Ini Alasan Hanung Bramantyo Pilih Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'BUMI MANUSIA'

Jum'at, 25 Mei 2018 14:38 Penulis: Wulan Noviarina
Ini Alasan Hanung Bramantyo Pilih Iqbaal Ramadhan Jadi Minke di 'BUMI MANUSIA' Hanung Bramantyo ©bintang.com/Bambang E Ros

Kapanlagi.com - Hanung Bramantyo dipercaya rumah produksi Falcon Pictures menerjemahkan novel Bumi Manusia ke medium audio visual. Ia pun memilih bintang muda Iqbaal Ramadhan menjadi tokoh sentral bernama Minke.

Sudah tentu pemilihan Iqbaal yang namanya sedang naik daun menjadi sebuah pertanyaan. Hingga dikaitkan dengan keberhasilan DILAN 1990 meraih enam juta penonton.

Dengan santai, Hanung pun menjelaskan mengapa ia memberi beban peran Minke kepada Iqbaal. Alasannya karena Iqbaal, juga Mawar De Jongh yang berperan sebagai Annelies, adalah generasi milenials.

Iqbaal dipilih karena mewakili generasi milenials ©Bintang.com/Bambang E RosIqbaal dipilih karena mewakili generasi milenials ©Bintang.com/Bambang E Ros


"Saya membangun persiapan untuk mewujudkan buminya manusia di era 1800-an ketika kata-kata moderen baru pertama kali muncul. Sekarang, tidak hanya moderen yang muncul di sini, tetapi milenials. Kalau dibaca kembali milenials dan moderen itu hal yang sama. Mawar dan Iqbaal adalah generasi milenial yang mengalami gegar kebudayaan. Dulu anak-anak menjadi Eropa, sekarang menjadi global. Itulah yang terjadi pada milenials. Jadi saya tidak perlu memberi buku yang tebal, tinggal saya kasih baju; itulah Minke dan Annelies, tinggal bahasa Inggrisnya saya ganti menjadi bahasa Belanda," kata Hanung ditemui di Desa Wisata Gamplong, Yogyakarta, Kamis (24/5/2018).

Suami Zaskia Adya Mecca ini melanjutkan, "Kenapa sih Iqbaal mentang-mentang kemarin sukses DILAN 1990. Dilan adalah salah satu momentum bagaimana film Indonesia disambut generasi milenials. Orang moderen itu aku, berpikir maka aku ada, jadi kebanyakan mikir. Kalau milenials ngetik dulu baru kemudian mikir. Begitu," jelasnya.

Meski menyadari bahwa setiap keputusan memiliki pro dan kontra, Hanung yakin aktor dan aktris pilihannya tidak salah. "Yang penting spiritnya, yang penting ketawa, yang penting asyik. Itulah milenials. Itulah Minke. Ini saat yang tepat di mana Bumi Manusia berada di dalam zamannya," tuntas pria berusia 42 tahun tersebut.

(kpl/abs/phi)

Reporter:

Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING