Berbincang Dengan Petani Kopi, Chicco Jerikho Temukan Fakta Miris

Jum'at, 14 Juli 2017 16:15 Penulis: Ferry Sanjaya
Berbincang Dengan Petani Kopi, Chicco Jerikho Temukan Fakta Miris Chicco Jerikho © Kapanlagi/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Berperan sebagai Ben & Jody dalam FILOSOFI KOPI 2, nyatanya Chicco Jerikho dan Rio Dewanto memang suka dengan kopi. Semenjak berperan dalam film ini, serta membuka kedai kopi bersama, keduanya semakin jatuh cinta dan memutuskan mendedikasikan dirinya untuk kopi.

Ditanya mengenai mimpi tentang kopi, Rio Dewanto berkata jika dirinya ingin industri kopi bisa sehat. Dirinya berharap jika semua pihak yang terlibat dalam pendistribusian kopi bisa saling support.

"Yang penting, semua stakeholder kopi, dari petani, roaster, pemilik coffee shop, exportir semuanya industrinya jadi sehat, bisnisnya sehat, saling support antara hulu ke hilirnya juga terjalin dengan baik, ekosistemnya juga berjalan dengan baik," ungkapnya.

Chicco Jerikho © Kapanlagi/Budy SantosoChicco Jerikho © Kapanlagi/Budy Santoso

Chicco sendiri ternyata juga sempat ngobrol bersama petani kopi, salah satunya saat sedang berada di kota dingin malang. Ternyata disana, dirinya menemukan fakta yang membuat miris.

"Gue ngobrol sama beberapa petani kopi yang pernah gue samperin. Kaya kemarin baru balik dari Malang, ngobrol, generasi-generasi penerus mereka ternyata udah nggak ada, sekarang udah sibuk sama kerjaan lain, jadi nggak ada lagi yang mau turun ke kebun," ungkapnya.

Tentunya Chicco memandang serius masalah ini, karena jika tak ada penerus yang ingin terjun langsung bertani kopi, siapa yang akan meneruskan? "Yang gue takutkan nanti sumber pangan gimana nih kedepannya?" tutupnya.

(kpl/frs)

Editor:

Ferry Sanjaya


REKOMENDASI
TRENDING