Hanung Bramantyo Ingin Membuat Film Tentang Istri Ahok

Jum'at, 18 November 2016 07:52 Penulis: Rahmi Safitri
Hanung Bramantyo Ingin Membuat Film Tentang Istri Ahok Hanung Bramantyo © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Gubernur non-aktif DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) merupakan sosok yang fenomenal. Ahok dikenal dengan gaya bicaranya yang tegas, blak-blakan dan kontroversial. Gara-gara ucapannya juga, kini Ahok dijadikan tersangka kasus dugaan penistaan agama. Banyak masyarakat yang kontra dengan Ahok, namun tak sedikit pula yang mendukungnya.

Melihat fenomena tersebut, sutradara Hanung Bramantyo ternyata punya pemikirannya sendiri. Jika ada kesempatan membuat film yang menceritakan situasi politik Indonesia saat ini, bukan film tentang Ahok, Hanung justru lebih tertarik untuk membuat film yang menceritakan kisah hidup istri Ahok, Veronica Tan.

"Kalau saya harus membuat film tentang ini semua, saya akan membuat film tentang istrinya pak Ahok," ujar Hanung saat ditemui usai menghadiri jumpa pers Jogja-Netpac Asian Film Festival (JAFF) 2016 di Auditorium SAE Institute, Pejaten Raya, Jakarta Selatan, Kamis (17/11).

Hanung terinspirasi film JACKIE © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom SukaryaHanung terinspirasi film JACKIE © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

"Bagaimana seorang perempuan mendampingi (suami) yang menjadi public enemy, yang hidup di dalam masyarakat yang terpecah jadi dua (pro dan kontra) dan dia menjadi sorotan. Kalau Pak Ahok sendiri kan berhadapan (masyarakat). Tapi istri, anak-anaknya, itu yang menarik," lanjut suami Zaskia Adya Mecca ini.

Hanung mengaku cukup terinspirasi dari film luar negeri JACKIE yang menceritakan kehidupan Jacqueline 'Jackie' Kennedy ketika menjadi ibu Negara di Amerika Serikat dan setelah pembunuhan suaminya, Presiden John F. Kennedy pada tahun 1963.

"Saat ini kan yang mau keluar, film tentang istrinya Kennedy. Saya pengen menonton itu. Karena bagaimanapun dibalik laki-laki yang tegar atau besar itu pasti ada perempuan yang saya yakin itu cukup kuat. Saya memang concern dengan perempuan," papar Hanung.

Namun, saat ditanya siapa figur yang paling cocok memerankan istri pak Ahok, Veronica Tan, Hanung tidak bisa menjawabnya lantaran film tersebut masih dalam angan-angannya saja. "Ahhh, itu nggak tahu," pungkasnya.

(kpl/abs/pit)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING