FILM INDONESIA

Dian Sastrowardoyo Makin Banyak Mengenal Menu Nusantara Lewat 'ARUNA DAN LIDAHNYA'

Minggu, 23 September 2018 22:52 Penulis: Sanjaya Ferryanto

Dian Sastrowardoyo & Nicholas Saputra © Kapanlagi/Adie Dwi Dharmawan

Kapanlagi.com - Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra semakin kaya dengan menu makanan Nusantara usai bersama-sama membintangi film ARUNA DAN LIDAHNYA. Kendati merasa sebagai penyuka kuliner, namun banyak menu yang sama sekali baru dikenalnya.

"Nicho suka makan, saya juga. Jadi sebenarnya sebelum mendapat kesempatan ini kita memang orangnya suka kuliner. Tapi terus terang, lewat film ini aku baru tahu beberapa makanan ada di menu Indonesia," kata Dian Satrowardoyo di meet and greet di Matos Malang, Sabtu (22/9).

"Misalnya Pengkang, aku baru nyobain di sini, di Project ini, terus Campur Lorjuk, baru cobain di film ini. Kalau tidak pernah main film ini mungkin tak pernah tahu kalau ada makanan itu, saat dicobain wah suka banget. Makin kaya saja pengetahuannya," sambungnya.

1. Indonesia Kaya Akan Kuliner

Begitupun Nicholas Saputra yang sebelumnya belum pernah mengunjungi Singkawang dan Pamekasan. Ternyata banyak juga makanan yang belum pernah dikenal dan dicoba sepanjang hidupnya.

"Baru satu kali juga nyobain makanan di situ, ternyata enak banget," tegasnya.

Indonesia, kata Nicho, kaya dengan kuliner dari mulai ujung barat sampai ujung timur memiliki aneka makanan yang berbeda-beda. Dari setiap makanan memiliki banyak cerita yang dapat dieksplorasi. Satu makanan banyak ceritanya, jika digali atau diobrolkan lebih mendalam.

2. Tak Melulu Membahas Makanan

"Soal cara buatnya, kayak di Pontianak ternyata banyak makanan diinspirasi dari China karena memang populasinya besar. Tidak hanya soal makanannya, tapi juga soal sejarah, soal sejarah keluarga yang masak juga," katanya.

Film ARUNA DAN LIDAHNYA, kata Nicho, tidak melulu membahas makanan yang populer tetapi dicari yang paling cocok dengan perasaan karakternya waktu itu. Tinggal bagaimana sebagai aktor, para pemainnya dapat menjalankan peran sebaik mungkin.

"Tantangan utamanya adalah membuat akting kita senatural mungkin. Ini bukan kerja yang mudah, tapi kerja yang menyenangkan. Jadi saat bersamaan, sulit, rumit tapi justru sangat ribet dan menyenangkan, karena teman yang lain, proses produksinya sangat sportif, saling dukung, kita punya energi yang sama. Sulit tapi menyenangkan," ungkapnya.

3. Bisa Bawa Makanan Saat Nonton Film

Film ARUNA DAN LIDAHNYA berkisah tentang kuliner Nusantara dengan setting lima kota. Masing-masing kota menyajikan makanan andalan di antaranya Surabaya (Rawon), Pamekasan (Campur Lorjuk), Pontianak (Pengkang) dan Singkawang (Choi Pan). Selain itu juga camilan dan minuman yang total keseluruhan sebanyak 21 jenis masakan.

Karena bertema makanan, khusus penonton film ARUNA DAN LIDAHNYA diperbolehkan membawa makanan ke bioskop. Tetapi memang menunya tertentu, yang sudah ditetapkan.

"Kalau nasi padang tidak bisa, tapi kita bekerja sama dengan Bioskop XXI, akan menyediakan 4 menu yang bisa dibawa masuk saat menonton ARUNA DAN LIDAHNYA, nasi goreng Aruna, Wafel, Es Susu Pandan, sama kentang goreng. Ini khusus selama ARUNA DAN LIDAHNYA diputar. Bisa makan nasi goreng," jelas Nicho.

(kpl/dar/frs)

Reporter: Darmadi Sasongko


REKOMENDASI
TRENDING