Ide Muncul Sejak Lama, Mira Lesmana Siapkan Biopik Chairil Anwar

Selasa, 21 Maret 2017 20:00 Penulis: Agista Rully
Ide Muncul Sejak Lama, Mira Lesmana Siapkan Biopik Chairil Anwar © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Chairil Anwar merupakan salah satu sastrawan Indonesia yang sepak terjangnya begitu dikenal di dunia literatur Indonesia. Penyair kelahiran Medan ini diperkirakan telah menelurkan 96 karya, termasuk 70 puisi bersama Asrul Sani dan Rival Apin. Salah satu karya Chairil Anwar paling populer adalah AKU.

Sebagai seorang penyair terkemuka Indonesia, tentu saja kisah hidup Chairil Anwar menarik untuk dibuatkan sebuah biopik. Apalagi karya Chairil tak bisa dianggap remeh dan telah mendapatkan pengakuan baik secara nasional atau internasional. Salah satu sineas yang tertarik mengangkat kisah 'Si Binatang Jalang' ini adalah Mira Lesmana.

Istri Mathias Mucus ini berencana akan membuat proyek biopik sang penyair dalam waktu dekat, "Dalam waktu dekat proyeknya adalah tentang Chairil Anwar. Kita akan syuting tahun depan 2018, Insya Allah." ujar sutradara kelahiran 1964 tersebut saat ditemui usai jumpa pers Indonesian Box Office Movie Award 2017 di kawasan Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (20/03).

Mira Lesmana telah siapkan proyek untuk menggarap biopik Chairil Anwar © KapanLagi.com/Muhammad Akrom SukaryaMira Lesmana telah siapkan proyek untuk menggarap biopik Chairil Anwar © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Meski berencana untuk memulai syuting tahun depan, Mira masih belum melakukan casting pemeran. "Pemain belum ditentukan, masih mau dicasting dulu ya. Kita mau siapapun aktornya casting dulu tapi sekarang sudah development. Ceritanya sudah, sinopsis treatment draft keenam. Masih akan terus dipertajam, dramanya masih kita perhatikan." jelas kakak Indra Lesmana tersebut.

Rupanya ide untuk menggubah biopik Chairil Anwar ini muncul saat produksi ADA APA DENGAN CINTA? "Sebenarnya ide ini sudah lama, sejak Rangga memegang buku AKU-nya Chairil Anwar tapi butuh waktu. Pada saat itu ingin bikin Soe Hok Gie dan Chairil Anwar sekaligus tapi ternyata kita putusin bikin GIE dulu. GIE aja 3 tahun baru selesai."

Dalam pembuatan film biopik tokoh tertentu, sutradara atau produser seharusnya melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan keluarga tokoh tersebut. Dan pendiri Miles Film ini pun telah melakukannya, "Sudah ngobrol sama keluarga Chairil Anwar kok."

(kpl/rhm/agt)

Reporter:

Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING