocok untuk berperan dalam film laga.

2. Lamting

Aktor ini mempunyai nama lengkap Lamting Saputra. Ia mempunyai dasar sebagai atlet Taekwondo nasional dengan tingkat Dan IV. Tahun 1980-an merupakan masa di mana ia sering direkrut oleh beberapa sineas untuk bermain di film laga. Basic sebagai atlet bela diri dan wajah yang rupawan membuatnya sering bermain di film dengan genre serupa.

Tahun 1993, ia memilih untuk berhenti menjadi atlet dan meneruskan karirnya di dunia akting. Ia pernah membintangi SAUR SEPUH II: PESANGGRAHAN KERAMAT pada tahun 1988 serta TUTUR TINULAR di mana ia memerankan Lou Shi San. Wajah Lamting yang oriental juga membuatnya memerankan tokoh dari China.

3. Dede Yusuf

Orang nomor dua di provinsi Jawa Barat ini juga merupakan seorang aktor laga. Terlahir dengan nama Yusuf Macan Effendi, ia mengawali semuanya sebagai atlet Taekwondo yang sudah ditekuninya sejak duduk di bangku SMP. Ia pun pernah beberapa kali mengikuti kejuaraan nasional bela diri tersebut.

Bermula dari perceraian kedua orangtuanya, Dede remaja memutuskan memilih Taekwondo sebagai pelampiasan perasaannya. Beranjak dari situ, Dede mulai terjun sebagai model pada tahun 1984, dan wajahnya kerap menghiasi majalah remaja kala itu. Setelah membintangi CATATAN SI BOY, ia semakin populer karena perannya sebagai Jojo di JENDELA RUMAH KITA sebagai seorang pemuda yang jago berkelahi untuk membela kebenaran.

Dari situ, Dede mulai membintangi beberapa film layar lebar hingga akhirnya ia menjadi pemeran dalam sinetron laga JALAN MEMBARA dan JALAN SEMAKIN MEMBARA. Ia sendiri pernah bermain di film PERWIRA KSATRIA, BADAI LAUT SELATAN, dan REINKARNASI di era 90-an

4. Ratno Timoer

Ratno Timoer terkenal sebagai seorang produser, sutradara, dan aktor Indonesia yang terkenal dari era 1960-an hingga akhir 1980-an. Pria dengan nama asli Ahmad Suratno ini dikenal luas karena perannya sebagai pendekar bernama Barda Mandrawata atau lebih dikenal dengan Si Buta Dari Gua Hantu.

Selain memerankan pendekar buta adaptasi komik karya Ganes TH, ia juga memerankan tokoh laga di film SUNAN KALIJAGA DAN SYEKH SITI JENAR yang tayang di tahun 1985. Sebelumnya ia juga membintangi film PAHLAWAN GOA SELARONG yang rilis pada tahun 1972. Ketua umum PARFI pada periode 1983 sampai 1988 ini telah meninggal di usia 60 tahun dan dimakamkan di Jakarta.

5. Elly Ermawati

Sebagai satu-satunya aktris laga legendaris Indonesia, Elly Ermawati mampu mendobrak dominasi pemeran film yang kebanyakan dimainkan oleh aktor tersebut. Ia merupakan pemeran laga wanita yang terkenal di masanya. Dikenal sejak menjadi pengisi suara tokoh Mantili di sandiwara radio tahun 1980-an dalam lakon Saur Sepuh.

Sandiwara radio tersebut akhirnya diangkat ke layar lebar dan Elly dipercaya sutradara Imam Tantowi untuk memerankan tokoh tersebut. Elly dirasa yang paling cocok dalam memerankan tokoh Mantili karena suaranya yang khas. Postur tubuhnya pun dianggap cocok dengan tokoh Mantili di film.

Sosok adik dari Brama Kumbara yang ia perankan adalah karakter yang mudah tersulut emosinya. Elly pun terbukti mampu membawakannya dengan baik. Ia juga bermain dalam film TUTUR TINULAR di mana ia mendapatkan peran sebagai Meishin.

6. Barry Prima

Tentu akan terasa kurang jika kita tak menyebutkan nama Barry Prima. Aktor dengan nama asli Hubertus Knoch tersebut terkenal karena perannya di beberapa film laga pada tahun 1980-an. Ia pun masih terlihat membintangi beberapa film Indonesia masa kini.

Dikenal sebagai aktor laga legendaris Indonesia dan sudah lekat dengan kalimat itu sendiri. Banyak judul yang telah ia bintangi selama era 80-an dan 90-an. Barry Prima sendiri sudah tak bisa dipisahkan dengan karakter Jaka Sembung.

Film yang dibintanginya antara lain JAKA SEMBUNG SANG PENAKLUK, PASUKAN BERANI MATI, GOLOK SETAN, CAROK, MENUMPAS TERORIS dan JAMPANG.

Now that you are AWAKE, it's time for you to wake right now!

Awake
REKOMENDASI
TRENDING