Europe on Screen Kembali di Indonesia dan Siap Hadirkan 3 Film Klasik Ingmar Bergman

Jum'at, 04 Mei 2018 18:35 Penulis: Natanael Sepaya
Europe on Screen Kembali di Indonesia dan Siap Hadirkan 3 Film Klasik Ingmar Bergman Europe On Screen © EoS 2018

Kapanlagi.com - Setelah menunggu lama, akhirnya Europe on Screen (EoS) siap untuk kembali digelar di Indonesia lagi pada tanggal 3-12 Mei 2018. Sebagai festival film internasional terlama di Indonesia, EoS tahun ini akan menayangkan puluhan film Eropa terpilih di 6 kota besar di Indonesia yakni Jakarta, Bandung, Medan, Denpasar, Surabaya dan Yogyakarta.

Menariknya lagi EoS di tahun ini punya program dokumenter yang bernama #OurOcean. Pada program tersebut, EoS ingin menyorot tanggung jawab kita sebagai manusia untuk melindungi laut sebagai sumber daya bagi seluruh makhluk hidup di Bumi ini.

Europe on Screen 2018 akan hadirkan 93 film Eropa pilihan © EoS 2018Europe on Screen 2018 akan hadirkan 93 film Eropa pilihan © EoS 2018

"Laut merupakan tanggung jawab kita bersama. Kami berharap program ini akan meningkatkan kesadaran akan dampak dari pilihan hidup kita terhadap paru-paru dunia ini," ujar His Excellency Vincent Guerend, selaku Duta Besar Uni Eropa untuk negara Indonesia.

Lebih jauh, Eos pada gelarannya di tahun ini juga akan menghadirkan program spesial tentang Ingmar Bergman yang merupakan sutradara tersohor dari Swedia dan berhasil menyutradarai 60 film layar lebar, televisi dan dokumenter. Nah selain meraih sederet penghargaan atas karyanya, di tahun sutradara ternama itu juga merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

Memperingati ulang tahun ke-100 Ingmar Bergman, EoS juga siap menayangkan 3 film klasik dari sutradara asal Swedia tersebut © EoS 2018Memperingati ulang tahun ke-100 Ingmar Bergman, EoS juga siap menayangkan 3 film klasik dari sutradara asal Swedia tersebut © EoS 2018

"Tahun ini merupakan ulang tahun ke-100 dari Ingmar Bergman. Di seluruh dunia diadakan perayaan khusus, termasuk di Indonesia melalui EoS. Kami akan menghadirkan 3 film klasik beliau, yaitu AUTUMN SONATA, THE SEVENTH SEAL dan WILD STRAWBERRIES. Ada arsip wawancara dengan Ingmar Bergman yang belum pernah kita lihat sebelumnya di setiap film tersebut. Selain itu akan ada pameran mengenai perjalanan hidup Ingmar Bergman dan kontribusinya di dunia seni selama hidupnya. Pameran ini diadakan di Goethe Haus selama festival berlangsung," terang Nauval Yazid yang merupakan EoS Festival co-director.

Selain 200 penayangan dari 93 film Eropa pilihan yang akan ditayangkan di beberapa pusat kebudayaan, EoS tahun ini juga akan dibuka oleh film nominasi Oscar, THE BREADWINNER, dan ditutup dengan film komedi paling laris asal Spanyol, MY BIG NIGHT. So, nantikan update keseruan berikutnya dari Europe on Screen cuma di situs kesayangan kalian, KapanLagi.com.

(kpl/ntn)

Editor:

Natanael Sepaya


REKOMENDASI
TRENDING