FILM INDONESIA

Ini Alasan Kimo Stamboel - Joko Anwar Tidak Remake Film 'RATU ILMU HITAM'

Senin, 04 November 2019 23:28 Penulis: Dhimas Nugraha

Joko Anwar ©KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Kamis 7 November mendatang film RATU ILMU HITAM akan rilis serentak di bioskop seluruh Indonesia. Horor yang naskahnya ditulis oleh Joko Anwar dan disutradarai Kimo Stamboel ini bukan remake atau reboot dari film berjudul sama dengan bintang mendiang Suzzanna yang edar tahun 1981. Melainkan film dengan cerita baru.

Ada alasan khusus mengapa tidak dilakukan buat ulang atau mulai ulang. Karena menurut Joko, film zaman dulu yang disutradarai Imam Tantowi tersebut tak akan bisa digantikan.

"Kita nggak mau remake dari film asli. Karena bagi kita, film aslinya itu udah ada di satu tempat yang nggak bisa kita ganggu gugat," kata Joko usai screening RATU ILMU HITAM di Epicentrum XXI, kawasan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (4/11/2019).

 

 

1. Film Favorit Joko Anwar

Saat pertama ditawari untuk menulis skenario, Joko Anwar tidak perlu berpikir panjang. Karena selain PENGABDI SETAN, film RATU ILMU HITAM juga menjadi sajian horor favoritnya.

"RATU ILMU HITAM yang tahun 1981 film Indonesia favorit gue, gue hafal adegannya gimana, dialognya gimana. Terus Kimo ini salah satu sutradara yang gue kagumi dan udah lama mau gue kerja bareng dia. Pas diajak kerja sama bareng Kimo, ah gua mau banget," ucap Joko.

2. Spirit yang Sama

Kimo Stamboel menambahkan, meski bukan remake maupun reboot, namun RATU ILMU HITAM versinya tetap menyimpan spirit film aslinya. Yaitu tentang ilmu hitam serta dendam kesumat.

"Dari segi cerita ini sangat beda sekali, karakternya beda, yang membuat sama itu sebenarnya memang dendamnya itu sih. Tema utamanya, dendam itu masih kental di sini. Namun kalau dulu itu sangat jelas, tapi di sini kita bikin agak misterius dan ada jawabannya kalau lo nonton filmnya mendekati habis," jelas sutradara berkacamata ini ditemui di tempat yang sama.


REKOMENDASI
TRENDING