Disebut Terlalu Sering Muncul di Film Layar Lebar, Ini Komentar Reza Rahadian

Kamis, 09 November 2017 08:15 Penulis: Guntur Merdekawan
Disebut Terlalu Sering Muncul di Film Layar Lebar, Ini Komentar Reza Rahadian Reza Rahadian © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - Nama dan kualitas seorang Reza Rahadian di dunia perfilman sudah tak perlu diragukan lagi. Pria berusia 30 tahun ini sudah membintangi banyak judul film layar lebar, yang kebanyakan selalu masuk box office. Ia juga dijuluki sebagai aktor serba bisa, mengingat perannya yang selalu 'nyeleneh' dan berbeda karakter.

Tapi saking seringnya, Reza muncul di layar lebar dalam beberapa tahun terakhir, jadi banyak pula yang merasa bosan. Terlebih ketika sutradara Hanung Bramantyo mengumumkan film garapan terbarunya, BENYAMIN BIANG KEROK, yang lagi-lagi diperankan Reza.

Dimintai pendapatnya mengenai kritikan netizen, Reza pun punya jawaban tersendiri. Sebelum itu, Ia sedikit berbicara mengenai bakat-bakat muda yang ada di dunia perfilman Tanah Air saat ini. Beberapa nama yang saat ini Ia kagumi adalah Adipati Dolken, Jefri Nichol hingga Putri Marino.

"Banyak banget ya (regenerasi aktor). Aktor itu sekarang, saya sebut nama ya, mereka adalah aktor muda di usia yang masih sangat muda dan berbakat. Bisa diasah tapi tergantung mereka apa mereka mau mengasah terus atau tidak, itu tergantung masing-masing. Ada Adipati Dolken, Jefri Nichol, Morgan Oey. Menurut saya mereka-mereka adalah aktor berbakat. Aktris juga, ada Putri Marino, Sekar Sari. Itu adalah aktris luar biasa. Artinya mereka punya bakat Ya tinggal nanti ke depannya mengasah terus mendalami. Keaktoran itu kan berkembang sejalannya usia juga. Kalo tidak digali terus menerus ya tidak tumbuh bersama usianya, bisa jadi monoton atau permainannya akan gitu saja. Itu pilihannya ada pada aktor. Tapi saya melihat kita punya banyak aktor yang juga berbakat dan produktif. Mereka punya film dan filmnya diapresiasi. Menurut saya sih saya seneng banget bisa melihat hal itu ada," ujar Reza ketika ditemui Nyi Ageng Serang, Jakarta Selatan, Rabu (8/11).

"Mungkin tidak signifikan sekarang, makanya saya suka agak bingung sama yang bilang film isinya itu-itu aja atau apa gitu ya. Mungkin harus lebih banyak nonton film Indonesia, supaya tau berapa banyak film Indonesia dalam satu tahun. Katakanlah tahun ini sudah 100 film beredar. Ya dilihatlah ada siapa aja. Yang jelas bukan saya lagi, saya lagi," sambung bintang film MY STUPID BOSS itu.

Reza jawab 'kritikan' haters © KapanLagi.com®/Agus ApriyantoReza jawab 'kritikan' haters © KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Sedikit membahas masalah statement Hanung yang disebut 'seksis' beberapa waktu lalu, Reza menyebut jika mencari aktor atau aktris itu tidak mudah. Mereka yang sudah pernah main film pun harus tetap bisa menjaga keaktorannya agar bisa tetap eksis, dan tidak terlupakan begitu saja.

"Oh kalo sulit atau nggaknya (cari aktor) saya rasa relatif, karena saya nggak bilang gampang cari aktor dan aktris. Kalau gampang mungkin wajahnya akan baru terus kali ya? Kan nggak juga. Jadi tidak gampang. Tentu tidak mudah, makanya sekali, ketemu harapannya mereka bisa menjaga keaktoran mereka. Tumbuh terus tiap waktu," jelas Reza.

"(Menjaga keaktoran) Bermain dengan baik. Selalu berusaha bermain dengan baik dan tanpa henti. Saya juga tahun lalu masih ke Berlin juga untuk belajar seni peran. Saya terjun teater juga untuk kembali mendalami seni peran. Mengasah rasa, mengolah rasa, mengolah vokal, mengolah tubuh. Karena teater sangat kontemplatif ya. Buat saya itu penting," pungkasnya.

(kpl/pur/gtr)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING