FILM INDONESIA

Film 'ZERRE PENDEKAR UFUK TIMUR' Siap Dirilis Sambut PON XX Papua 2021

Sabtu, 06 Maret 2021 11:11 Penulis: Mahardi Eka Putra

ZERRE PENDEKAR UFUK TIMUR

Kapanlagi.com - ZERRE PENDEKAR UFUK TIMUR yang menceritakan perjuangan pemuda Papua dalam meraih mimpi juara PON siap memeriahkan pagelaran olahraga empat tahun sekali ini. Diproduksi oleh Kalachakra Multi Sinema dengan Pengurus Besar Pekan Olahraga Nasional XX Papua tahun 2021, film ini menceritakan perjuangan pemuda Papua yang ingin menjadi kebanggaan orangtuanya dan mengharumkan tempat kelahirannya.

Zerre (Yudas Alep Itlay) dikisahkan memiliki talenta beladiri Silat. Ia punya mimpi menjadi Juara PON XX. Namun perjuangan Zerre mewujudkan mimpi tidak bakal mudah. Ia harus berhadapan dengan sindikat kejahatan human trafficking dan narkoba dalam upayanya meraih mimpi.

Film ini disutradarai oleh R Jiwo Kusumo, yang sebelumnya aktif memproduksi beberapa film feature seperti BIOLA UNTUK ANISA, KANGEN AYAH RINDU IBU, dan BOCAH ANGON. Sementara dua aktor yang namanya sudah tenar seperti Verdi Solaiman dan Yama Carlos mendukung dalam jajaran cast. Tak tanggung-tanggung Verdi memerankan tokoh Hendrawan yang menjadi sosok antagonis. Selain Verdi dan Yama, pemain lain seperti Aditya Zoni, Aizyah Aqilah, Ditha Samantha, Emil Kusumo, dan Oliver Harol Onge bakal menghidupkan kisah dalam filmnya. 

 

 

  

 

 

 

 

1. Padukan Drama, Aksi, dan Olahraga

Dengan jalan cerita yang ditulis oleh sutradara dan digarap skenarionnya oleh Sad Purnadi, ZERRE akan memadukan unsur drama dan aksi. Selain itu, film ini juga menjadi media promosi PON XX dengan memasukkan unsur olahraga dalam filmnya. 

"Latar belakang cerita film ini tercipta dari semangat untuk mengenalkan ke-arifan lokal, keharmonisan, dan kekayaan yang ada di Papua, sekaligus mempromosikan PON XX Papua tahun 2021 yang akan diadakan di Papua," ungkap sutradara dalam rilis yang diterima KapanLagi. 

Salah satu adegan aksi dalam filmnya diambil gambarnya di Teluk Youtefa sebagai bentuk upaya sutradara dan tim untuk potensi keindahan dan kekayaan tanah Papua pada penonton. Syuting juga dilakukan di Air Terjun Harapan, Bukit Buper Waena, serta Pantai Base G. 

 

 

2. Casting Tokoh Utamanya

ZERRE PENDEKAR UFUK TIMUR mengupayakan setiap tokohnya untuk berdialog dalam bahasa Indonesia serta dialek Papua. Pemeran tokoh utamanya, Yudas Alep Itlay disebut juga berasal dari Papua. Ia lolos casting setelah tim produksi menyeleksi mahasiswa Papua yang kuliah di Jakarta. 

"Karakter dan gerakan beladirinya bagus. Saya tidak melihat dia pernah main film apa dan di mana karena memang kita punya visi untuk melahirkan the rising star dari Papua. Terutama aktor laga," tutur R Jiwo Kusumo. 

Zerre dikisahkan sebagai pemuda desa dan serba kekurangan. Namun, ia memiliki cita-cita besar untuk menjadi sesuatu.

"Film ini juga tentang perjuangan dan kerja keras untuk meraih sesuatu. Karena hakekatnya, perjuangan yang keras tidak akan pernah mengkhianati hasil," jelas sutradara. 

 

 

3. Tekankan Perjuangan Tokoh Utama

Zerre juga dikisahkan sebagai korban bullying di masa kecil. Namun, ia bisa bangkit dari traumanya dan berupaya menjadi pribadi yang bernilai saat dewasa.

"Setiap orang bisa menjadi pahlawan dan memberikan kebanggaan untuk bangsanya, bila orang itu mau berjuang dan bekerja keras," tutur sang sutradara mengenai pengembangan karakter tokoh utamanya. 

Klimaks film ini bakal menghadirkan aksi Zerre berhadapan dengan geng sindikat mafia Human Traficking dan narkoba pada saat berjuang untuk menjadi juara pencak silat PON XX Papua tahun 2021.

 

 

4. Tayang di Bioskop Agustus 2021

Film yang diproduseri secara eksekutif olah KP Sutrisno Sastroadiningrat dengan Yuaninta Ardistia dan Ditha Samantha sebagai produser ini bakal tayang di bioskop Agustus 2021 mendatang. Jadwal rilis tersebut berdekatan dengan pelaksanaan PON pada Oktober mendatang. 

Produser Eksekutif KP Sutrisno Sastroadiningrat.

Saat ini syuting filmnya masih berlangsung hingga 18 Maret mendatang. Berlokasi di Jayapura, Timika, Biak, Merauke, Wamena, dan Jakarta.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING