FILM INDONESIA

Dian Sastrowardoyo Debut Penyutradaraan Film Pendek Dalam Omnibus Bersetting Pandemi 'QUARANTINE TALES'

Kamis, 12 November 2020 16:24 Penulis: Louvina Gita

Dian Sastrowardoyo (credit: Kapanlagi.com/Bayu Herdianto)

Kapanlagi.com - Diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menginspirasi rumah produksi Base Entertaiment untuk membuat sajian berjudul QUARANTINE TALES. Film yang akan tayang di layanan streaming Bioskop Online ini merupakan omnibus bersetting pandemi tampilkan lima film pendek beragam genre dari lima sutradara berbeda.

Sutradara yang dilibatkan adalah Ifa Isfansyah dengan film COOK BOOK, Jason Iskandar menyajikan judul PRANKSTER, Sidharta Tata lewat THE PROTOCOL, Aco Tenri dengan tajuk HAPPY GIRLS DON'T CRY dan terakhir ada NOUGAT yang menjadi debut penyutradaraan aktris Dian Sastrowardoyo.

1. Beda Tugas Jadi Sutradara

Menjadi sutradara merupakan hal baru bagi Dian Sastrowardoyo. Bila dulu dia hanya bekerja menampilkan akting terbaik, kini diharuskan mengatur aktor, mengatur jalannya pengambilan gambar serta tetek bengek lainnya.

"(Debut penyutradaraan) bukan susah, cuma tugasnya beda sama jadi aktor. Kalau aktor datang dipanggil untuk peranin, kalau ini ya kita siapin semua dulu," kata Dian saat virtual conference via Zoom pada Rabu (11/11/2020).

2. Cari Ide dan Tulis Skenario

Selain melakoni debut penyutradaraan, Dian Sastrowardoyo juga menulis skenario dari film pendek garapannya. Film berjudul NOUGAT itu dibintangi oleh Adinia Wirasti dan Marissa Anita.

"Jadi sutradara banyak tugas baru karena saya nulis juga (skenario) draft by draft. Itu prosesnya awal banget dari ide, sampai struktur penulisan script, bikin story board, bikin short list, brainstorming sama semua head departement, sampai syuting," tandas Dian.

3. Patuh Protokol Kesehatan

Kalau KLovers juga sudah mulai kembali beraktivitas di luar rumah, pastikan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan ya. #IngatPesanIbu, jaga jarak, pakai masker dan rajin-rajin cuci tangan pakai sabun. Meski terkesan sederhana, disiplin melakukan hal-hal tersebut bisa membuat kamu dan orang-orang di sekitar terlindungi dari Covid-19 lho.


REKOMENDASI
TRENDING