'CATATAN AKHIR KULIAH' Tantang Sutradara Ubah Komika Jadi Galau

Selasa, 28 Juli 2015 18:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
'CATATAN AKHIR KULIAH' Tantang Sutradara Ubah Komika Jadi Galau CATATAN AKHIR KULIAH/©DariHati Films
Kapanlagi.com - Salah satu film drama komedi yang juga banyak mengajak para komika alias stand up komedian bergabung adalah CATATAN AKHIR KULIAH. Disutradarai oleh Jay Sukmo, yang tak lain adalah asisten sutradara Hanung Bramantyo, Monty Tiwa, Rizal Mantovani dan almarhum Iqbal Rais, CAK membawa memori kita kembali ke masa-masa sulit saat menjadi mahasiswa tingkat akhir.

Judulnya pasti mengingatkan kita kepada film CATATAN AKHIR SEKOLAH yang dibintangi Vino G. Bastian pada tahun 2005 silam. Ternyata, Jay tidak dengan sengaja meniru judul tersebut. Lalu apa alasannya?

"Kebetulan saya dan produser satu kampus lalu suatu hari kita jalan-jalan ke toko buku pengen bikin film dari novel dan dapat novel Sam Maulana ini. Pas kita baca, diskusi, kontak penulisnya, dan ternyata banyak yang suka setelah survey kecil-kecilan," ungkapnya saat ditemui di Epicentrum, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin malam (27/7).

Jay mengaku memerlukan waktu satu tahun untuk menyelesaikan film perdananya ini. "Maret 2014 selesai adaptasi novel, terus syuting selama 14 hari di bulan November 2014. Kemudian baru tayang Juli 2015. Jadi ada proses setahun menyelesaikan film ini," jelasnya.

Beberapa pemain CAK/©Official Instagram CAKBeberapa pemain CAK/©Official Instagram CAK

Ada beberapa perbedaan dalam novel dan filmnya, di antaranya adalah pemilihan ending. "Kalo baca novelnya itu seperti sketsa, tidak berurutan. Ketika difilmin bahaya kalo nggak dibikin plot yang bener. Makanya kita rapihin. Semua yang tersaji ada di novel termasuk kisah cintanya. Cuma endingnya kita ubah dikit. Saya mau happy ending karena dalam novel penulis menggantung ending. Sedang film harus ada klimaksnya."

Jay juga ditantang untuk mengubah seorang komika yang kocak menjadi super galau dalam film ini. Siapa? "Ada banyak yang casting tapi kita pilih Acho. Acho kan komedian tapi di sini kita ubah jadi galau, itu tantangan filmmaker, itu tantangan saya. Ternyata dia sangat pas meranin Sam, dia bisa menjadi Sam. Postur mungkin gak sama tapi dia bisa jadi Sam seperti Reza Rahadian jadi Habibie, meski nggak mirip," tandasnya.

Dibintangi Ajun Perwira, Abdur Arsyad, Muhadkly Acho, Anjani Dina, Rangga Moela, Budi Doremi, Natasha Chairani, Aida Nurmala dan Mario Teguh, CATATAN AKHIR SEKOLAH sudah bisa disaksikan mulai 30 Juli mendatang. Catat tanggalnya, ya.

(kpl/abs/tch)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING