FILM INDONESIA

Gala Premiere Film Indonesia Paling Seru Sepanjang 2019, Terus Dibicarain!

Kamis, 26 Desember 2019 18:31 Penulis: Kistin Septiyani

Gala Premier 'SUNYI', 'GUNDALA' dan 'BUMI MANUSIA' ©KapanLagi.co/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Bagi pembuat film, momen paling penting adalah saat karya mereka diputar pertama kali ketika gala premiere. Tak heran bila acara tersebut kerap dibuat sangat spesial lantaran bakal dihadiri oleh tamu khusus seperti keluarga, sahabat, investor dan tentunya sesama pelaku di industri perfilman.

Di tahun 2019 ini, sudah ratusan film Indonesia menggelar gala premiere. Beberapa digelar secara sederhana, sisanya digelar dengan perencanaan matang, bahkan dengan konsep tak terbayangkan sebelumnya. Berikut KapanLagi.com membuat daftar gala premiere paling seru yang menjadi pembicaraan banyak orang sepanjang tahun ini. Apa Saja?

1. 'GUNDALA'

GUNDALA besutan Joko Anwar merupakan alih wahana dari komik jagoan legendaris karya mendiang Hasmi. Kehadiran film dengan bintang utama Abimana Aryasatya ini membawa napas baru bagi industri karena menjadi judul pertama dari sebuah waralaba jagoan jangka panjang. Mengikuti konsep yang diusung oleh Marvel Studios dengan seri Marvel Cinematic Universe yang kesohor itu.

Gala premiere GUNDALA digelar pada 28 Agustus 2019 di bioskop Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Pusat. Jika dilihat sekilas, acara memang tergolong sederhana hanya menyewa dua studio lalu red carpet lengkap dengan backdrop ada di halaman luar.

Namun yang membuat menarik justru hadirnya konsep bak pameran kultur pop yang tersaji di sisi lain bioskop sebelum gala premiere dimulai. Mengingat adaptasi komik, terpasang di beberapa titik poster dalam light box sign, lalu diboyong pula UKM yang memamerkan merchandise dari tas, topi dan kaus, statue serta tak ketinggalan action figure Gundala.

2. 'SUNYI'

SUNYI merupakan horor remaja adaptasi resmi film Korea Selatan berjudul WHISPERING CORRIDORS. Film yang dibintangi Amanda Rawles dan Angga Aldi Yunanda ini disutradarai oleh Awi Suryadi.

Gala premiere film produksi MD Pictures tersebut digelar di CGV Cinemas Grand Indonesia, kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, pada 2 April 2019. Yang kemudian menyita perhatian karena dihadirkan wahana rumah hantu dalam bangunan berbentuk kubus di tengah lobi bagi tamu undangan atau pengunjung yang ingin menguji nyali.

Sesekali terdengar suara teriakan disusul tawa dari dalam sana. Uniknya, wahana ini tidak hanya ada saat gala premiere, namun hadir di beberapa titik bioskop di Jakarta selama pemutaran berlangsung.

3. 'BUMI MANUSIA' dan 'PERBURUAN'

Rumah produksi Falcon Pictures membuat gebrakan baru dalam sejarah industri perfilman tanah air. Tidak hanya merilis dua film yakni BUMI MANUSIA dan PERBURUAN di minggu yang sama, acara gala premiere pun dihelat dalam satu rangkaian acara yang berlokasi di Surabaya Town Square pada 9 Agustus 2019.

Rangkaian acara dimulai dari siang hari dengan pertunjukkan Reog Ponorogo diiringi musik gamelan serta gendang dari grup musik Reog Singo Mangkujoyo. Setelah itu datanglah para pemain menaiki jeep tua yang sudah disiapkan. Kedatangan mereka membuat pengunjung mal yang rata-rata merupakan fans Iqbaal Ramadhan heboh bukan main.

Begitu turun dari jeep, para pemain langsung digiring melewati red carpet menuju bioskop tempat diputarnya dua film adaptasi novel kontroversial Pramoedya Ananta Toer ini. Film pertama yang diputar adalah PERBURUAN besutan Richard Oh. Acara sempat dijeda sejenak sebelum diputar BUMI MANUSIA yang disutradarai Hanung Bramantyo.

4. 'WARKOP DKI REBORN 3'

Sebulan setelah dua film di bulan Agustus, Falcon Pictures kembali menangani gala premiere WARKOP DKI REBORN 3. Acaranya sendiri nampak khas gawean rumah produksi berlogo elang ini dengan hanya membuat panggung hiburan serta menyewa studio di CGV Cinemas Grand Indonesia pada 7 September 2019. Yang membuat berbeda karena di jam dan hari yang sama seluruh bioskop di Indonesia juga memutar film besutan Rako Prijanto tersebut.

Ya, beberapa hari sebelumnya memang dibuka penjualan tiket online WARKOP DKI REBORN 3 untuk pemutaran saat gala premiere seharga Rp 5000 saja. Tak dinyana respon masyarakat begitu luar biasa karena tiket langsung ludes terjual. Tidak heran bila rangkaian acara ini kemudian disebut sebagai Mega Premiere.


REKOMENDASI
TRENDING