FILM INDONESIA

Film Fantasi Jadul Indonesia

Sabtu, 05 Juli 2014 13:01 Penulis: Alfan

© filmindonesia

1. OUW PEH TJOA (1934)


KapanLagi.com - OUW PEH TJOA itu Indonesia? Yup, pertanyaan tersebut bakal mengusik kita karena memang nama itu terdengar seperti berasal dari Cina. Sebenarnya, tidak sepenuhnya salah, karena film garapan The Teng Chun ini memang diadaptasi dalam kisah klasik Cina, LEGENDA ULAR PUTIH.

Film yang diproduksi oleh Cino Motion Pictures ini bercerita tentang seekor siluman ular putih yang menyamar menjadi perempuan cantik, Bai Suzhen, dan bertemu dengan manusia, Khouw Han Boen. Mereka kemudian saling jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah. Kehidupan mereka baik-baik saja hingga suatu saat Han Boen menyadari kalau ternyata istrinya adalah seekor siluman.

Karena ketakutan, Han Boen mengadukan hal ini pada seorang suhu, Hoat Hae Sian Soe. Mendengar pengaduan Han Boen, suhu besar tersebut kemudian mendatangi Bai Suzhen untuk membunuhnya agar tidak mengganggu masyarakat sekitar. Suhu Hoat Hae Sian Soe pun mendatangi Bai Suzhen bersama dengan Han Boen.

Namun, sebelum niat itu terlaksana, Dewi Kwan Im datang mencegahnya. Hal itu karena Bai Suzhen sedang mengandung anak Han Boen. Suhu tersebut pun mengurungkan niatnya dan menunggu anak tersebut lahir. Setelah melahirkan, Bai Suzhen meminta suaminya untuk merawat anak mereka dengan baik sementara ia menyerahkan diri pada suhu besar.

Cerita yang muncul pertama kali pada era Dinasti Ming ini memang memiliki banyak versi. Ketika banyak pedagang Cina masuk ke wilayah Nusantara (sebelum menjadi Indonesia) legenda rakyat tersebut membaur dan berkembang sesuai dengan budaya Nusantara (dulu belum Indonesia). Cerita dalam OUW PEH TJOA ini merupakan salah satunya.

Film ini ternyata laris dipasaran kala itu. Buktinya, film ini dibuatkan seri lanjutan yang berjudul ANAKNJA SILOEMAN OELAR POETIH. Film tersebut menceritakan kelanjutan kisah anak Bai Suzhen yang ditinggalkan ibunya.

(kpl/alf)

Editor: Alfan


REKOMENDASI
TRENDING