Apa Yang Membedakan Film dan Teater Menurut Garin Nugroho?

Jum'at, 22 Januari 2016 14:52 Penulis: Natanael Sepaya
Apa Yang Membedakan Film dan Teater Menurut Garin Nugroho? Garin Nugroho © KapanLagi.com
Kapanlagi.com - Sebagai salah satu sutradara senior di Tanah Air, kualitas Garin Nugroho memang tidak perlu diragukan dalam meracik cerita bersama para aktor maupun aktris pemerannya. Tapi jangan lupakan kalau Garin juga melangkah di dunia seni teater.

Yap, karyanya yang berjudul The Iron Bed dan terinspirasi dari Opera Jawa itu berhasil melambungkan namanya di dunia seni. Meski sekilas teater dan film memiliki kesamaan dalam hal akting, apa sih sebenarnya yang membedakan antara 2 bidang seni ini?

"Gak ada bedanya, cuma subject-nya berbeda, penanganannya berbeda. Jadi kalau di teater itu sampai pertunjukkan terakhir kita masih bergantung pada pemain. Kita benci pada pemain pun kita harus mencintai pemain itu. Kalau dalam film, kita benci pada pemain di-edit aja. Jadi kebergantungan pada unsur-unsurnya stop pada waktu  proses produksi. Itu yang membedakannya kan," jelas Garin Nugroho.

Meski terlihat mirip, dunia film dan teater punya perbedaan yang cukup kontras © KapanLagi.comMeski terlihat mirip, dunia film dan teater punya perbedaan yang cukup kontras © KapanLagi.com

Lebih jauh, Garin menjelaskan kalau teknologi punya keterlibatan yang cukup besar. Jelas sangat berbeda jika dibandingkan dengan teater yang memiliki durasi lebih panjang.

Bukan cuma itu saja, durasi yang panjang dalam teater itu pun sebenarnya dipengaruhi oleh tidak adanya fragmentasi. Yap, ini yang membuat akhirnya penonton harus menyimak detail setiap scene yang ditampilkan, tidak seperti film yang bisa mengambil banyak detil dalam sekali syuting.

"Kemudian keterlibatan teknologi sangat tinggi juga dalam film dengan kinerja syuting, satu shoot 3 menit, 5 menit. Kalau teater kan tidak fragmentasi, lebih panjang jadinya," pungkasnya.

(muv/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING