'ATHIRAH' Siap Berpartisipasi di Tiga Festival Film Internasional

Rabu, 14 September 2016 16:52 Penulis: Mahardi Eka
'ATHIRAH' Siap Berpartisipasi di Tiga Festival Film Internasional Miles Films

Kapanlagi.com - Film ATHIRAH yang didasari oleh kisah nyata ibunda Jusuf Kalla ini berhasil menembus sekaligus tiga festival film prestisius kelas dunia secara berturut-turut, yaitu Vancouver International Film Festival, Busan International Film Festival dan Tokyo International Film Festival.

Ini merupakan kabar baik bagi film drama keluarga Indonesia dengan latar belakang Bugis Makassar tersebut. Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini akan diputar perdana secara internasional di Vancouver International Film Festival (VIFF) yang berlangsung pada tanggal 29 September – 14 Oktober 2016. Festival tersebut adalah salah satu festival film terbesar di Amerika Utara yang di tahun-tahun sebelumnya telah menampilkan sederet film-film berkualitas. 

Dari Vancouver, ATHIRAH yang memiliki judul internasional EMMA (MOTHER) ini akan melanjutkan perjalanannya ke Busan International Film Festival (BIFF) yang berlangsung pada tanggal 6 Oktober – 15 Oktober 2016. ATHIRAH akan tercatat di dalam daftar film-film besar yang sebelumnya pernah ditampilkan di salah satu festival film terbesar di Asia itu.

Destinasi selanjutnya untuk film yang diadaptasi dari novel karya Albertheine Endah dan skenarionya ditulis oleh Salman Aristo dan Riri Riza ini ada adalah Tokyo International Film Festival (TIFF), yang berlangsung pada tanggal 25 Oktober – 3 November 2016. Di sini, film ATHIRAH akan bersanding dengan film-film seperti prestisius seperti ABRES LOS OJOS (Alejandro Amenabar, 1998) dan AMORES PERROS (Alejandro González Iñárritu, 2000) yang pernah menjadi sorotan di tahun-tahun sebelumnya.


Film ATHIRAH telah mencuri hati para kurator program di festival internasional tersebut. Phillip Cheah, konsultan program film Asia di berbagai festival film dunia menggambarkan film ini: “With quiet heart-rending emotion, Athirah, a neglected first wife unveils the marriage myth of love, devotion and surrender” (Melalui emosi yang sepi menyayat hati, Athirah, istri pertama yang terabaikan menyingkap selubung di balik mitos perkawinan yang penuh cinta, pengabdian dan penyerahan).

“It's so beautiful (film ini sangat indah), tambah KIM Jiseok, programer eksekutif Busan International Film Festival. Riri Riza, sang sutradara, sangat mensyukuri seleksi resmi festival film internasional yang datang berturut-turut untuk film ini.

Keikutsertaan ATHIRAH di tiga festival berskala internasional tersebut membawa kebanggaan tersendiri bagi sang sutradara. “Athirah (Emma’/Mother) adalah sebuah penghormatan bagi ibu, sebuah film yang sangat khusus buat saya. Senang sekali bisa memutar karya ini di hadapan penonton internasional,” kata Riri Riza.

Di Indonesia sendiri, Film Athirah akan dapat disaksikan di bioskop-bioskop mulai 29 September 2016. Jangan lewatkan!

(prl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING