FILM INDONESIA

Drama Biopik Buya Hamka Direncanakan Rilis Tahun 2021, Dipecah Menjadi Dua Film

Jum'at, 26 Juni 2020 19:10 Penulis: Tyssa Madelina

Vino G Bastian terpilih perankan sosok Buya Hamka © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Dua rumah produksi kenamaan yakni Falcon Pictures dan Starvision menggarap drama tentang perjalanan hidup Buya Hamka. Film dengan bintang utama Vino G Bastian ini sudah memasuki proses syuting sejak April 2019 lalu.

Setelah lama tak ada kabar, Chand Parwez selaku salah satu produser mengatakan bila biopik tersebut akan dipecah menjadi dua bagian. Film pertama diberi tajuk BUYA rencana rilis awal tahun 2021, bagian kedua berjudul BUYA HAMKA edar pada pertengahan tahun 2021.

"Film tentang Buya Hamka ada dua bagian. Bagian pertama berjudul BUYA, bagian kedua berjudul BUYA HAMKA. Saat ini kita sedang proses editing. Jadi meski pandemi kita tetap editing. Yang bagian pertama sudah selesai dan keren banget, sekarang kita selesaikan bagian kedua," kata Chand seperti dikutip saat live di Instagram CGV Cinemas, pekan lalu.

1. Tak Buru-Buru

Chand Parwez awalnya ingin merilis film tentang Buya Hamka pada tahun ini. Namun datangnya pandemi virus corona membuat segala persiapan berubah. Ia pun menjadi merasa tak perlu buru-buru demi hasil maksimal.

"Ini film periodik, nggak perlu buru-buru. Kan kita harus mengatur peredaran filmnya, harus terencana promosinya juga. Harus mempunyai variasi juga jangan ini ada film satu sukses di-copy paste. Saya nggak mau seperti itu," tegas produser kenamaan tersebut.

2. Vino Sebagai Buya Hamka

Aktor Vino G Bastian terpilih memerankan sosok Buya Hamka. Ia mengaku tak percaya ketika diberi kesempatan menghidupkan sosok ulama dan sastrawan kenamaan tersebut.

"Mendapat tawaran film ini nggak pernah saya bayangkan sih. Saya tetap membawakan ini benar-benar belajar lagi dari nol. Gimana sih sosok Buya Hamka sebagai sastrawan, negarawan, pergolakan-pergolakannya, hingga menjadi sosok yang kita kenal sekarang dengan kelembutan. Prosesnya sangat panjang dan itu yang mau coba saya tampilkan," kata suami aktris Marsha Timothy saat jumpa pers sebelum proses syuting dimulai.

"Buya Hamka sendiri dikenal baru di atas tahun 50-an. Dulunya orang mengenal hanya Malik dan kenapa sampai bisa disebut Hamka itu nanti kita ceritakan di sini. Jadi banyak sekali yang mau diceritakan di film ini tapi mudah-mudahan menjadi sebuah film yang dirindukan karena banyak orang yang rindu dengan sosok beliau," tandas Vino.


REKOMENDASI
TRENDING