FILM INDONESIA

Bikin Serial Netflix Berjudul 'NIGHTMARES AND DAYDREAMS', Joko Anwar Siapkan Universe Baru

Sabtu, 03 September 2022 07:56

Joko Anwar merilis serial Netfilx terbaru © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Netflix mengumumkan film dan serial orisinil produksi Indonesia yang akan rilis sepanjang 2022 sampai 2023. Salah satunya sebuah serial berjudul NIGHTMARES AND DAYDREAMS yang ditulis skenarionya dan disutradarai Joko Anwar, Upi, Randolph Zaini dan Ray Pakpahan.

Sajian sebanyak tujuh episode ini bergenre science fiction thriller. Berkisah tentang fenomena aneh dialami oleh beberapa orang yang tanpa disadari saling terhubung.

1. Berdasar Isu Beredar di Masyarakat

Saat menulis skenario NIGHTMARES AND DAYDREAMS, Joko Anwar mengaku bila dirinya terinspirasi oleh isu-isu yang beredar di masyarakat. Kemudian ia meraciknya dengan elemen sains dan memfiksikannya.

"Inspirasinya dari isu-isu yang relevan di Indonesia tapi diambil berdasar ilmu sains yang kita fiksikan. Makanya bergenre science fiction. Episode pertama membahas tentang intergenerational gap. Di Indonesia bayi lahir oek udah punya tanggung jawab harus membanggakan orangtua, berbakti kepada nusa bangsa. Cerita ini gue eksplor sedemikian rupa dalam sajian science fiction," kata Joko ditemui dalam acara Waktu Netflix Indonesia di kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Jumat (2/9/2022).

2. Konsep Serial Tak Lazim

Dalam tujuh episode serial NIGHTMARES AND DAYDREAMS, enam episodenya akan membahas enam karakter dan latar belakangnya. Pada episode terakhir, semua karakter bakal disatukan untuk suatu alasan. Joko Anwar mengungkap bila konsep serial seperti ini tak lazim di Indonesia.

"Jenis serial itu ada dua, yang tiap episode nyambung, ada yang satu episode selesai. Serial ini hybrid. Orang nonton episode pertama mengira akan selesai dan orang akan realize kalau semua nyambung. Dalam segi produk ini sesuatu yang nggak lazim," tutur Joko.

3. Jadi Sebuah Universe

NIGHTMARES AND DAYDREAMS dibintangi oleh Ario Bayu, Marissa Anita, Putri Ayudya, Ruth Marini dan masih banyak lagi. Joko Anwar membocorkan bila serial ini membuka universe baru dalam daftar karyanya setelah PENGABDI SETAN.

"Bisa dikatakan ini akan jadi universe saya yang baru. Kalian harus menunggu karena ini akan jadi mind blown," tandas Joko.

REKOMENDASI
TRENDING