FILM INDONESIA

Film Cult 'SERIGALA TERAKHIR' Dibuat Versi Serialnya, Ini 4 Fakta Seru di Balik Proses Pembuatan!

Senin, 21 September 2020 23:31

CREDIT: Screenplay Production

Kapanlagi.com - Sutradara Upi merilis film bertajuk SERIGALA TERAKHIR pada November 2009. Drama kriminal menyorot persaingan antar mafia di ibukota ini memasang nama-nama beken pada saat itu. Sebut saja Vino G Bastian, Fathir Muchtar, Dion Wiyoko, Dallas Pratama dan Ali Syakieb.

Sebelas tahun berlalu, rumah produksi Screenplay Production membuat serialnya yang bakal tayang di layanan streaming Vidio. Bila filmnya memasang Vino sebagai pemeran utama, versi serial ini giliran Abimana yang didapuk sebagai tokoh sentral. Berikut fakta-fakta terkait serial besutan Tommy Dewo ini yang wajib kamu tahu!

 

 

 

1. Melanjutkan Cerita Versi Film

Alur penceritaan serial SERIGALA TERAKHIR terjadi sepuluh tahun setelah ending dalam versi filmnya. Itulah mengapa Vino cs tidak dilibatkan kembali karena karakternya dikisahkan sudah mati. Serialnya sendiri mengulik tokoh Alex (diperankan Abimana Aryasatya) yang baru bebas dari penjara, juga ada tokoh Fatir (diperankan Reza Palevi).

"Cerita serial ini moving forward, kita nggak mengulang lagi, dalam tanda kutip versi series tentang kejadian dulu. Yang survive dari filmnya cuma (karakter) Alex dan Fatir. Tapi kenapa kita ambil Alex, karena ada point of view dengan film yang dulu. Nanti di episode kesekian akan ada jawabannya," kata Tommy Dewo dalam sesi jumpa pers via Zoom pada Senin (21/9/2020).

2. Restu Dari Upi Untuk Melanjutkan

Film SERIGALA TERAKHIR ditulis naskahnya dan disutradarai oleh Upi yang pada saat itu memakai nama Upi Avianto. Meski tak dilibatkan kembali dalam pembuatan serial ini, Upi memberikan doa restu untuk sutradara Tommy Dewo dan penulis skenario Titien Wattimena serta Anggoro Saronto untuk melanjutkan apa yang pernah ia buat.

"Sebelum kita bikin serial ini saya berkonsultasi dengan Upi, ada beberapa ide yang memang Upi bahas, cuma dia nggak bisa terlibat karena dia sedang sibuk menulis SRI ASIH. Jadi dia sendiri ngasih doa restu untuk dilanjutkan, dan dia seneng banget film ini dilanjutkan," jelas Wicky V Olindo selaku produser dalam sesi yang sama.

Tommy menambahkan, "Upi ngasih kebebasan buat saya meng-create dunia SERIGALA TERAKHIR setelah sepuluh tahun ini gimana. Karakter yang ada sekarang, dengan perkembangan Naga Hitam, saya bisa lebih leluasa meng-create," ucapnya.

3. Memakan Waktu Berbulan-Bulan

Serial SERIGALA TERAKHIR memulai proses principal photography sejak November 2019 lalu dan berlanjut pada awal 2020. Namun kemudian syuting dihentikan terkait pandemic virus corona.

"Syuting mulai November tahun lalu, terus karena satu dan lain hal kita lanjut di Februari dan kepotong sama PSBB. Dari situ kita stop dulu lalu lanjut setelah semua aman. Emang kesannya lama, cuma untuk shooting days ini kita makan waktu 41 hari," papar Tommy.

"Kita sempat syuting antara bulan Februari-Maret. Namun kita terpaksa menghentikan syuting sampai PSBB pertama selesai. Untuk selesaikan ini butuh effort karena set yang ada sudah tidak bisa dipakai setelah masa PSBB itu," tambah Wicky.

4. Kenapa Hanya 6 Episode?

Serial SERIGALA TERAKHIR mulai tayang di layanan streaming Vidio mulai Jumat 25 September sebanyak enam episode. Wicky V Olindo sebagai produser mempunyai alasan sendiri kenapa episodenya cukup pendek.

"Kenapa hanya enam episode kami lihat dari sisi kepentingan cerita. Di sini kami ingin membuat sesuatu karena filmnya sendiri sudah jadi cult movie, punya fans fanatik, kalau dibikin series harus kuat secara cerita. Daripada kita bikin berpanjang-panjang tapi tidak kuat, mending kita bikin enam episode yang padat, kuat. Apabila series ini diterima oleh penonton, bisa jadi ada series selanjutnya. Kita tuh pengin bikin aja dulu yang padat, nanti kita lihat penonton kira-kira kasih impact seperti apa," tegas Wicky.

Selain Abimana Arsyasatya dan Reza Palevi, serial ini turut diramaikan Rizky Nazar, Revaldo, Hannah Al Rashid dan Tio Pakusadewo.


REKOMENDASI
TRENDING