FILM INDONESIA

Berhasil Borong Piala FFI 2021, Ini Sinopsis Film PENYALIN CAHAYA yang Angkat Isu Pelecehan

Sabtu, 17 September 2022 10:44

Film Penyalin Cahaya (credit: imdb)

Kapanlagi.com - Tahun 2021 menjadi salah satu tahun yang menarik di industri film Indonesia. Pasalnya, di tahun tersebut bermunculan banyak film bagus yang berhasil menarik banyak atensi. Film PENYALIN CAHAYA adalah salah satunya. Film yang rilis di awal tahun 2022 ini sempat jadi perbincangan dan menduduki trending di media sosial untuk waktu yang lama.

Film PENYALIN CAHAYA jadi salah satu film Indonesia yang cukup fenomenal. Tak saja menjadi trending di media sosial, film ini juga berhasil mendapatkan 17 nominasi di ajang Festival Film Indonesia, dan memenangkan 12 piala di antaranya. Menariknya, kemenangan itu didapatkan saat film ini belum dirilis ke publik. Alhasil, publik jadi penasaran dengan film garapan sutradara muda, Wregas Bhanuteja ini.

Jika kalian masih penasaran dengan filmnya, langsung saja simak ulasan beberapa fakta seputar film PENYALIN CAHAYA berikut ini.

1. Daftar Pemain 'PENYALIN CAHAYA'

Seperti yang telah disinggung di awal, film PENYALIN CAHAYA merupakan garapan sutradara muda, Wregas Bhanuteja.  Bagi Wregas, PENYALIN CAHAYA merupakan karya film panjang pertamanya. Sebelumnya, Wregas Bhanuteja dikenal luas atas prestasinya memenangkan penghargaan di Cannes Film Festival lewat sebuah karya film pendeknya yang berjudul PENTJAK.

Keberhasilan film PENYALIN CAHAYA tentu juga tak lepas dari jajaran pemainnya yang menampilkan performa akting memukau. Untuk mengisi karakter-karakter di filmnya, Wregas menggaet banyak bintang muda berbakat, di antaranya:

- Shenina Syawalita Cinnamon sebagai Suryani

Chicco Kurniawan sebagai Amin

 - Lutesha sebagai Farah Natia

Jerome Kurnia sebagai Tariq

Giulio Parengkuan sebagai Rama Soemarno

 - Dea Panendra sebagai Anggun

- Ruth Marini sebagai Yati (ibu Sur)

- Lukman Sardi sebagai ayah Sur

- Yayan Ruhian sebagai Soemarno, ayah Rama

- Donny Damara sebagai ketua dewan beasiswa

- Rukman Rosadi sebagai dekan ilmu komputer

- Landung Simatupang sebagai Burhanuddin

- Khiva Iskak sebagai dewan ketua etik

- Tanta Ginting sebagai pengacara Rama

- Mian Tiara sebagai Bidan Siti

2. Sinopsis 'PENYALIN CAHAYA'

Film PENYALIN CAHAYA menceritakan tentang seorang mahasiswi informatika bernama Suryani alias Sur. Dia merupakan seorang mahasiswi beasiswa di kampusnya. Untuk mengisi kegiatan, Sur kemudian bergabung dengan sebuah UKM teater di fakultas lain. Di UKM teater itu, Sur membantu pembuatan website untuk keperluan sebuah pentas besar.

Pentas itu sukses besar, Sur akhirnya diundang untuk berpesta bersama para anggota UKM teater. Nahas, di pesta itu Sur justru mengalami pelecehan. Sayangnya, Sur tidak sadar dan sama sekali tak mengerti apa yang telah terjadi padanya. Tiba-tiba saja foto yang dinilai tak pantas beredar di media sosial, hingga berujung pada ancaman bakal dicabutnya beasiswa kuliah Sur.

Sur kemudian berusaha sekuat tenaga untuk membuktikan dirinya tak bersalah. Sur mulai mengungkap misteri berdasarkan bukti demi bukti yang dia kumpulkan dengan mencuri data mahasiswa lewat bantuan Amin, petugas fotokopi di kampus yang juga sekaligus teman baik Sur.

Namun ternyata, bukti demi bukti yang terkumpul justru membawa Sur pada fakta yang lebih mengejutkan. Sebab ternyata tak hanya Sur yang jadi korban. Ada banyak korban lainnya yang mengalami hal serupa. Sebuah pelecehan yang lebih mengerikan dari sebelumnya dia pernah bayangkan.

3. Rating dan Penghargaan 'PENYALIN CAHAYA'

PENYALIN CAHAYA jadi salah satu film Indonesia yang fenomenal di tahun 2021. Film PENYALIN CAHAYA yang kemudian dirilis di Netflix begitu meledak dan mendapatkan banyak sambutan baik dari penonton dalam maupun luar negeri. Sambutan baik penonton itupun berbanding dengan rating tinggi yang didapatkan film ini.

Sebelum akhirnya rilis dengan sambutan baik dan mendapat rating tinggi, PENYALIN CAHAYA telah membuktikan kualitasnya. Pembuktian itu dibuktikan lewat keberhasilannya memenangkan banyak nominasi di ajang Festival Film Indonesia 2021. PENYALIN CAHAYA masuk dalam 17 nominasi kategori dan memenangkan 12 di antaranya. Adapun nominasi dan kemenangan tersebut, antara lain sebagai berikut.

- Film Cerita Panjang Terbaik MENANG

- Sutradara Terbaik MENANG

- Pemeran Utama Pria Terbaik (Chico Kurniawan) MENANG

- Pemeran Utama Perempuan Terbaik (Shenina Syawalita Cinnamon)

- Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Giulio Parengkuan)

- Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Jerome Kurnia) MENANG

- Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik (Dea Panendra)

- Penulis Skenario Terbaik MENANG

- Pengarah Sinematografi Terbaik MENANG

- Penyunting Gambar Terbaik MENANG

- Penata Efek Visual Terbaik

- Penata Suara Terbaik MENANG

- Pencipta Lagu Tema Terbaik MENANG

- Penata Musik Terbaik MENANG

- Pengarah Artistik Terbaik MENANG

- Penata Busana Terbaik MENANG

- Penata Rias Terbaik

Selain di FFI 2021, PENYALIN CAHAYA juga menang di ajang penghargaan film lainnya. Salah satunya di Festival Film Tempo 2021. Di ajang tersebut film PENYALIN CAHAYA memenangkan tiga kategori, yaitu:

- Film Pilihan Tempo

- Sutradara Pilihan Tempo

- Skenario Pilihan Tempo

Itulah di antaranya sinopsis dan beberapa ulasan fakta terkait film PENYALIN CAHAYA. Gimana KLovers, jadi makin tertarik nonton film terbaik FFI 2021 ini kan?

REKOMENDASI
TRENDING