FILM INDONESIA

Heboh Video Kuburan 'Upin dan Ipin', Terungkap Cerita yang Diduga Merupakan Kisah Nyata

Senin, 17 Januari 2022 12:46

Viral Kuburan Bertuliskan Upin dan Ipin - Credit: tiktok.com/@bang_alonk3110

Kapanlagi.com - Netizen dibuat heboh dengan beredarnya video TikTok yang memperlihatkan foto nisan bertuliskan 'Upin dan Ipin', mirip tokoh kartun asal Malaysia. Satu nisan bertuliskan nama Ipin yang wafat pada 2 April 1996 dan di sebelahnya Upin yang wafat pada 6 Agustus 1995.

Foto tersebut nampal dalam unggahan TikTok @ABI_ALONK_3110. Pemilik akun merekam dua buah makam berwarna biru di sebuah pemakaman. Ia berasumsi bahwa makam itu adalah milik tokoh animasi Malaysia Upin Ipin.

Ia menyebutkan bahwa video makam tersebut didapatnya dari seorang teman yang tinggal di Malaysia.

"Pantes nggak pernah gede. Ternyata ceritanya berdasarkan khayalan Opah 10 tahun yang lalu," tulisnya.

"Maaf ya gaes jadi rame, video ini alonk dapat dari teman yang juga orang Malaysia. Katanya, ini berdasarkan kisah dari nenek di sana yang diungkap ke dalam animasi," imbuhnya.

1. Respon Netizen

Unggahan yang menjadi viral itu kemudian langsung ramai dengan komentar netizen hingga tuai pro dan kontra.

"Katanya ada teori konspirasi sebenernya keluarga ini kecelakaan 1 keluarga gitu ibu bapak sama Upin meninggal di tempat (kalau nggak salah) Ipin sama Kak Ros koma dan Kak Ros hidup," kata seorang netizen.

"Cerita asli atau khayalan, benar atau salah, apapun alasannya. Menurutku upin dan ipin adalah animasi terbaik yang telah menemaniku mulai kecil," tulis netizen lain.

2. Rumah Asli Upin Ipin?

Dalam unggahan akun TikTok @apriansyahhhhhh beredar penampakan yang diduga rumah asli keluarga Upin Ipin. Bangunan sederhana ini sekilas nampak persis seperti rumah yang dihuni Upin Ipin di film animasi dengan judul yang sama. Meski begitu, sejumlah netizen menyangsikan potret ini.

"Itu tempat wisata di malaysia bukan rumah asli," tulis seorang netizen.

"Ini rumahnya kayaknya dibuat pas udah terkenal deh," ujar netizen lain.

3. Sejarah Film Animasi Upin Ipin

Animasi Upin Ipin dibuat oleh sosok bernama Burhanuddin Radzi dan Ainon Ariff pada tahun 2007 silam. Pada awalnya kartun ini dibuat dengan tujuan meramaikan bulan suci Ramadan.

Kartun ini bercerita tentang dua anak kembar Upin dan Ipin dengan kakaknya yang galak Kak Ros dan tinggal bersama neneknya.

Diceritakan pula bahwa orang tua Upin dan Ipin serta Kak Ros telah meninggal dunia namun tak diketahui penyebabnya.

(kpl/ums)


REKOMENDASI
TRENDING