Film 'TURAH' Wakili Indonesia di Ajang Oscars, ini Alasannya

Rabu, 20 September 2017 10:58 Penulis: Mahardi Eka
Film 'TURAH' Wakili Indonesia di Ajang Oscars, ini Alasannya Fourcolors Films

Kapanlagi.com - Film TURAH dikirim sebagai perwakilan Indonesia untuk bersaing dengan negara lain di kategori Best Foreign Films ajang Academy Awards atau akrab disebut Oscars. Dipilihnya drama besutan Wicaksono Wisnu Legowo oleh 13 Komite Seleksi yang diketuai Christine Hakim ini bersifat tetap dan tak bisa diganggu gugat.

Banyak alasan yang membuat TURAH dipilih maju menyisihkan 130 judul film Indonesia lain. Salah satu alasan pun diungkap Christine kalau film yang sepanjang durasi menggunakan bahasa percakapan Tegal ini begitu jujur dan sederhana dalam penyampaian cerita, namun memiliki pesan yang sangat kuat.

"Salah satu kekuatan dari film ini adalah kejujuran dan kesederhanaan, entah itu dari segi tematik ataupun dari segi penggarapannya. Filmmaker-nya dalam menyampaikan gagasan tidak ada pretensi untuk buat film yang genit atau kultural edukatif atau apa gitu. Pesannya kuat sekali film ini. Pemainnya memang tidak ada bintang terkenal tapi performance-nya luar biasa," kata Christine dalam jumpa pers di Plaza Indonesia XXI, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Foto: Bayu HerdiantoFoto: Bayu Herdianto

Secara tampilan gambar, TURAH memang tidak mewah. Begitu pun bila ditilik dari sisi cerita. Namun kesederhanaan-kesederhanaan itu yang dirasa cocok untuk Oscars berdasar analisa Komite Seleksi setelah memerhatikan pemenang Best Foreign Film pada tahun-tahun penyelenggaraan sebelumnya.

"TURAH dipilih belajar dari film-film yang menang Best Foreign Films. Kayak film SEPARATION dari Iran yang membahas mengenai perceraian, topik sangat sederhana tapi penggarapan dramatiknya begitu kuat sampai pesan itu terhubung ke masyarakat," lanjut aktris berusia 60 tahun ini.

Mathias Muchus sebagai salah satu anggota Komite Seleksi menambahkan, "Secara teknis TURAH sangat apik dan konseptual dari directing-nya, penggarapan, pemain juga. Film ini unggul dari beberapa yang kami lihat. Dari sisi konten dan gambar itu nge-blend, kawin, sangat kuat," tandasnya.



(kpl/abs/dka)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING