Film 'SOEKARNO' Terhenti Perjalanannya di Ajang Oscar

Senin, 22 Desember 2014 12:52 Penulis: Mahardi Eka
Film 'SOEKARNO' Terhenti Perjalanannya di Ajang Oscar dok. MVP
Kapanlagi.com - Oscar tahun ini belum menjadi momen spesial perfilman Indonesia. Pasalnya film yang menjadi wakil Indonesia di ajang tersebut, SOEKARNO harus terhenti langkahnya. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo ini gagal masuk ke posisi 9 teratas untuk kategori Best Foreign Languange.

Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS) baru saja mengumumkan sembilan film yang berhasil maju jadi kandidat nominasi Best Foreign Language Film tahun 2015. Namun, film perwakilan dari Indonesia, Soekarno, tidak ada di dalam daftar tersebut.

Terlebih lagi, kesembilan film yang berhasil lolos di kategori tersebut tidak satu pun yang merupakan perwakilan dari Asia. Dari sembilan judul yang masuk, enam di antaranya berasal dari negara Eropa, dua dari Amerika Selatan, dan satu dari benua Afrika.

Salah satu film yang menarik perhatian dalam kategori ini adalah film IDA asal. Film ini memang jadi frontrunner, setelah baru saja menang di European Film Awards, ditambah masuk nominasi di banyak ajang penghargaan Hollywood seperti Golden Globe Awards, Critics' Choice Movie Awards, Independent Spirit Awards, dan berbagai penghargaan kritikus.

Beberapa judul yang cukup populer beredar di festival film dunia juga berhasil masuk. Sebut saja empat film yang sempat diputar di Cannes Film Festival: Force Majeure dari Swedia, Timbuktu dari Mauritania, Wild Tales dari Argentina, dan Leviathan asal Rusia. Film epic sejarah asal Venezuela, The Liberator yang tayang perdana di Toronto International Film Festival 2013, juga berhasil masuk kandidat nominasi.

Seperti dilansir Muvila, tahun ini AMPAS menerima pendaftaran Best Foreign Language Film dari 83 negara yang masing-masing mengirimkan satu judul film. Ke-83 film tersebut kemudian diputar untuk diseleksi oleh sekitar 100 anggota AMPAS yang berdomisili di Los Angeles, sejak pertengahan Oktober hingga 15 Desember. Kelompok ini kemudian akan memberikan suara untuk film yang dianggap terbaik. Enam film dengan suara tertinggi akan masuk jadi kandidat nominasi, ditambah tiga film yang dipilih oleh komite khusus film berbahasa asing.

Kesembilan film kandidat nominasi ini kemudian akan diputar untuk dinilai oleh para anggota AMPAS terpilih di Los Angeles, New York, dan untuk pertama kalinya juga di London, mulai 9 s.d. 11 Januari 2015. Dari sini, para penilai akan memberikan suara untuk menentukan lima nomine final. Nominasinya sendiri akan diumumkan bersamaan dengan seluruh nominasi Piala Oscar lainnya pada 15 Januari 2015. Sedangkan pemenangnya baru akan diketahui pada malam penganugerahaan pada 22 Februari 2015.

Berikut adalah sembilan film yang melaju jadi kandidat nominasi Best Foreign Language Film di Piala Oscar 2015:

  • WILD TALES (Argentina) 
  • TANGERINES (Estonia) 
  • CORN ISLAND (Georgia) 
  • TIMBUKTU (Mauritania) 
  • ACCUSED (Belanda)
  • IDA (Polandia) 
  • LEVIATHAN (Rusia
  • FORCE MAJEURE (Swedia)
  • THE LIBERATOR (Venezuela)

(muv/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING