FILM INDONESIA

Bukan Tentang Politik, Buku 'A Man Called Ahok' Diburu Banyak Produser

Kamis, 06 September 2018 23:45 Penulis: Guntur Merdekawan

A Man Called Ahok / Credit: KapanLagi - Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Buku A Man Called Ahok karya Rudi Valinka diadaptasi ke layar lebar oleh rumah produksi The United Team of Art. Film bergenre drama keluarga ini disutradarai oleh Putrama Tuta yang sebelumnya mengarahkan CATATAN HARIAN SI BOY dan NOAH: AWAL SEMULA.

Sebelum hak adaptasi jatuh di tangan The United Team of Art, banyak produser mendatangi Rudi Valinka yang lebih dikenal dengan nama akun Twitternya yakni @kurawa. Namun dari pertemuan-pertemuan itu belum ada visi dan misi yang sejalan.

"Saya sempat pitching dengan beberapa orang (produser). Saya interview dulu mau buat film dari buku ini bagaimana. Ada yang mau ambil sisi politik biar seru, sisi cinta, saya belum merasa cocok sampai akhirnya bertemu Reza Hidayat," kata Rudi dalam jumpa pers di Metropole XXI, Jakarta Pusat, Kamis (6/9).

 

1. Cocok Karena Tak Bahas Politik

Setelah bertemu dengan Reza Hidayat, Rudi merasakan adanya kecocokan secara visi dan misi. Tanpa ragu kesepakatan pun dibuat sehingga proses adaptasi ke film bisa segera digulirkan.

"Waktu pitching sama produser ternyata match karena mengambil sisi parenting-nya. Nah, ini yang bagus. Saya pun setuju lalu saya serahkan buku ini ke produser," ceritanya.

2. Dapat Restu Ahok

Proses pembuatan film A MAN CALLED AHOK sudah mendapatkan restu dari mantan Gubernur DKI Jakarta yang kini mendekam di Mako Brimob akibat kasus dugaan penistaan agama. Ahok bahkan telah memberi pesan agar film ini nantinya berbicara jujur dan apa adanya.

"Saya minta Pak Ahok bikin surat kalau dia setuju film ini dibuat. Kalau nggak salah itu pada Februari 2017, jauh sebelum Pilkada maupun dia ditahan," tutur Rudi Valinka.

3. Rilis November 2018

Drama biopik A MAN CALLED AHOK direncanakan rilis pada November 2018. Film ini dibintangi oleh Daniel Mananta sebagai Ahok dewasa dan Eric Febrian sebagai ahok kecil, serta Denny Sumargo, Sita Nursanti, Chew Kin Wah, Erisca Rein, Ferry Salim dan masih banyak lagi.

Berkisah tentang tumbuh kembang Ahok yang dididik dengan penuh kedisiplinan oleh sang ayah, hingga membentuk karakternya seperti sekarang ini. Produser Reza Hidayat serta sutradara Putrama Tuta menegaskan kalau film hanya fokus pada tema parenting dan bukan tentang politik, asmara, atau kasus hukum yang tengah dijalani.

REKOMENDASI
TRENDING