FILM INDONESIA

Film Fantasi Jadul Indonesia

Sabtu, 05 Juli 2014 13:01 Penulis: Alfan

Poster Film Jadul Indonesia @ KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Bagi yang lahir di atas tahun 90-an pasti belum tahu jika dulu banyak film Indonesia yang bergenre fantasi. Selain itu, mungkin tidak banyak yang menyangka bahwa zaman dulu film drama malah jarang ada. Bioskop-bioskop Indonesia kala itu lebih banyak diisi dengan film-film silat, legenda, horor (yang benar-benar horor), dan juga fantasi.

Saat itu, bioskop-bioskop di tanah air belum dibanjiri oleh film-film dari Hollywood. Selain itu, masih banyak pengusaha bioskop independen yang tidak memonopoli pasar. Dengan begitu, mereka bisa menentukan film-film yang diputar berdasarkan selera penonton di setiap kota.

Kondisi tersebut berbeda jauh dengan kondisi saat ini. Jika dibandingkan, pilihan genre film Indonesia saat ini kalah dengan produk impor yang menawarkan berbagai macam pilihan. Fantasi, animasi, dan fiksi ilmiah merupakan jenis film yang sulit ditemukan di bioskop Indonesia saat ini.

Hal tersebut dipengaruhi oleh minimnya perkembangan teknologi animasi digital tanah air. Selain itu, gempuran film-film asing membuat kita kalah bersiang di pasaran. Maka dari itu, saat ini para produser dalam negeri belum berani ambil resiko membuat genre fantasi.

Kelesuan film Indonesia sendiri saat ini dimulai ketika memasuki tahun 90-an. Bioskop-bioskop saat itu lebih banyak diisi dengan tema-tema yang mengarah pada pornografi. Banyak yang mengatakan bahwa saat itu film Indonesia sedang 'mati suri'.

Kini penonton bioskop sudah lebih sering menyaksikan karya-karya anak bangsa di layar lebar. Meskipun belum sepenuhnya kembali berjaya, tapi setidaknya sienas muda kita telah menampakkan geliatnya. Nah, bagi yang penasaran atau ingin tahu film fantasi jadul Indonesia, simak ulasan berikut ini.

(kpl/alf)

Editor: Alfan


REKOMENDASI
TRENDING