Apresiasi Film Indonesia 2015 Bakal Digelar di Makassar

Sabtu, 22 Agustus 2015 20:45 Penulis: Nadia Adibie
Apresiasi Film Indonesia 2015 Bakal Digelar di Makassar Apresiasi Film Indonesia. © istimewa via Muvila
Kapanlagi.com - Seperti biasa, setelah pertengahan tahun berlalu perfilman Indonesia akan diramaikan dengan berbagai ajang penghargaan. Salah satu yang paling ditunggu oleh sineas Indonesia adalah Apresiasi Film Indonesia (AFI).

Ajang penghargaan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia in memang rutin diadakan. Tahun 2015 menjadi kali keempat ajang ini digelar.

Poster AFI 2015 yang akan diselenggarakan di Makassar. © Kemenbdikbud via MuvilaPoster AFI 2015 yang akan diselenggarakan di Makassar. © Kemenbdikbud via Muvila

Tahun ini, Makassar menjadi kota terpilih untuk digelarnya ajang bergengsi ini. Tepatnya, momen penting tersebut bakal dilaksanakan pada 24 Oktober mendatang di situs bersejarah Fort Rotterdam.

Pekan lalu Direktorat Pembinaan Kesenian dan Perfilman Direktorat Jenderal Kemendikbud RI mulai meluncurkan ajang tahunan ini.  Untuk temanya sendiri, Kemendikbud masih mengusung nuansa kearifan lokal dengan tema 'Daya Budaya Sinema Indonesia'.

Kemendikbud juga telah menyiapkan 17 piala untuk diserahkan dan terbagi dalam 14 kategori umum dan tiga kategori inspiratif. Kategori umum masih memuat beberapa kategori yang pernah dilombakan sebelumnya: Apresiasi Film Fiksi Panjang, Film Fiksi Pendek Umum, Film Fiksi Pendek Pelajar/Mahasiswa, Film Dokumenter Umum, Film Dokumenter Pelajar/Mahasiswa, Film Fiksi Anak, Poster Film, Komunitas, Festival Film, Lembaga Pendidikan, dan Media Cetak.

Selain beberpa kategori tersebut, ada pula kategori-kategori baru di tahun ini, yaitu Apresiasi Pemerintah Daerah, Kritik Film, dan Film Biografi.  Sementara itu tiga kategori inspiratif terdiri dari Apresiasi Adikarya, Apresiasi Adiinsani, dan kategori baru, Apresiasi Kajian Film Akademik.

Nah, seperti apa sih meriahnya ajang ini nantinya? Update terus beritanya di KapanLagi.com® ya!

(kpl/nad)

Editor:

Nadia Adibie


REKOMENDASI
TRENDING