FILM INDONESIA

'BUMI MANUSIA' & 'PERBURUAN' Gelar Premiere di Surabaya, Keluar Budget Miliaran

Jum'at, 02 Agustus 2019 22:15 Penulis: Sora Soraya

Hanung Bramantyo © Falcon Pictures

Kapanlagi.com - Gala premiere sebuah film biasanya digelar di Jakarta sebagai pusat industri. Namun hal berbeda dilakukan oleh rumah produksi Falcon Pictures untuk proyek teranyar mereka yakni BUMI MANUSIA dan PERBURUAN.

Dua film yang diadaptasi dari novel Pramoedya Ananta Toer itu akan melaksanakan gala premiere di Surabaya. Ada banyak alasan mengapa akhirnya ibukota Jawa Timur itu yang dipilih. Apa saja?

"Satu, karena bukunya berlatar Surabaya. Yang kedua, Surabaya kota Pahlawan. Dua itu sebenarnya yang paling major. Tapi ketiga, memang kita ingin eksplor Indonesia supaya tidak melulu lakukan premiere di Jakarta. Karena penonton film nasional kan banyak dari daerah yang pengin didatengin sama orang di balik layar dan melihat pemainnya. Nggak menutup kemungkinan di film lain, kita ke mana-ke mana gitu," kata Frederica selaku produser ditemui di kawasan Warung Jati, Jakarta Selatan, Kamis (1/7).

1. Detail Persiapan

Sudah banyak persiapan dilakukan oleh Frederica dan timnya. Mereka juga dibantu oleh tim event organizer lokal demi menyukseskan acara yang digelar di Surabaya Town Square tersebut.

"Persiapan sudah banyak. Ada koordinasi sama orang Sutos, kebetulan kita ada event organizer yang bantuin semua perizinan di sana. Terus kemarin kita habis dari bandara, koordinasi sama Angkasa Pura dan otoritas bandara tentang masalah landasan kita, bolak-balik kantor mereka juga," jelasnya.

"Terus koordinasi dengan media lokal yang akan support. Karena kalau media nasional kan udah ada sama kita dari Jakarta, tapi banyak media lokal yang harus kita rangkul. Selain itu juga akan audiensi ke gubernur," imbuh wanita yang akrab disapa Erica ini.

2. Budget Miliaran

Saat ditanya soal budget, tentu yang digelontorkan tidaklah sedikit. Meski tak menyebut angka secara spesifik karena memang proses masih berjalan, namun jelas jumlahnya dalam angka miliar.

"Waduh, belum kelar kayaknya (perhitungan akhir). Belum tahu, belum ngitung. Yang pasti lebih ya (miliaran)," tandas Frederica.

(kpl/abs/sry)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING